5 Data Engineer Certification Untuk Menunjang Karier

digitalskola

digitalskola

16 Maret 2023

Agar bisa bersaing bekerja di bidang data, para pencari kerja seperti fresh graduate atau karyawan yang ingin switch career ke bidang ini perlu menyiapkan diri untuk bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya. Namun, mengingat banyaknya saingan talenta digital di bidang data, sebagai kandidat tak hanya cukup memiliki keterampilan dan kemampuan saja, tapi juga harus memiliki bukti nyata tertulis dan sah secara resmi agar kemampuan yang kamu miliki bisa dipercaya. Salah satu bukti yang bisa ditunjukkan kepada recruiter adalah data engineer certification. 

Dengan memiliki data engineer certifications,langkahmu di bidang data mulai dari mencari kerja hingga saat sudah terjun berkarier jadi data engineer akan menjadi lebih mudah. Tak hanya itu, sertifikasi data engineer juga terbukti bisa membantu menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu sudah siap kerja, karena keahlian dan keterampilan yang kamu kuasai relevan dengan bidang tersebut dan sudah terakreditasi (Sumber: Spring People). 

Mengutip dari Global Knowledge sebanyak 87% tenaga kerja profesional setidaknya mengambil sertifikasi dan 66% dari jumlah tersebut memiliki rencana untuk mengambil sertifikasi lanjutan. Fakta ini membuktikan seberapa penting mengambil sertifikasi untuk menunjang karier. Lantas, data engineer certification mana yang bisa kamu ikuti? Simak artikel ini sampai akhir untuk tahu manfaat hingga rekomendasi data engineer certification!

Baca juga: Kurang Dilirik, Gaji Data Engineer Ternyata Menggiurkan

Manfaat Data Engineer Certification

Manfaat Data Engineer Certification
Data Engineer Certification (Photo by Dimitri Karastelev on Unsplash)

Manfaat utama dari data engineer certification adalah agar bisa lebih bersaing di dunia kerja. Namun, ada beberapa manfaat data engineer certification lain seperti:

  1. Mendapatkan pengakuan kompetensi di bidang data engineer
  2. Berpotensi untuk mendapatkan promosi jika kamu sudah berkarier di bidang data engineer
  3. Menunjang karier profesional
  4. Meningkatkan produktivitas kerja
  5. Memastikan kompetensi yang dimiliki sesuai kebutuhan industri
  6. Memiliki keunggulan kompetitif dibanding kandidat lain
  7. Mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk dapat pekerjaan

5 Rekomendasi Data Engineer Certifications

Ada beberapa rekomendasi data engineer certification yang bisa kamu dapatkan sesuai dengan pilihan karier, diantaranya:

Google Cloud: Professional Data Engineer Certification

Sertifikasi dari Google ini akan mengukur kecakapan kamu dalam menjalankan peran sebagai data engineer yang kesehariannya menggunakan teknologi Cloud. Di sini kamu akan diuji secara pengetahuan, keterampilan, hingga kemampuan yang diperlukan seorang data engineer. Nantinya, pihak sertifikasi Google akan menilai menggunakan metode standar sesuai kebutuhan industri. Data engineer certification dari Google ini akan menilai kemampuan kamu di bidang:

  1. Design data processing systems
  2. Ensure solution quality
  3. Operationalize machine learning models
  4. Build and operationalize data processing systems

Selama 2 jam kamu akan mengerjakan 50-60 jumlah pertanyaan yang sudah dibuat oleh pihak Google. Sertifikasi ini tersedia dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk mengambil sertifikasi ini, pastikan bahasa Inggris kamu sudah cukup baik agar bisa mengerjakan semua pertanyaan secara maksimal. 

