Cara Mendapatkan Big Data Certification

digitalskola

digitalskola

7 Oktober 2022

Big Data Certification
Big Data Certification (Photo by Lewis Keegan on Unsplash)

Sosok profesional di bidang big data banyak dicari perusahaan karena mampu mendorong bisnis untuk melakukan transparansi data yang dapat meningkatkan efisiensi kerja. Menggunakan algoritma otomatis, big data mampu mendukung kinerja pengambilan keputusan bisnis dengan hasil yang lebih detail, sesuai dengan keadaan lapangan, dan cakupan data yang lebih besar. Hal ini mendorong bisnis untuk bisa menciptakan inovasi produk, layanan, dan peluang lainnya. Tak heran, banyak talenta digital yang mulai tertarik terjun berkarier di bidang ini dan mencari big data certification yang bisa menunjang karier. 

Big data certification adalah sertifikasi profesi di bidang big data yang bisa memvalidasi kompetensi seorang profesional, peran sertifikat ini cukup penting baik bagi individu maupun organisasi untuk memastikan kompetensi seseorang yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman kerja. Tentunya, big data certification tidak diberikan oleh sembarang lembaga karena harus dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi terkait profesi atau keahlian yang mengacu pada standar kompetensi kerja nasional, internasional, atau standar khusus lainnya.

Ada banyak alasan bagi seorang individu menginginkan sertifikat profesi, diantaranya untuk meningkatkan prestasi pribadi, kenaikan gaji atau status, promosi, hingga pengembangan karier. Namun, umumnya talenta digital menginginkan sertifikasi profesi yang kredibel agar bisa menunjukkan komitmen untuk menguasai keterampilan dan pengetahuan sesuai bidang profesi yang digeluti (Sumber: Columbia Southern). 

Lalu, bagaimana cara meningkatkan skill agar bisa mendapatkan big data certification? Dan sertifikat seperti apa yang bisa memvalidasi keahlian yang kamu punya di bidang big data? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Prospek Data Engineer sebagai Pilihan Karier

Cara Meningkatkan Skill Big Data

Big Data Certification
Big Data Certification (Photo by Akson on Unsplash)

Sebelum mendapatkan sertifikasi big data, kamu harus meningkatkan skill agar bisa mengikuti uji kompetensi dengan baik. Ada beberapa cara untuk meningkatkan skill di bidang big data, diantaranya:

Pelajari Bahasa Pemrograman

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah belajar bahasa pemrograman yang dibutuhkan oleh seorang big data engineer. Salah satu bahasa pemrograman yang harus dikuasai adalah SQL yang biasa digunakan oleh big data engineer untuk membuat dan  mengelola database. Selain itu, kamu juga perlu memahami bahasa pemrograman untuk pemodelan statistik seperti Python atau R. 

Tingkatkan Skill Penunjang

Berdasarkan laporan dari Master’s in Data Science, ada beberapa jenis skill penunjang lain yang perlu kamu pelajari, diantaranya:

  1. Machine learning
  2. Data pipeline
  3. Data mining
  4. Platform cloud
  5. Bahasa script
  6. Data warehousing
  7. Database architecture

Dengan meningkatkan 7 skill tersebut, kamu bisa lebih mudah mendapatkan big data certification. 

Selalu Ikuti Tren

Cara terakhir meningkatkan skill yang tak kalah penting adalah dengan terus mengikuti tren yang berkembang di bidang big data. Alasannya karena bidang yang satu ini cakupannya sangat luas dan dinamis. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk terus mengikuti perkembangan di bidang ini, diantaranya:

  1. Pelajari study case
  2. Bergabung dengan komunitas big data engineer
  3. Mengikuti webinar
  4. Mengikuti bootcamp
  5. Mendengarkan podcast mengenai big data

Rekomendasi Big Data Certification

Big Data Certification
Big Data Certification (Photo by John Schnobrich on Unsplash)

Salah satu rekomendasi big data certification yang bisa kamu dapatkan adalah sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang dikeluarkan oleh lembaga independen yang dibentuk pemerintah untuk menetapkan standar dan sertifikasi profesi bagi tenaga kerja di Indonesia. Bentuk sertifikasi ini bisa diukur dengan pelatihan kerja atau pengalaman kerja. 

