Pengertian, Metode, dan Peran Utama Data Mining

digitalskola

digitalskola

12 Mei 2023

Data mining adalah proses memilah kumpulan big data untuk mengidentifikasi pola dan hubungan yang bisa membantu memecahkan masalah bisnis melalui analisis data. Dengan menggunakan berbagai teknik dan tools data mining memungkinkan perusahaan untuk memprediksi berbagai tren masa depan dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat (Sumber: TechTarget). Maka dari itu, bisa disimpulkan secara sederhana peran utama data mining yang paling umum adalah proses data analytics untuk menemukan informasi yang berguna dalam berbagai kumpulan data yang besar. 

Kini di era digital dan semua berpusat pada data, proses pengolahan data menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk bisnis bisa bersaing. Tak bisa dipungkiri, saat ini perusahaan dituntut untuk mendapat dan mengolah informasi yang sangat cepat untuk membantu proses bisnis hingga penentuan strategi kedepannya, karena itulah penggunaan data mining sangat penting bagi kelangsungan bisnis yang berjalan. Biasanya, pengertian data mining juga dikenal dengan beberapa istilah lain seperti Knowledge Discovery in Database (KDA), data analysis, knowledge extraction, business intelligence, data dredging, data archeology, atau ada juga yang menyebut dengan istilah information harvesting. 

Jika kamu saat ini sedang tertarik dengan bidang big data, maka kamu setidaknya harus memiliki pengetahuan mengenai data mining. Simak lengkapnya di artikel ini!

Baca juga: Kelebihan Big Data Training Online VS Offline

Metode Data Mining

Ada beberapa pembagian metode data mining, diantaranya:

  1. Classification = Proses menemukan definisi kesamaan karakteristik dalam suatu kelas atau kelompok untuk memperkirakan kelas dari suatu objek yang labelnya belum diketahui
  2. Association = Proses mengidentifikasi produk yang sering dibeli secara bersamaan oleh pelanggan untuk mengetahui produk-produk tertentu yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan
  3. Clustering = Proses mengelompokkan suatu kelas ke dalam beberapa segmen berdasarkan atribut yang sudah ditentukan 
  4. Regression = Proses mencari pola nilai numerik untuk menentukan hasil yang didasarkan nilai dari input 
  5. Forecasting = Proses memprediksi nilai yang akan dicapai di satu periode untuk dijadikan bahan dasar prediksi
  6. Sequencing = Proses mencari sebuah pola pada serangkaian kejadian 
  7. Descriptive = Proses memahami lebih dalam mengenai data-data yang masuk dalam insight untuk mengetahui perilaku dari data tersebut

Tujuan Data Mining

Data mining dijalankan dengan tujuan tertentu, diantaranya: 

Explanatory

Tujuan data mining pertama adalah sebagai alat untuk menjelaskan penyebab dari terjadinya suatu masalah. Misalnya, produk atau jasa yang kamu jual tidak laku di pasaran, kamu bisa menggali data-data aktivitas pembeli di platform tempat kamu menjual produk untuk menemukan penyebab dari masalah yang sedang terjadi.

Confirmatory

Tujuan data mining selanjutnya adalah untuk memastikan sebuah pernyataan atau memastikan suatu hipotesis. Contohnya, ketika perusahaan sedang menciptakan produk baru dan membuat hipotesis bahwa produk tersebut akan disukai oleh target pasar gen Z, dengan melakukan data mining perusahaan bisa memastikan atau mempertegas hipotesis tersebut sebelum akhirnya produk resmi diluncurkan.

Explotory

Tujuan data mining ketiga adalah untuk mencari pola baru yang sebelumnya belum terdeteksi. Misalnya, perusahaan berencana untuk menjalankan strategi digital marketing tertentu, nah data mining ini akan membantu mencari pola baru strategi digital marketing sesuai dengan topik yang sedang viral di masyarakat. 

Sumber: Rekomendasi Big Data Training Course Terbaik

Peran Utama Data Mining

Secara umum peran utama data mining terbagi menjadi lima, yaitu:

Peran Utama Data Mining: Estimation

Peran utama data mining yang pertama adalah estimasi yaitu menerka nilai yang sebelumnya belum diketahui dan class atau label yang digunakan bersifat numerik. Contohnya, perusahaan menerka penghasilan yang akan didapatkan dari produk yang akan diluncurkan disaat informasi mengenai hal tersebut belum diketahui pastinya. 

Peran Utama Data Mining: Forecasting

Peran utama data mining selanjutnya hampir sama dengan estimasi yang label atau class bersifat numerik, namun perbedaanya ialah data yang digunakan merupakan data time series. Contohnya, perusahaan menggunakan prediksi untuk menentukan berbagai faktor yang bisa mempengaruhi naik dan turunnya penjualan dalam kurun waktu satu tahun kedepan. 

Peran Utama Data Mining: Clustering

Peran utama data mining ketiga adalah mengidentifikasi kelompok dari produk atau barang yang memiliki karakteristik khusus atau mengelompokkan data yang memiliki kemiripan tertentu. 

Peran Utama Data Mining: Classification

Peran utama data mining selanjutnya adalah klasifikasi yaitu proses untuk menemukan model atau fungsi yang bisa menjelaskan atau membedakan kelas data agar bisa memperkirakan kelas dari suatu objek ketika labelnya tidak diketahui.

Peran Utama Data Mining: Association

Peran utama data mining terakhir adalah asosiasi yaitu mengidentifikasi hubungan antara peristiwa-peristiwa yang akan terjadi sewaktu-waktu. 

Sumber: Rekomendasi Big Data Training Course Terbaik

Rekomendasi Pelatihan Data Mining

Setelah mengetahui teori dasar mengenai data mining, kini saatnya kamu mendalami ilmu data mining dan big data lainnya bareng tutor expert Digital Skola. Di pelatihan ini kamu akan dibimbing menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini dan mendapatkan banyak fasilitas seperti: 

  1. Connecting the Jobs
  2. 7 personal projects
  3. 1 portofolio end-to-end 
  4. Professional branding
  5. Personality & career assessment

Penasaran dengan informasi lengkap mengenai kelas ini? Klik button di bawah ini!

Artikel Rekomendasi