Interview Data Engineer: Pertanyaan Teknis & Non Teknis

digitalskola

digitalskola

8 September 2021

interview data engineer
            Interview Data Engineer (Photo by Sora Shimazaki from Pexels)

Beberapa waktu terakhir, data engineer menjadi lapangan pekerjaan dengan permintaan tinggi dari berbagai perusahaan di seluruh dunia. Hal ini mendorong banyak calon tenaga kerja mempertimbangkan jenjang karier di dunia data engineering yang menjanjikan benefit menjanjikan di masa depan. Setelah dirasa mampu dan benar-benar menguasai bidang tersebut, lazimnya, kamu harus melalui berbagai tahapan dalam pencarian kerja yang berujung pada proses interview data engineer. Kamu berupaya untuk terus berkembang dan melakukan evaluasi selama pencarian tersebut berlangsung.

Jika berhasil memasukkan berkas lengkap sesuai ketentuan, kamu punya peluang untuk lanjut ke tahap interview. Di tahapan inilah, kamu akan bertemu dengan pertanyaan klasik maupun studi kasus teknis berdasarkan topik tertentu. Terkadang, ada banyak hal yang membuat kamu harus melakukan persiapan lebih matang, terutama agar lolos dari tahap interview tersebut.

Berdasarkan data The Dice 2020 Tech Job Report, pekerjaan Data Engineer memang berkembang dengan pesat. Namun, hanya sebagian yang berhasil memperoleh sumber tips terbaik supaya bisa lolos tahap interview. Tidak perlu takut tertinggal lagi, kamu bisa simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Langkah-Langkah Menjadi Data Engineer

Tips Lolos Interview Data Engineer: Persiapan Teknis

Tips Lolos Interview Data Engineer: Persiapan Teknis
                  Interview Data Engineer (Photo by Edmond Dantès from Pexels)

Agar berhasil lolos interview data engineer, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

Persiapkan dan Pelajari Resume dengan Maksimal

Tidak hanya berperan sebagai batu loncatan, resume merupakan proyek penting yang harus disiapkan sebaik mungkin. Umumnya, interviewer dapat memberikan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang tercantum pada resume kamu. Ada kesempatan untuk melakukan diskusi lebih lanjut seputar keahlian, kompetensi teknis, serta kemampuan internal lainnya.

Kesalahan yang umum terjadi dalam sesi pembahasan resume adalah kandidat yang hanya fokus menjelaskan detail implementasi teknis tanpa pemahaman mendalam soal desain sistem. Sebenarnya, kamu perlu memahami proyek dengan teknis kompleks dan dampak yang berhasil diberikan. Oleh karena itu, kamu dapat melatih kemampuan penyampaian resume dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa yang memotivasi proyek tersebut? (Contoh: Apa masalah bisnis atau data yang ingin dipecahkan oleh proyekmu?)
  • Bagaimana kamu berkolaborasi dan bekerja sama dalam tim?
  • Jika kamu adalah pemilik proyek, bagaimana kamu merencanakan dan memimpinnya?
  • Bagaimana pertukaran teknis terjadi dalam desain sistem?
  • Apa saja dampak yang diberikan oleh proyek tersebut?
  • Apa saja tantangan yang harus dilewati? Bagaimana kamu memecahkan masalah tersebut?

Penggunaan angka adalah faktor penting terhadap pemaparan data. Upayakan untuk memasukkan statistik ke dalam resume kamu. Bukti angka, data, serta statistik dapat menunjukkan skala, dampak, tingkat kepercayaan recruiter, dan seberapa dalam pemahaman kamu akan proyek tersebut.

Pahami Wawasan dan Praktik Programming

Salah satu bagian menegangkan dari proses wawancara data engineering adalah coding. Biasanya, kamu diminta untuk mengimplementasikan algoritma kompleks menggunakan struktur data paling efisien. Selain itu, struktur data harus bersifat efisien sekaligus mampu menjelaskan detail yang ada selama 30 menit. Interview coding untuk peran data engineer umumnya lebih ringan pada sesi topik algoritma. 

