Cara Belajar Data Science dari Nol Untuk Pemula

digitalskola

digitalskola

23 Februari 2021

Cara belajar data science
Cara Belajar Data Science (Foto: Pexels)

Kamu yang sebelumnya sudah mencari informasi terkait prospek karier data science, pasti kini jadi tertarik dan ingin mencari tahu cara belajar data science agar bisa menjadi data scientist yang dibutuhkan industri. Kabar baiknya, profesi data scientist ini bisa ditembus oleh siapapun bahkan yang sebelumnya tidak memiliki latar belakang linear. Bahkan, 365 Data Science merilis report mengenai profesi data science yang salah satu poin menariknya adalah dari 1000 lowongan kerja data science yang dianalisis, hanya ada 33% yang secara spesifik mensyaratkan jurusan data science. 

Hal ini juga berlaku di industri Indonesia, dari hasil survei di berbagai job platform hanya ada sedikit lowongan data scientist yang mencantumkan syarat lulusan linear. Kebanyakan latar belakang pendidikan yang dicari masih beragam mulai dari statistika, matematika, teknik komputer, bahkan tidak sedikit perusahaan yang tidak terlalu fokus ke latar belakang pendidikan. Mayoritas lowongan kerja data science itu lebih fokus pada skill yang lebih spesifik seperti:

  • Machine learning
  • Predictive modeling
  • Programming language seperti Python, Java, hingga SQL

Sebagai gambaran, berikut contoh lowongan kerja data scientist:

Contoh lowongan data scientist
                    Contoh Lowongan Data Scientist (Source: Linkedln)

Dari contoh lowongan kerja tersebut, kita bisa lihat bahwa lowongan data scientist itu lebih fokus pada kemampuan skill. Maka dari itu, jika kamu tertarik untuk berkarier jadi data scientist, maka kamu harus menggunakan cara belajar data science yang fokus pada hardskills dan softskills sesuai kebutuhan industri.  Penasaran bagaimana cara belajar data science yang bisa dilakukan oleh pemula dengan nol pengalaman? Simak artikel ini sampai akhir!

BACA JUGA: Bocoran Prospek Kerja Sains Data Terkini

Roadmap Belajar Data Science dari Nol 

Roadmap Belajar Data Science dari Nol 
         Roadmap Belajar Data Science (Photo by Campaign Creators From Unsplash)

Sebelum mengetahui cara belajar data science dari nol, kamu harus mengetahui dulu roadmap belajar data science agar nantinya proses belajar kamu lebih terarah. Berikut roadmap yang bisa kamu jadikan acuan:

  • Statistika = Pengantar statistik, tipe data, grafik, regresi, dan korelasi
  • Bahasa pemrograman = SQL, R, Git, MongoDB
  • Machine learning = Data mining, API, Flask
  • Deep learning = Deep neural network, artificial neural network, recurrent neural network 
  • Data visualization = Excel, PoweBI, Tableau
  • Dataframe = Indexing, filtering, sorting, grouping, dan fungsi lainnya di dataframe

Jika kamu ingin mempelajari lebih lengkap roadmap belajar data science dari nol dan roadmap persiapan karier data science dari nol, kamu bisa baca lebih lengkapnya di artikel ini.

Cara Belajar Data Science dari Nol (GRATIS)

Cara Belajar Data Science dari Nol (GRATIS)
                        Roadmap Belajar Data Science (Photo by Daniel Fazio From Unsplash)

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mulai mempelajari ilmu ini. Khawatir soal biaya? Tenang karena cara belajar data science dari nol tidak harus selalu mengeluarkan biaya, kok. Kamu bisa belajar secara gratis dari berbagai sumber di internet karena saat ini ada banyak sekali materi-materi maupun pelatihan gratis yang bisa kamu akses untuk belajar data science.

Berbagai materi yang tersedia pun tidak hanya berbentuk teks, tapi juga dalam format yang beragam mulai dari audio hingga video. Kamu bisa memilih dan mengkombinasikan berbagai sumber yang tersedia di internet untuk belajar data science secara otodidak dan gratis. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai cara belajar data science dari nol yang bisa kamu coba:

BACA JUGA: Penasaran Data Science Belajar Apa? Ini Bocorannya!

