Materi dan Biaya Pelatihan Big Data Untuk Perusahaan

digitalskola

digitalskola

30 Maret 2023

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan banyak menggunakan berbagai data. Bahkan, di era industri digital seperti sekarang data menjadi komoditas penting bagi perusahaan untuk mendapatkan berbagai dampak positif bagi bisnis. Saking banyaknya perusahaan yang berinvestasi pada data, saat ini perusahaan mulai mencari pelatihan big data untuk karyawannya. Alasan utamanya, supaya karyawan bisa membantu memberikan keputusan dan gerakan bisnis strategis yang lebih baik. 

Big data adalah sekumpulan data besar dan kompleks yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bisnis yang tidak bisa diatasi sebelumnya (Sumber: Oracle). Big data kerap menjadi bahan perbincangan di era 4.0 karena diyakini memiliki peran besar dalam revolusi industri yang tengah terjadi kini. Menggunakan teknologi big data, perusahaan bisa mendapatkan banyak manfaat seperti:

  1. Membantu mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat
  2. Membantu melakukan analisa dan menentukan penyebab timbulnya masalah pada bisnis
  3. Mengenal customer dengan baik mulai dari data diri hingga alasan customer membeli produk
  4. Membantu menyusun strategi marketing yang efektif
  5. Mendeteksi jika ada anomali dalam bisnis
  6. Membantu bisnis untuk mengembangkan produk sesuai kebutuhan customer 
  7. Memprediksi masa depan dan membantu menyusun perencanaan dengan lebih baik

Melihat banyaknya manfaat big data bagi bisnis, perusahaan bisa mulai mempertimbangkan untuk mendaftarkan karyawannya mengikuti pelatihan big data. Namun, apa saja materi yang harus didapatkan karyawan saat mengikuti pelatihan big data? Dan berapa biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk pelatihan big data? Simak lengkapnya di artikel ini!

Materi Pelatihan Big Data

Untuk bisa memanfaatkan big data dengan optimal, setidaknya perusahaan harus mendaftarkan karyawannya mengikuti pelatihan big data yang menyediakan materi-materi penting seperti:

Matematika dan Statistika

Agar data bisa digunakan, penting untuk karyawan memiliki pemahaman matematika dan statistika agar setidaknya bisa memahami data yang akan diolah, karakteristik sebaran data, jenis-jenis data yang dibutuhkan, hingga berbagai logika matematika untuk menyelesaikan permasalahan data yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, statistika juga penting dipelajari untuk memahami kebutuhan data seperti pemodelan, prediksi, dan melihat berbagai trend atau pola data. 

Pemrograman R

Setidaknya untuk bisa menggunakan big data, karyawan harus menguasai bahasa pemrograman R yaitu bahasa yang digunakan dalam big data untuk pengolahan data yang bersifat open source. Dengan kata lain, bahasa pemrograman ini bisa digunakan secara gratis dan bisa dimodifikasi oleh siapa pun. Bahasa pemrograman R merupakan salah satu bahasa terbaik untuk melakukan manajemen data yang kompleks dan analisis statistik untuk kepentingan bisnis di berbagai bidang.

Ada beberapa alasan bahasa pemrograman M harus dipelajari di pelatihan big data, diantaranya:

  1. Bahasa pemrograman R memiliki banyak fungsi dan package yang mempermudah pengolahan data
  2. Bisa digunakan untuk cleansing, manipulasi data, analisis spasial, data visualisasi, pembuatan model, hingga analisis teks dengan natural language processing 
  3. Script yang ada di bahasa pemrograman R bisa disimpan dan digunakan kembali
  4. Bisa terintegrasi dengan bahasa pemrograman lainnya

Database Management Systems

Database management system merupakan software yang digunakan untuk menyimpan, mengatur, hingga memastikan data-data perusahaan bisa tersimpan dengan aman. Menggunakan database management system, perusahaan bisa dengan mudah membuat membaca, memperbarui, dan menghapus data yang ada di database. Saat mengikuti pelatihan big data, setidaknya karyawan harus mendapatkan materi mengenai beberapa tipe model database management system, seperti:

  1. Hierarchical database = Model data terstruktur dan tersimpan dalam format hierarkis atau dari atas ke bawah atau sebaliknya
  2. Network model = Data bisa diakses dari berbagai macam arah
  3. Relational model = Data disimpan dalam struktur tetap dan bisa diubah menggunakan SQL
  4. Object-oriented model = Data disimpan dalam bentuk objek

SQL dan NoSQL

Materi wajib pelatihan big data selanjutnya adalh SQL dan NoSQL. Setidaknya kamu harus mendapatkan materi mengenai:

  1. Cara mengoptimasi query dari report 
  2. Mengetahui perbedaan antara SQL dan NOSQL
  3. Cara mendapatkan data dari database
  4. Cara melakukan querying dan indexing

Pelatihan Big Data: Cloud Computing

Cloud computing merupakan model yang memungkinkan perusahaan untuk berbagi sumber daya dengan lebih mudah. Oleh karena itu, dengan menggunakan cloud computing, karyawan bisa lebih mudah memproses query data yang besar dengan lebih cepat. 

Pelatihan Big Data: API

API atau application programming interface adalah perantara bagi beberapa aplikasi atau klien dan server agar bisa saling berkomunikasi. Di pelatihan big data kamu harus mempelajari: 

  1. Cara kerja server web dan metode API
  2. Cara mengambil dan menyimpan data dari database 
  3. Cara membuat endpoint yang dilengkapi dengan security dan Chatbot API
  4. Mengenal Flask

Baca juga: Cara Memilih Big Data Training untuk Karyawan

Biaya Pelatihan Big Data

Setelah mengetahui materi yang harus dipelajari di pelatihan big data, pasti saat ini muncul pertanyaan “Berapa biaya pelatihan big data?”. Tidak perlu khawatir kamu bisa menyesuaikan pelatihan sesuai budget perusahaan dengan mengikuti Skola Corporate Digital Skola. Di program ini Digital Skola akan membantu perusahaan untuk menyiapkan pelatihan dengan fasilitas:

  1. Biaya sesuai budget perusahaan
  2. Insight dari praktisi ahli dan studi kasus
  3. Materi dan kurikulum sesuai kebutuhan
  4. Waktu sesuai kebutuhan

Menariknya lagi, kamu juga bisa memilih program sesuai kebutuhan perusahaan:

  1. Webinar = Cocok untuk perusahaan yang membutuhkan pelatihan singkat melalui seminar online atau webinar
  2. In House Training = Cocok untuk perusahaan yang membutuhkan pelatihan eksklusif dengan materi dan jam sesuai kebutuhan 

Penasaran dan ingin konsultasi lebih lanjut mengenai pelatihan big data? Klik button di bawah ini!

Artikel Rekomendasi