Data Warehouse adalah Sistem Penting bagi Data Engineer

digitalskola

digitalskola

24 Oktober 2021

data warehouse adalah
Photo by Lukas from Pexels

Pernahkah kamu mendengar tentang data warehouse? Ya, data warehouse adalah sekumpulan data yang mampu meningkatkan akses menuju suatu informasi, mempercepat query-response times, serta memungkinkan suatu perusahaan memperoleh wawasan mendalam dari big data. Saat ini, ada banyak perusahaan yang berinvestasi di aspek infrastruktur dalam pembangunan data warehouse. Dengan perkembangan yang pesat hingga mulai menggunakan sistem berbasis cloud technology, statistik menunjukkan bahwa demand dari data warehouse terus meningkat.

Pada 2020, data warehousing secara global ternyata telah menyentuh market value hingga US$ 7,06 miliar dan diperkirakan mencapai US$ 13,32 miliar di 2026 (Mordor Intelligence). Dengan meningkatnya pengaruh pengelolaan data dan kompleksitas, data warehouse kini telah mencakup berbagai aspek kehidupan. Beberapa domain yang sangat mengandalkan data warehouse diantaranya keuangan, kesehatan, bisnis, maupun industri lainnya. Transformasi dalam pemrosesan bisnis telah mendorong industri IT untuk memanfaatkan teknologi yang telah dilengkapi kemampuan data analytics. Berbagai platform data warehouse akan menunjang perkembangan enterprise-scale, real-time analytics, dan wawasan yang dibutuhkan oleh pemrosesan bisnis.

Data Warehouse adalah Sistem yang Terkonsep Sejak 1980-an

Data warehouse telah dikembangakan sejak akhir 1980-an ketika Paul Murphy dan Barry Devlin dari IBM mulai menggunakannya bagi kebutuhan bisnis. Faktanya, konsep tersebut dikembangkan untuk menyediakan model arsitektur bagi data flow. Hal tersebut juga dikhususkan pada sistem operasional yang mengutamakan hasil pengolahan data dalam implementasi pengambilan keputusan. Dengan mengatasi masalah yang berkaitan dengan workflows, data warehouse mampu mendukung berbagai lingkungan bisnis secara efektif. Bill dan Ralph telah dianggap sebagai pionir karena telah mengenalkan data warehouse yang membantu sinkronisasi serta penyimpanan data.

Data warehouse adalah sejenis data management system yang dirancang untuk mengaktifkan dan mendukung aktivitas business intelligence. Kumpulan berbagai informasi yang ada di dalam data warehouse biasanya berasal dari beragam sumber, seperti application log files dan transaction applications. Kemampuan analitik melalui sistem ini memungkinkan perusahaan mendapatkan wawasan bisnis berharga dari data dalam meningkatkan pengambilan keputusan. Tidak jarang, kamu menemui bahwa data warehouse dianggap sebagai satu-satunya sumber kebenaran dari suatu perusahaan.

Manfaat dari Penggunaan Data Warehousing

Mampu menghasilkan data yang mendasar, akurat, dan lebih baik

Data warehouse benar-benar menyajikan data yang akurat dan mendasar karena meliputi seluruh teori sekaligus nilai-nilai teknis sesuai kebutuhan perusahaan. Manfaat yang satu ini penting diketahui karena mampu memengaruhi kinerja pengambilan keputusan di masa depan. Sejumlah teknologi yang terlibat dalam prosesnya diyakini dapat membantu menghasilkan data paling efektif dan bersifat multidimensional. Selain itu, sumber data yang ada juga memberikan peluang kepada perusahaan untuk memastikan bahwa segala sesuatu bersifat konsisten dan relevan. Kualitas dan integritas tersebut dapat mendorong pengambilan keputusan yang lebih baik.

Pengambilan keputusan jauh lebih cepat dan komprehensif

Data warehouse adalah “gudang” data yang konsisten dan siap melewati proses analisis. Kekuatan dan isinya yang lengkap dapat dijadikan acuan pengambilan keputusan sesuai fakta di lapangan. Stakeholders tidak perlu lagi berurusan dengan data yang tidak lengkap, berkualitas buruk, atau berisiko memberikan hasil tidak akurat. Data warehouse menjadi salah satu komponen inti yang melibatkan perencanaan dan metodologi dalam mencapai tujuan perusahaan. Konsep yang tersusun dengan tepat mendukung penyusunan strategi serta planning jangka panjang.

BACA JUGA: Rekomendasi Buku dan e-Book Data Engineering

Memudahkan perusahaan dalam menyimpan data besar dengan keamanan tinggi

Sebelum data warehouse berkembang, secondary storage sempat dianggap sebagai sistem dan sarana terbaik dalam menyimpan data. Namun, perlu diketahui pula bahwa data warehouse menawarkan integrasi, keterpaduan, serta mendukung berbagai model pengaplikasian data. Data warehouse adalah pilihan efektif dalam membantu perusahaan untuk melestarikan data demi pemanfaatannya di masa depan. Selain itu, perusahaan juga punya kesempatan menyimpan big data dalam jumlah hampir tidak terbatas melalui sistem keamanan yang aman dan terjaga.