Namun, pertanyaan dan jawaban yang diharapkan tentunya tetap berbobot jika berbicara mengenai data. Pertanyaan yang sering keluar pada sesi ini cenderung menuju ke arah praktis. Contohnya adalah pertanyaan mengenai cara menulis fungsi untuk mengubah data input serta menghasilkan data output. Meskipun data engineer tidak menggunakan built-in libraries untuk memproses data, interview mengharuskan kamu menerapkan solusi melalui open-source library

Apabila lowongan kerja data engineer membutuhkan kemahiran menyusun framework, jangan lupa siapkan kebutuhan praktik pada topik tersebut. Dengan waktu yang cukup terbatas dan studi kasus berbobot, alangkah baiknya bila kamu berlatih terlebih dahulu. Latihan dapat membiasakan diri untuk memperoleh kesempatan pengerjaan soal secara lebih nyaman.

Tingkatkan Skill SQL

SQL merupakan keterampilan yang sangat penting dikuasai oleh seorang Data Engineer. Sangat umum jika nantinya kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan seputar SQL di samping coding. Hal ini dikarenakan Data Engineer bertanggung jawab untuk membangun solusi terhadap data processing dan data modeling.

Selain itu, SQL lebih dari sekadar bahasa query. SQL tergolong ke dalam pola data processing yang banyak dimiliki oleh framework besar, contohnya:

  • SparksSQL
  • Pandas
  • KafkaSQL

Kemahiran dalam mengoperasikan SQL dapat menunjukkan bahwa kamu mampu belajar dan bekerja dengan framework secara efisien. Data engineer yang baik perlu memiliki kemampuan dalam menerjemahkan pertanyaan bisnis menuju SQL query. Terkadang, kamu dapat menggunakan pernyataan CASE yang dikombinasikan dengan fungsi agregasi, menggantikan JOIN serta UNION.

BACA JUGA: Daftar Softskills yang Wajib Dimiliki Data Engineer

Siapkan dan Tunjukkan Kemampuan Desain Sistem

Selama interview desain sistem, kamu akan melakukan perancangan solusi data yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu:

  • Penyimpanan data
  • Pemrosesan data
  • Pemodelan data

Di awal, pertanyaan yang diajukan cenderung singkat dan abstrak. Tugas kamu adalah mengajukan pertanyaan lanjutan untuk menjelaskan pemecahan masalah yang dapat diambil. Tantangan yang akan kamu hadapi adalah pemilihan kombinasi terbaik sistem penyimpanan data dan framework dari data processing berdasarkan kasus yang ada.Kamu harus memahami konsep serta prinsip utama data engineering dalam proses pertukaran berbagai sistem dan framework data. 

Contoh soal yang mungkin kamu dapatkan adalah merancang tabel analitik backend sebagai sistem reservasi lokasi tertentu. Dalam menyelesaikan soal tersebut, desain dapat dibuat berdasarkan kebutuhan kasus dan query.

Tips Lolos Interview Data Engineer: Persiapan Non-Teknis

Tips Lolos Interview Data Engineer: Persiapan Non-Teknis
          Interview Data Engineer (Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels)

Selanjutnya tips interview data engineer yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan hal non-teknis seperti:

Tips Lolos Interview Data Engineer: Optimalkan Persiapan

Dalam percakapan non-teknis, kamu akan melalui serangkaian obrolan untuk melihat kecepatan belajar serta model kerja tim dalam memecahkan suatu masalah. Sangat penting untuk menjadi diri sendiri selama proses interview berlangsung. Pastikan kamu mampu memenuhi kondisi berikut:

