Apa Itu SQL: Penjelasan Definisi hingga Fungsi

digitalskola

digitalskola

22 Juli 2023

Saat ini ada banyak informasi berupa data yang tersimpan dan tersebar di dunia digital. Data-data tersebut jika dimanfaatkan dengan baik akan membawa banyak manfaat untuk berbagai sektor mulai dari bisnis, pendidikan, hingga medis. Namun tentunya, dalam mengelola data dengan skala besar membutuhkan skill mengolah dan menganalisis data yang baik dan membutuhkan language bantuan seperti SQL. Apa itu SQL? SQL adalah bahasa standard untuk sistem manajemen dengan basis data relasional. Singkatnya, SQL adalah bahasa yang biasa digunakan untuk mengakses data. 

Saat mengakses dan mengolah data menggunakan SQL, kamu bisa menggunakan perintah-perintah khusus yang ada di SQL agar data bisa dikelola dan dimanipulasi dengan baik. Perintah-perintah tersebut berguna untuk mengelola database yang biasa disebut query. Perintah-perintah SQL memiliki standar khusus yang sudah diakui sebagai bahasa pemrograman database sehingga SQL terjamin bisa membantu pengelolaan data digital secara lebih mudah. Menariknya, SQL bukan tools untuk menyimpan data, melainkan bahasa yang menghubungkan antara aplikasi dengan database management system. 

Penasaran apa saja kegunaan dari SQL? Simak artikel ini untuk tahu lebih banyak mengenai SQL! 

Baca juga: 10 Karakteristik Big Data dan Manfaatnya

Apa Itu SQL: Fungsi Hingga Profesi yang Membutuhkan SQL

Apa Itu SQL: Fungsi Hingga Profesi yang Membutuhkan SQL
Apa Itu SQL (Photo by Caspar Camille Rubin on Unsplash)

Setelah mengetahui definisi apa itu SQL, kini kita akan membahas lebih banyak mengenai fungsi SQL hingga profesi yang membutuhkan SQL. Berikut penjelasan lengkapnya:

Apa itu SQL: Fungsi 

SQL memiliki beberapa fungsi dan kegunaan, diantaranya:

  • Akses Data RDBMS =  SQL bisa digunakan untuk mengakses data yang ada di dalam sistem RDBMS (Relational Database Management System). Sistem ini akan menghubungkan data pada sebuah tabel dengan tabel lain sehingga akses data akan menjadi lebih cepat dan pengelolaan data juga jadi lebih efisien dan efektif.
  • Menggambar Data =  SQL bisa digunakan untuk menggambarkan data dengan memvisualisasikan data yang sebenarnya.
  • Menghapus Database =  SQL bisa digunakan untuk menghapus database dan tabel menggunakan fungsi drop. 
  • Menentukan dan Manipulasi Data =  SQL bisa digunakan untuk mencari tahu nilai yang hilang, mengidentifikasi outliner, null, hingga format dataset. 

Apa itu SQL: Jenis-Jenis Perintah 

Ada beberapa jenis perintah yang digunakan dalam penggunaan SQL untuk mengakses dan manajemen data dalam database, diantaranya adalah:

  • DDL (Data Definition Language) =  DDL adalah sub perintah bahasa SQL yang biasanya digunakan saat membuat kerangka database. Ada tiga perintah penting di dalam DDL yaitu create untuk membuat database baru, kolom baru, hingga tabel baru. Lalu alter untuk mengubah struktur tabel, penambahan kolom, hingga menambahkan atribut kolom. Terakhir, drop yaitu perintah untuk menghapus database atau tabel. 
  • DML (Data Manipulation Language) =  DML adalah sub perintah bahasa SQL yang biasanya digunakan saat manipulasi data database yang sudah dibuat. Ada empat perintah penting di dalam DML, pertama insert yaitu perintah yang digunakan untuk memasukan data baru dalam tabel. Kedua select yaitu perintah untuk mengambil lalu menampilkan data dari tabel. Ketiga update yaitu perintah untuk memperbarui data dalam tabel. Keempat delete yaitu perintah untuk menghapus data dari tabel. 
  • DML (Data Control Language) =  DCL adalah sub perintah bahasa SQL yang biasanya digunakan untuk mengontrol data dan server database seperti manipulasi user. Terdapat dua perintah penting dalam DML. Pertama grant yaitu perintah untuk memberi hak akses dari admin ke pengguna. Kedua revoke yaitu perintah untuk mencabut hak akses yang sebelumnya diberikan kepada pengguna. 

Baca juga: Bocoran Gaji Junior Data Engineer, Tembus Rp 12 Juta!

Apa itu SQL: Produk Server Database

Terdapat beberapa produk server database sesuai dengan SQL yang bisa kamu gunakan, diantaranya: 

  • Microsoft SQL Server =  Sistem basis data yang berfungsi untuk mengambil dan menyimpan data sesuai permintaan aplikasi lainnya.
  • PostgreSQL =  Sistem yang berfungsi untuk menyimpan data secara aman dan bisa mengembalikan data sebagai respon atas request dari aplikasi lainnya. 
  • Oracle MySQL =  Sistem manajemen basis data relasional sumber terbuka yang didukung oleh Oracle berdasarkan SQL. 

Profesi yang Membutuhkan SQL

Fungsi SQL sebenarnya tergantung pada profesi yang menggunakannya, akan tetapi umumnya SQL digunakan untuk mengelola suatu data pada database yang digunakan aplikasi. Berikut beberapa contoh profesi yang biasanya membutuhkan skill penguasaan SQL, yaitu:

  • Data Engineer =  SQL dibutuhkan untuk mengakses data, mengambil data, menghapus data, hingga mengambil query.
  • Data Scientist = SQL dibutuhkan untuk mengambil data dari database.
  • Database administrator = SQL dibutuhkan untuk mengelola database.
  • Data Analyst =  SQL digunakan untuk deployment hasil analisis data ke web statis. 

Rekomendasi Tempat Belajar SQL dengan Mentor Expert

Tak cukup menguasai teorinya saja, kamu juga harus bisa mempraktekkan SQL. Kamu bisa belajar ilmu data engineering sekaligus praktik menggunakan SQL dengan bantuan mentor expert di Bootcamp Data Engineer Digital Skola. Dalam 3 bulan, kamu akan belajar skill data engineer dari 0 mulai dari basic programming, SQL & NoSQL, Git & Github hingga data modelling. Berikut beberapa materi yang akan kamu dapatkan:

  1. Database basic SQL
  2. Database SQL dan NoSQL
  3. Linux/Unix & System Administration
  4. Machine Learning
  5. Basic Programming

Cari tahu info lengkapnya dengan klik button di bawah ini!

chat