10 Karakteristik Big Data dan Manfaatnya

digitalskola

digitalskola

15 Juli 2023

Karakteristik Big Data
Karakteristik Big Data (Photo by Arseny Togulev on Unsplash)

Big data adalah sekumpulan data yang besar dan kompleks dari berbagai sumber data. Saking banyak jumlah datanya, kumpulan data ini jika diolah akan bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah bisnis yang tidak bisa diatasi sebelumnya (Sumber: Oracle). Karena perkembangan teknologi dan informasi kini semakin cepat, karakteristik big data juga ikut berkembang. Mulanya, hanya ada 4 karakteristik big data yaitu volume, variety, velocity, dan veracity. Kini, ada sepuluh karakteristik yang dimiliki big data dan semuanya memiliki ciri khas yang berbeda-beda. 

Berbicara mengenai karakteristik big data tidak bisa lepas dari jenis data yang digunakan di berbagai program. Umumnya, jenis big data dibedakan menjadi tiga jenis utama yaitu structured data, semi-structured data, dan unstructured data. Perbedaannya adalah: 

  1. Structured data = Data yang sudah tersusun dengan baik dan sudah terdefinisikan. Data ini biasanya mudah dipahami oleh manusia atau komputer dan bisa disimpan, dianalisa, dan diproses menggunakan format yang baik
  2. Semi-structured data = Data terstruktur yang tidak lengkap atau tidak memenuhi syarat sebagai data terstruktur yang utuh. Contohnya dokumen NoSQL memiliki keyword untuk pemrosesan dan CSV file. 
  3. Unstructured data = Data tidak terstruktur yang belum terdefinisikan dengan benar sehingga tidak bisa dipahami, ditangani, dan dianalisis. Contohnya adalah data yang bersumber dari data di media sosial. 

Secara umum, karakteristik big data terbagi menjadi sepuluh jenis. Simak artikel ini tahu info lebih lengkapnya! 

Baca juga: Bagaimana Prospek Lowongan Data Engineer?

10 Karakteristik Big Data 

10 Karakteristik Big Data 
10 Karakteristik Big Data (Photo by Lukas on Unsplash)

Berikut penjelasan mengenai masing-masing karakteristik dari big data

Karakteristik Big Data: Volume

Volume merupakan karakteristik big data yang utama. Sebuah data yang disimpan dan dihasilkan berdasarkan jumlah ukuran data yang menentukan nilai potensi kedalamannya. Maka dari itu, volume dari data juga bisa menentukan kebenaran akan big data. 

Karakteristik Big Data: Velocity

Velocity memiliki arti kecepatan data yang dibuat, diolah kembali, dan generalisasi. Kecepatan data ini akan sangat berpengaruh pada traffic big data. Karakteristik ini akan sangat berperan dalam keakuratan data yang dihasilkan dan diproses. 

Karakteristik Big Data: Variety

Karakteristik big data variety ini merupakan sekumpulan big data yang bervariasi di setiap platform. Beragam data ini dikelompokan dalam berbagai jenis yaitu structure data, semi-structured data, dan unstructured data. Contohnya, di media sosial ada banyak variasi data dari video, form, foto, hingga filter yang ada di media sosial tersebut. Variasi data ini juga bisa membantu untuk menganalisa sebuah data serta membantu penggunaannya agar bisa menghasilkan informasi secara maksimal. 

Veracity

Karakteristik big data selanjutnya adalah veracity yaitu keakuratan data ketika memproses sebuah program data. Semakin akurat data maka akan semakin akurat juga hasil analisanya untuk bisnis. Sebaliknya, jika data yang diolah tidak memiliki akurasi yang tinggi maka akan menyebabkan banyak error dan dampak yang buruk bagi keputusan bisnis. 

Value

Karakter big data yang gak kalah penting adalah value atau manfaat dari data yang diolah. Jika sekumpulan data yang dimiliki perusahaan tidak memiliki nilai value, maka data tersebut juga pada akhirnya tidak akan membawa dampak terhadap bisnis. Alhasil, usaha yang dikeluarkan untuk menganalisis data tersebut juga jadi sia-sia. 

Visualization

Data yang jumlahnya sangat banyak juga harus bisa diolah dan divisualisasikan agar bisa dimengerti oleh orang. Maka dari itu, salah satu karakteristik big data adalah bisa dihubungkan dengan visualisasi. 

Volatility

Volatility adalah karakteristik big data yang memiliki perbedaan data antara data kemarin dengan data hari ini. Karakter ini berhubungan perubahan data yang bisa berdampak pada homogenitas data. 

Validity

Data yang dikumpulkan oleh perusahaan harus valid dan relevan sebelum akhirnya diolah dan dianalisis agar tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan bisa berjalan dengan baik. 

Vulnerability

Karakteristik selanjutnya adalah vulnerability yaitu kemampuan big data yang bisa memprioritaskan keamanan agar bisa melindungi data dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti peretasan yang dilakukan oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. 

Variability

Karakter yang terakhir adalah variability atau perubahan data yang berbeda-beda. Karakteristik ini menggambarkan bahwa data selalu berubah-ubah setiap waktu dan perbedaan data tersebut bisa berdampak pada karakteristik lainnya. Contohnya, setiap data yang berbeda memiliki kecepatan transfer data yang berbeda juga. 

Rekomendasi Pelatihan Big Data

Mengetahui teori mengenai jenis dan karakteristik big data saja tidak cukup untuk jadi modal utama berkarier di bidang big data. Maka dari itu, kamu harus belajar lebih banyak lagi mengenai berbagai teori dan praktik terkait big data. Rekomendasi tempat untuk belajar big data bersama pengajar expert adalah Bootcamp Data Engineer Digital Skola. Kelas data engineer untuk pemula ini akan membantu kamu belajar dari 0 sampai siap kerja dengan fasilitas lengkap seperti:

  1. e-Certificate 
  2. Job connector
  3. Personality & career assessment
  4. Career Coaching & Mentoring
  5. Kurikulum berbasis industri
  6. 1 portofolio end to end dari final project
  7. Akses materi & rekaman selamanya
  8. Fokus pada praktik
  9. Weekly performance report

Selain fasilitas tersebut, kamu juga akan mendapatkan materi sesuai dengan kebutuhan industri, seperti:

  • Basic Programming
  • Linux/Unix & System Administration
  • Database Basic SQL
  • Machine Learning
  • Data Warehouse & Data Modelling, dan materi basic hingga advanced data engineering lainnya

Penasaran ingin tahu info lebih lengkap mengenai kelas ini? Click button di bawah ini!