  • Bersikap baik
  • Lakukan percakapan yang menyenangkan dan tetap sopan
  • Ajukan pertanyaan bila membutuhkan informasi atau feedback. Pastikan waktunya tepat untuk mengajukan pertanyaan
  • Gunakan prinsip problem solving, tidak sekadar menyatakan jawaban
  • Tunjukkan minat dan semangatmu terhadap dunia kerja data engineering

Tips Lolos Interview Data Engineer: Pelajari Mengenai Perusahaan

Hal penting yang perlu kamu siapkan agar lolos interview data engineer adalah mempelajari sebanyak mungkin mengenai perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa mempelajari beberapa hal penting seperti:

  • Visi dan misi perusahaan
  • Nilai-nilai perusahaan
  • Produk perusahaan
  • Budaya perusahaan

Hal-hal ini, akan membantu kamu merespons pertanyaan interview data engineer dengan lebih tepat dan menunjukkan antusias yang tinggi. Untuk mempelajari mengenai perusahaan, kamu bisa coba cari di situs resmi perusahaan, media sosial perusahaan, hingga menanyakan kepada pegawai perusahaan tersebut melalui Linkedln.

Bersiap Untuk Pertanyaan Out Of The Box

Terkadang, saat proses interview data engineer pewawancara akan mengajukan pertanyaan yang tidak terduga atau di luar konteks teknis untuk menguji kemampuan berpikir dan cara berpikir kamu. Oleh karena itu, kamu bisa bersiap untuk menjawab pertanyaan semacam itu dengan berpikir secara kreatif dan fleksibel.

BACA JUGA: 10 Karakteristik Big Data dan Manfaatnya

Etika Profesional

Dalam proses interview data engineer, kamu juga harus menjaga sikap dan perilaku sepanjang proses wawancara. Hal ini mencakup etika profesional seperti:

  • Hadir tepat waktu
  • Mengenakan pakaian yang sesuai
  • Menghormati waktu pewawancara

Kelola Stress

Proses interview memang menegangkan. Hanya berdasarkan satu jam interaksi, nasib masa depanmu kariermu akan ditentukan. Kamu akan mendapatkan penilaian dari seseorang yang baru saja ditemui. Semakin jauh pertanyaan diajukan, semakin besar kestabilan mental yang harus kamu pertahankan. 

Salah satu cara menghadapinya adalah bersikap tenang dengan mengungkapkan jawaban secara positif. Jangan takut untuk bersikap percaya diri dan sebaiknya kamu bedakan dengan sikap pamer. Dengan begitu, kamu tidak perlu merasa ketakutan karena proses interview dapat berjalan dengan nyaman.

Tips Lolos Interview Data Engineer: Belajar Bersama Expert

Tips Lolos Interview Data Engineer: Belajar Bersama Expert
            Interview Data Engineer (Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels)

Selanjutnya, tips lolos interview data engineer yang akan efektif membantu kamu untuk mempersiapkan diri agar bisa melampaui interview secara percaya diri adalah dengan belajar langsung bersama mentor expert contohnya di kelas Bootcamp Data Engineer dari Digital Skola. Di kelas ini, tak hanya belajar skills yang dibutuhkan untuk persiapan karier, kamu juga akan dapat fasilitas 1-on-1 counselling with HR expert yaitu:

  • Sesi konsultasi karier
  • Bedah CV
  • Cover Letter
  • Simulasi interview secara 1-on-1 dengan HR Expert

Selain itu, kamu juga akan dapat fasilitas lengkap lain yang membantu kamu untuk mempersiapkan interview data engineer seperti:

  • Job connector
  • 7 Personal projects
  • 1 Portfolio end-to-end dari final project
  • Top data engineering tools in industry
  • e-Certificate dari Digital Skola
  • Professional branding
  • Kurikulum berbasis industri dan fokus pada praktik
  • Konsultasi tutor di luar kelas
  • Akses materi dan rekaman kelas selamanya

Penasaran ingin tau info lengkapnya? Klik button di bawah!

chat