Sertifikat BNSP memang bukan syarat utama untuk melamar kerja, namun dengan memiliki sertifikat ini kamu bisa memperkuat dan legitimasi keahlian di bidang big data sehingga proses pencarian kerja akan lebih mudah. Untuk mendapatkan sertifikat BNSP big data engineer kamu harus melewati tahapan:

Penuhi Dokumen Persyaratan

Sebelum kamu mendapatkan sertifikat BNSP big data engineer, kamu harus melengkapi beberapa dokumen persyaratan seperti foto, KTP, ijazah terakhir, CV, portofolio, dan berbagai sertifikat pendukung lainnya.

Assessment

Selanjutnya, kamu harus melakukan assessment. Jika kamu belum memiliki pengalaman sama sekali, assessment akan dilakukan melalui observasi demonstrasi dan tes lisan, sedangkan untuk kamu yang memiliki pengalaman, assessment dilakukan melalui portofolio dan wawancara.

Claim Sertifikat

Jika lolos assessment, kamu akan mendapatkan sertifikat yang berlaku selama tiga tahun. Kamu bisa mencantumkan keterangan sertifikat ini ke dalam CV, profile, atau portofolio yang digunakan untuk melamar pekerjaan.

Keunggulan Big Data Certification BNSP

Big Data Certification
Big Data Certification (Photo by Ian Harber on Unsplash)

Selain agar akmu dianggap sebagai kandidat yang mumpuni, sertifikasi profesi juga akan memberikan manfaat lain, diantaranya:

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat yang bisa dirasakan oleh fresh graduate atau jobseer dari memiliki big data certification adalah rasa percaya diri saat melamar pekerjaan. Dengan sertifikat BNSP data engineer, kamu bisa memberikan pembuktian bahwa kemampuan yang dimiliki telah diakui oleh para penguji yang kompeten. Bahkan, sertifikat ini bisa jadi nilai tambah di mata perusahaan walaupun kamu masih fresh graduate. 

Bisa Mengetahui Tingkat Kemampuan

Selanjutnya, kamu juga bisa mengukur tingkat kemampuan dalam bidang big data. Dengan melihat hasil ujian, kamu bisa tahu sejauh mana keahlian yang dimiliki. Nantinya, kamu bisa menilai secara mandiri hal-hal yang seharusnya ditingkatkan dan apa saja yang harus dipertahankan.

Membangun Kredibilitas Profesional

Faktanya, ada banyak perusahaan yang mewajibkan big data engineer untuk memiliki sertifikasi big data dari lembaga yang diakui. Alasannya, karena sertifikat profesi akan menunjukan komitmen terhadap profesionalisme yang unggul, menjunjung tinggi standar industri, dan pembelajaran yang berkelanjutan. Hal ini juga bisa meningkatkan kredibilitas dan prestise profesional. 

Produktivitas Kerja Meningkat

Manfaat terakhir dari sertifikasi profesi adalah membantu kamu untuk menjadi seorang profesional yang lebih baik. Sebab, sebelum uji kompetensi dilaksanakan, kamu akan berusaha meningkatkan skill di bidang big data dan diberikan beberapa pelatihan terlebih dahulu. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai standar pekerjaan yang baik. Sehingga, jika kamu telah teruji oleh lembaga profesional bisa mendorong produktivitas kerja. 

Cara Mendapatkan Big Data Certification 

Big Data Certification
Big Data Certification (Photo by Wouter on Unsplash)

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi BNSP big data engineer, kamu bisa memperolehnya melalui kelas Digital Skola. Bahkan, kamu bisa mendapatkan sertifikat ini tanpa latar belakang apapun dan mempelajari skill-nya dari 0 dengan bantuan bimbingan tutor expert, kurikulum komprehensif, dan fasilitas lengkap lainnya. Penasaran?

Artikel Rekomendasi