Microsoft Certified: Azure Data Engineer Associate

Untuk bisa lolos sertifikasi dari Microsoft ini, setidaknya kamu harus memiliki pengetahuan dalam mengintegrasikan, mengubah, hingga mengkonsolidasikan data dari berbagai sistem data terstruktur dan tidak terstruktur. Tak hanya itu, kamu yang ingin memiliki sertifikasi ini juga harus memiliki keterampilan di bidang data lainnya seperti: 

  1. Bahasa pemrograman seperti SQL, Python, dan Scala
  2. Arsitektur data
  3. Data Storage 
  4. Solusi pemrosesan data
  5. Azure Data Lake Storage, Azure Data Factory, Azure Databricks

Nantinya, setelah lolos dari data engineer certification dari Azure ini kamu akan tersertifikasi memiliki berbagai keterampilan di bidang data seperti:

  1. Merancang dan mengimplementasikan penyimpanan data
  2. Mengembangkan pengolahan data
  3. Mengamankan, memantau, dan mengoptimalkan penyimpanan data dan pemrosesan data

Biaya yang kamu harus keluarkan untuk mengikuti sertifikat ini berkisar antara $165 USD dan sertifikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

IBM Data Architect – Big Data 

Jika kamu tertarik untuk berkarier sebagai data architect atau developer, maka sertifikasi ini cocok untuk kamu. Data engineer certification dari IBM ini akan menilai kemampuan kamu di bidang:

  1. Pengetahuan mengenai data warehouse concepts dan architectural principles 
  2. Kemampuan mengevaluasi keadaan pelanggan dan membuat solusi berdasarkan data
  3. Kemampuan menghasilkan rekomendasi terbaik berdasarkan kebutuhan industri data saat ini

Oleh karena itu, sebelum mengikuti sertifikasi ini kamu harus menguasai beberapa skill diantaranya:

  1. Data analytics
  2. Data cleansing
  3. Business intelligence tools
  4. Data modeling and management

Nantinya selama 90 menit kamu akan mengerjakan 62 soal dan jika ingin lolos setidaknya kamu harus menjawab dengan benar 42 pertanyaan. Bahasa yang digunakan di ujians sertifikasi ini adalah bahasa Inggris.

BNSP Data Engineer Certification

Jika tidak mahir berbahasa Inggris, maka kamu bisa mengambil data engineer certification Indonesia yaitu BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). BNSP adalah lembaga yang menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja di Indonesia. Sertifikat ini memiliki banyak manfaat mulai dari meningkatkan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang kamu miliki, menambah nilai plus di mata recruiter, hingga membuktikan bahwa kemampuan yang kamu miliki sudah diakui oleh para penguji yang kompeten. Untuk bisa mendapatkan sertifikat ini kamu harus melewati beberapa tahapan, diantaranya:

  1. Penuhi dokumen persyaratan = KTP, CV, portofolio, dll
  2. Assessment = Observasi demonstrasi dan tes lisan
  3. Claim sertifikat = Mendapatkan sertifikat yang berlaku selama tiga tahun

Untuk bisa lolos sertifikasi ini setidaknya kamu harus memiliki beberapa skill penunjang seperti:

  1. Machine learning
  2. Data pipeline
  3. Data mining
  4. Platform cloud
  5. Data warehousing
  6. Database architecture

Bootcamp dan Sertifikasi Data Engineer Digital Skola

Jika kamu mengandalkan belajar secara otodidak untuk bisa lolos sertifikasi pasti akan terasa berat. Oleh karena itu, kamu bisa mengambil jalan pintas dengan mengikuti bootcamp yang memberikan sertifikat. Rekomendasi bootcamp yang bisa membantu kamu mendapatkan data engineer certification adalah Digital Skola. Kelas data engineer untuk pemula ini akan membantu kamu belajar dari 0 sampai siap kerja dengan fasilitas lengkap seperti: 

  1. Sertifikat 
  2. Kurikulum berbasis industri
  3. 1 end-to-end project implementation
  4. Akses materi & rekaman selamanya
  5. Fokus pada praktik
  6. Career Coaching & Mentoring
  7. Personality & career assessment
  8. Weekly performance report
  9. Connecting the Jobs

Setelah selesai mengikuti kelas, kamu juga bisa memasukkan Digital Skola di bagian lisensi dan sertifikasi Linkedin, tujuannya agar bisa meningkatkan kualitas profil LinkedIn kamu. Nanti kamu akan diberikan sertifikat sesuai kelas yang diambil, misalnya data engineer dan mendapatkan Credential ID serta Credential URL yang tertulis pada sertifikat Digital Skola. Penasaran dengan fasilitas dan kurikulum lengkap yang akan kamu dapat? Klik button di bawah ini! 

Artikel Rekomendasi