Macam-Macam Tools dan Software Data Warehouse

Ab Initio Software

Perusahaan induk yang memproduksi tools ini punya misi untuk membantu berbagai perusahaan lainnya dalam menjalankan fungsi data analysis. Selain itu, kamu juga akan difasilitasi dengan kemampuan batch processing, data manipulation, serta parallel processing software berbasis graphical user interface (GUI). Lebih dari 20 tahun aplikasi ini berdiri dalam mendukung pemrosesan data dengan volume besar. Tools ini juga bermanfaat untuk mengelola, menjalankan grafik, serta mengendalikan proses ETL. Kemampuan unggul lain yang dapat kamu temui adalah debug proses dan melacak execution logs.

Informatica PowerCenter

Tools yang satu ini merupakan sistem integrasi data yang dikembangkan oleh Informatica Corporation. Salah satu kegunaannya adalah menawarkan kemampuan untuk mengambil dan menghubungkan data yang berasal dari berbagai sumber. Informatica Corporation telah dikenal sebagai perusahaan yang fokus pada integrasi data, cloud data integration, B2B data exchange, ETL, hingga data replication. Kumpulan fungsi dan komponen tersebut menghadirkan data warehouse bagi seluruh perusahaan lintas sektor dalam mengelola dan memberdayakan sumber data masing-masing.

Teradata Database

Teradata Database merupakan satu-satunya tools data warehouse yang dilengkapi dengan sistem Massively Parallel Processing (MPP) dan tersedia secara komersial. Banyak yang menganggap tools ini masuk dalam kategori sistem terbaik untuk melihat dan mengelola big data. Selain itu, perusahaan juga lebih mudah melakukan konsolidasi data dari berbagai sumber kemudian mengambil wawasan informatif dari hasil pengolahan tersebut. Teradata Database juga membuka peluang bagi perusahaan untuk mengingat dan menganalisis data dalam bentuk yang lebih efektif sekaligus sederhana. 

Pentaho

Pentaho adalah platform pengelolaan data warehouse dan business analytics. Teknologi yang satu ini memiliki pendekatan yang interaktif dan sederhana dalam memberdayakan user untuk mengakses, menemukan, sampai menggabungkan semua jenis serta ukuran data. Platform perusahaan ini juga memberikan akselerasi terhadap proses data pipeline. Integrasi data dalam jumlah besar juga tidak membutuhkan coding dan cenderung menghasilkan embedded analytics yang lebih sederhana. Pentaho juga terhubung dengan operational reporting yang diusung oleh MongoDB.

IBM data Stage

Tools yang satu ini berguna dalam aspek business intelligence, terutama dalam mengintegrasikan data-data yang ada di dalam sistem perusahaan. IBM data Stage memanfaatkan high-performance parallel framework yang punya kinerja memuaskan melalui cloud. Tools data warehouse ini juga mendukung metadata management yang diperluas dan menghubungkan kebutuhan bisnis secara universal. Salah satu fitur yang tidak boleh kamu lewatkan adalah dukungan terhadap kinerja big data dan Hadoop. Integrasi data-data perusahaan juga dilakukan secara real-time untuk memastikan akses data paling update kapan saja.

Talend Open Studio

Sesuai namanya, Talend Open Studio termasuk open source tools yang dapat kamu gunakan secara gratis. Sistemnya didesain untuk melakukan konversi, menggabungkan, dan memperbarui data di berbagai lokasi. Ada banyak fitur yang membantu proses pengelolaan data supaya lebih efektif dan mudah. Talend juga memungkinkan big data integration, kualitas data, serta data management yang lebih optimal. Meskipun tergolong open source, kamu sudah bisa melakukan transformasi data integration secara luas sekaligus menyelesaikan workflows yang tergolong kompleks.

BACA JUGA: Data Engineer Course Gratis yang Wajib Diikuti

Google BigQuery

Google BigQuery merupakan enterprise-level data warehouse yang mampu mengaktifkan SQL queries super cepat. Tools ini juga mampu memberikan kontrol terhadap akses menuju proyek dan data secara fleksibel. Data reading and writing dapat kamu lakukan melalui Dataflow, Hadoop, dan Spark. Meskipun berskala petabyte, ternyata biaya yang harus disiapkan perusahaan juga cukup terjangkau. Platform ini banyak digunakan oleh segala jenis organisasi dan perusahaan, mulai dari startup sampai perusahaan yang masuk dalam jajaran Fortune 500.

Data warehouse adalah suatu sistem operasi yang mampu memudahkan pekerjaan perusahaan, terutama dalam hal pengelolaan data. Manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh stakeholders maupun tenaga kerja profesional, termasuk Data Engineer. Ada berbagai pilihan tools yang siap menjadi perantara produksi atau hasil sumber data yang berguna bagi masa depan perusahaan.

Ingin belajar data warehousing lebih lanjut sekaligus mempersiapkan diri menjadi Data Engineer andal? Belajar sekarang di Bootcamp Data Engineering dan kuasai skill-skill terkait untuk siap kerja hanya dalam 4 bulan.

chat