Bocoran Materi Big Data Untuk Training Perusahaan

digitalskola

digitalskola

21 April 2023

Materi big data sangat penting diperhatikan jika perusahaanmu saat ini sedang mempertimbangkan untuk mengadakan pelatihan bagi karyawan yang bekerja di bidang data. Materi pelatihan yang baik dan sesuai target adalah kunci keberhasilan sebuah training atau pelatihan yang diadakan perusahaan. Bahkan, materi pelatihan yang baik bisa membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan, dengan SDM yang berkualitas pada akhirnya akan membantu mendorong keuntungan perusahaan yang maksimal. 

Secara garis besar, manfaat materi pelatihan yang baik adalah bisa membantu sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan agar:

  1. Keterampilannya meningkat sesuai dengan perkembangan dan perubahan teknologi
  2. Semakin kompeten di bidang pekerjaannya
  3. Mampu menyelesaikan masalah atau hambatan yang dialami dalam bidang pekerjaannya
  4. Semakin bertanggung jawab terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan

Tak hanya dirasakan karyawan, manfaat materi big data training yang baik juga akan dirasakan oleh perusahaan apalagi perusahaan saat ini mulai banyak yang menggunakan big data untuk meningkatkan operasi, memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, membuat campaign marketing yang dipersonalisasi, membantu perusahaan untuk mengambil keputusan terbaik, hingga membantu meningkatkan pendapatan dan keuntungan (Sumber: TechTarget).

Lantas, materi big data apa saja yang harus perusahaan berikan jika mengadakan pelatihan karyawan? Simak lengkapnya di artikel ini!

Materi Big Data Untuk Perusahaan

Materi Big Data Untuk Perusahaan
Materi Big Data Untuk Perusahaan (Photo by Mimi Thian on Unsplash)

Untuk bisa mendapatkan banyak manfaat dari pelatihan big data, maka perusahaan harus mengadakan pelatihan karyawan dengan materi big data yang memadai, diantaranya:

Materi Big Data: Analisis Big Data

Big data analytics adalah proses yang dilakukan seseorang orang untuk mengekstrak insight yang bermakna untuk mengetahui tren pasar, preferensi pelanggan, kebutuhan pelanggan, hingga pola-pola lain yang dibutuhkan perusahaan. Sederhananya, big data seperti perpustakaan yang menyediakan banyak informasi. Sedangkan big data analytics merupakan buku yang diperoleh dari perusahaan tersebut. Untuk memudahkan analisis big data, materi big data di training perusahaan yang kamu adakan setidaknya memberikan materi mengenai penggunaan berbagai big data analytics tools, seperti:

  1. Hadoop = Membantu menyimpan dan menganalisis data
  2. MongoDB = Mengelola kumpulan data yang sering berubah
  3. Talend = Integrasi dan manajemen data
  4. Cassandra = Menangani potongan data
  5. Spark = Pemrosesan real-time dan analisis data dalam jumlah besar

Baca juga: Top 10 Big Data Analytics Tools Terbaik

Materi Big Data: Rekayasa Data

Materi big data selanjutnya adalah mengenai rekayasa data, yaitu proses menyiapkan data untuk analisis agar data yang diolah dan diformat sesuai dengan kebutuhan.  Untuk memudahkan rekayasa, materi big data di training perusahaan setidaknya memberikan pelatihan mengenai penggunaan berbagai rekayasa data tools, seperti:

  1. Apache Spark = Mengakses data, memproses data, hingga menganalisis big data
  2. Apache Hive = Analisis dataset berukuran besar
  3. Tableau = Mempermudah pembuatan analisis visual interaktif dalam bentuk dashboard
  4. Snowflake = Menyimpan dan menghitung data

Business intelligence

Materi big data selanjutnya adalah business intelligence yaitu proses, teknologi, dan strategi yang digunakan perusahaan untuk menyajikan insight. business intelligence juga membantu karyawan dalam proses pengumpulan, penyimpanan, hingga analisis data dari operasional bisnis. Untuk memudahkan business intelligence, materi big data di training perusahaan setidaknya memberikan pelatihan mengenai penggunaan berbagai business intelligence tools, seperti:

  1. Power BI = Membuat laporan atau memantau perkembangan penjualan
  2. Tableau = Membuat visualisasi data yang menarik
  3. SAP = Data reporting, data visualization, dan berbagi data dengan lebih mudah
  4. QlikView = Data visualization serta membuat dashboard

Bahasa Pemrograman

Materi big data yang tak kalah penting adalah bahasa pemrograman. Setidaknya di materi big data di training perusahaan memberikan pelatihan mengenai berbagai bahasa pemrograman yang penting untuk big data seperti:

  1. Python = Digunakan untuk membuat proyek big data end-to-end secara efisien dan efektif 
  2. Java = Digunakan untuk menskalakan algoritma dan big data dengan fleksibilitas yang lebih besar
  3. R = Digunakan untuk eksplorasi serta visualisasi data
  4. C++ = Digunakan untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan serta membuat pemrograman sistem
  5. Scala = Digunakan untuk mendeskripsikan algoritma pada tingkat abstraksi yang lebih tinggi

Database 

Materi big data selanjutnya adalah mengenai database yaitu tempat menyimpan kumpulan data yang saling berhubungan. Di training perusahaan kamu harus memberikan pelatihan mengenai berbagai macam database seperti:

  1. Cassandra = Digunakan oleh organisasi dengan active dataset
  2. HBase = Digunakan untuk linier dan skalabilitas modular, strictly consistent membaca dan menulis, hingga failover otomatis
  3. MongoDB = Digunakan untuk menyimpan document-oriented, full index support, replication hingga high availability

Distributed Machine Learning

Distributed machine learning adalah sistem machine learning multi-node yang bisa meningkatkan performa, meningkatkan akurasi, dan menskalakan ke ukuran data yang lebih besar. Di training perusahaan kamu harus memberikan pelatihan mengenai berbagai macam tools distributed machine learning seperti:

  1. Tensorflow = Open source untuk machine learning
  2. Caffe2 = Framework untuk mendistribusikan machine learning
  3. Horovod = Framework untuk machine learning yang terdistribusi

Rekomendasi Pelatihan Perusahaan dengan Materi Big Data Terlengkap

Untuk bisa mengadakan pelatihan big data salah satu pilihan terbaiknya adalah program Bootcamp Data Engineer Digital Skola. Di program ini perusahaan bisa memberikan kesempatan pada karyawan agar memiliki skill sesuai kebutuhan perusahaan dan bisnis masa kini. Penasaran dan ingin konsultasi lebih lanjut mengenai pelatihan big data dari Digital Skola? Klik button di bawah ini! 

Artikel Rekomendasi