Apakah Tugas Data Engineer Adalah Menganalisa Data?

digitalskola

digitalskola

20 Mei 2023

Tugas Data Engineer Adalah
Tugas Data Engineer Adalah (Photo by Desola Lanre-Ologun on Unsplash)

Data engineer adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menyiapkan data untuk penggunaan analitis atau operasional, biasanya data engineer juga bertanggung jawab untuk membangun data pipeline untuk menyatukan informasi dari berbagai sumber yang berbeda (Sumber: Tech Target). Dari definisi tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa tugas data engineer adalah membangun hingga mendesain sistem yang nantinya akan digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang tujuan akhirnya adalah untuk menyajikan informasi yang bermanfaat bagi bisnis. 

Berbicara mengenai profesi data engineer, biasanya profesi ini dikaitkan dengan profesi data lain seperti data analyst atau data scientist. Faktanya, tiga profesi ini memang saling berkaitan karena di tahapan awal tugas data engineer adalah mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data, lalu selanjutnya data analyst akan meneliti data menggunakan berbagai bantuan tools dan menafsirkan serta mengidentifikasi tren berdasarkan pola data yang ada, lalu tahapan terakhir data scientist akan menganalisa data yang sifatnya jauh lebih kompleks dan mengoptimasi teknik pengumpulan, analisis, hingga penafsiran data. 

Karena kemiripan akan tiga profesi di bidang data tersebut, sering kali data engineer dianggap memiliki tugas menganalisis data. Padahal, tugas data data engineer yang sebenarnya bukan menganalisa data. Simak artikel ini hingga akhir untuk tahu fakta mengenai tugas data engineer!

Tugas Data Engineer Adalah Memproses Data

Tugas Data Engineer Adalah (Photo by Desola Lanre-Ologun on Unsplash)

Jika berbicara mengenai tugas data engineer secara lengkap, sebetulnya tugasnya cukup luas. Tapi umumnya, data engineer di perusahaan akan menangani hal-hal berikut:

Tugas Data Engineer Adalah: Mengumpulkan dan Mengolah Data

Pertama tugas data engineer adalah mengumpulkan data serta mengembangkan kebutuhan interface yang dibutuhkan dari berbagai sumber data yang ditemukan. Tentunya, untuk bisa mengambil suatu data perlu kehati-hatian dan skill attention to detail dari seorang data engineer agar tidak terjadi masalah teknis yang berkemungkinan menimbulkan risiko seperti merusak atau mengganggu jalannya sistem program atau suatu proses yang sudah berjalan. 

Tugas data engineer adalah memastikan bahwa sudah meng-klasterisasi berbagai informasi yang masuk karena umumnya informasi yang dimiliki perusahaan itu bentuknya tidak terstruktur. Maka dari itu, tugas data engineer adalah harus memisahkan setiap data terstruktur, tidak terstruktur, atau semi terstruktur. 

Tugas Data Engineer Adalah: Membersihkan Data

Selanjutnya, tugas data engineer adalah membersihkan data setelah berhasil digabungkan lalu dicari anomali yang ada di dalam informasi tersebut. Anomali merupakan proses di database yang menghasilkan sebuah efek samping yang tidak diinginkan oleh data engineer, biasanya anomali terjadi karena struktur tabel yang masih tidak valid juga kotor karena masih membuat nilai null sehingga data engineer perlu melakukan metode khusus untuk mengatasi anomali tersebut. Maka dari itu, untuk menunjang tugas data engineer ini, seorang data engineer harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang baik.  

Tugas Data Engineer Adalah: Mengembangkan Data Warehouse

Lalu tugas data engineer adalah merancang struktur arsitektur dari data warehouse yang sudah berhasil dianalisa. Mulanya, data engineer melakukan pembersihkan data lalu data yang sudah dibersihkan tersebut dimasukan ke data warehouse. Selanjutnya, data engineer akan merancang alur penyimpanan data pada perangkat lunak atau software dengan mendefinisikan struktur model menggunakan ERD, DFD, dan jenis arsitektur lainnya. 

Merancang System Scripting

Selanjutnya tugas data engineer adalah merancang system scripting yaitu menerjemahkan kode atau instruktur di dalam suatu situs web atau aplikasi, dengan menggunakan metode scripting seorang data engineer akan lebih mudah dalam pembuatan data agar bisa dibaca serta diproses. 

Baca juga: Definisi Big Data, Cara Kerja, dan Contoh Penerapan

Mengelola Cloud Platform

Tugas data engineer selanjutnya adalah mengelola cloud platform yang biasa digunakan untuk menyimpan data mulai dari skala kecil hingga skala besar. Menurut Toward Data Science, skill mengelola cloud platform merupakan skill yang paling banyak dicari oleh perusahaan, hal tersebut dikarenakan perusahaan saat ini pasti menggunakan cloud platform untuk menyimpan data. 

Selain lima tugas data engineer di atas, data engineer juga bertanggung jawab untuk menangani hal-hal berikut ini:

  1. Menguji arsitektur data
  2. Menggali data yang relevan dengan kebutuhan bisnis
  3. Mengembangkan algoritma yang bisa mengubah data menjadi insight bermanfaat untuk bisnis
  4. Bekerjasama dengan pihak manajemen perusahaan untuk memanfaatkan informasi yang ada untuk bisnis
  5. Membangun metode validasi data dan alat analisis data yang lebih efisien dan efektif
  6. Memanfaatkan data sebagai materi eksperimen untuk perkembangan bisnis
  7. Mempresentasikan hasil analisis kepada tim terkait
  8. Melakukan analisa dan memberikan hasil analisa kepada tim yang membutuhkan

Tentunya, tugas data engineer di industri akan bervariasi tergantung kebutuhan perusahaan. 

Baca juga: 7 Tools Terbaik Google Cloud Platform Data Engineer

Rekomendasi Pelatihan Data Engineer

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih banyak mengenai cara kerja hingga tools big data, kamu bisa belajar dengan mentor expert Digital Skola. Di kelas ini kamu akan mempelajari:

  1. Programming
  2. Linux/Unix, System Administration & Docker
  3. SQL
  4. Hadoop & Mapreduce Fundamentals & Operations
  5. Scraping with Python
  6. Airflow as Data Orchestration Tools
  7. Machine Learning
  8. Analytics with Spark
  9. Kafka
  10. Spark Optimizing & Streaming
  11. Data warehouse & Data Modelling

Penasaran dengan informasi lengkap mengenai kelas ini? Klik button di bawah ini!

Artikel Rekomendasi