Cara Belajar Data Science Memanfaatkan Blog

Cara Belajar Data Science
     Cara Belajar Data Science (Photo: KDnuggets)

Tahukah kamu bahwa saat ini tersedia banyak sekali blog yang menyediakan materi-materi mengenai data science mulai dari level beginner hingga advanced. Kamu yang suka membaca, bisa mengunjungi berbagai blog seperti:

Berbagai blog ini menyediakan banyak sekali tulisan terkait data, big data maupun data science dengan gaya bahasa yang berbeda, namun tetap mudah dipahami oleh pemula. Melalui Blog ini, kamu bisa belajar berbagai ilmu data science seperti:

  • Technical data science
  • Softskills data science
  • Chat GPT atau AI untuk data science

Kamu juga bisa berlangganan newsletter mereka agar bisa membaca artikel yang dikirimkan ke email secara rutin.

Cara Belajar Data Science Memanfaatkan Podcast

Cara Belajar Data Science Memanfaatkan Podcast
     Cara Belajar Data Science (Photo: Data Skeptic)

Jika kamu lebih senang mendengarkan orang bicara dibandingkan membaca, maka podcast adalah pilihan konten terbaik untukmu. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak sekali tersedia podcast atau siniar yang khusus membicarakan mengenai data science. Beberapa rekomendasi podcast yang bisa kamu dengarkan untuk menambah wawasan terkait data science diantaranya:

Tiga podcast ini dibawakan oleh penyiar yang memiliki kredibilitas dan kapabilitas di bidang data sehingga materi yang disampaikan pun sangat berbobot. Kamu bisa memutar podcast ini di berbagai layanan audio streaming seperti Spotify dan Apple Music maupun aplikasi khusus podcast seperti Anchor dan Google Podcast.

Cara Belajar Data Science Memanfaatkan YouTube

Para data science enthusiast tentu tidak ingin melewatkan salah satu media sosial paling populer di dunia, yakni YouTube. Platform video dengan logo berwarna merah ini menjadi salah satu medium yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar mengenai sata science secara otodidak. Ada banyak channel yang rutin meng-upload video terkait Data science seperti:

Berbagai channel ini menyediakan berbagai jenis konten mulai dari tutorial hingga tips terkait dari data science seperti pembahasan mengenai:

  • Machine learning
  • Programming 
  • Machine learning
  • Artificial intelligence

Cara Belajar Data Science Memanfaatkan Kursus Gratis

Cara Belajar Data Science Memanfaatkan Kursus Gratis
   Cara Belajar Data Science (Photo: Harvard)

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar data science adalah dengan mengikuti kursus online gratis. Ada beberapa kursus gratis yang bisa kamu ikuti, salah satunya adalah kursus Data Science yang disediakan oleh Harvard. Untuk kamu yang lebih menyukai kursus dalam bahasa Indonesia, kamu bisa mencari kursus yang disediakan oleh pemerintah seperti yang disediakan dalam program Kartu Prakerja. Untuk mendapatkan kursus gratis ini, kamu harus rajin mencari informasi agar tidak ketinggalan periode pendaftarannya.

Cara Belajar Data Science Memanfaatkan GitHub 

Cara Belajar Data Science Memanfaatkan GitHub 
Cara Belajar Data Science (Photo: Data Science for Beginners)

Cara belajar data science selanjutnya kamu bisa memanfaatkan GitHub yaitu platform yang umumnya digunakan developer, data scientist, hingga data engineer untuk menyimpan dan mengelola source code. Kamu bisa belajar data science di GitHub berikut ini:

Cara Belajar Data Science Memanfaatkan Komunitas 

Cara Belajar Data Science Memanfaatkan Komunitas 
           Cara Belajar Data Science (Photo: IBM Data Community)

Selanjutnya, cara belajar data science untuk kamu pemula adalah dengan mengikuti komunitas data science. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika bergabung komunitas data science, diantaranya:

  • Tanya jawab langsung dengan sesama anggota 
  • Membuka peluang kolaborasi project dan karier
  • Memperoleh akses dataset, tools, hingga berbagai referensi yang berguna
  • Mendapat bantuan atau dukungan saat menghadapi tantangan saat belajar data science

Berikut komunitas data science yang bisa kamu ikuti:

Cara Belajar Data Science dari Nol Dengan Bimbingan Expert

Cara Belajar Data Science dari Nol Dengan Bimbingan Expert
                    Cara Belajar Data Science (Photo by NEXT Academy From Unsplash)

Untuk kamu yang memiliki dana lebih dan menginginkan fasilitas yang lengkap, sistem belajar yang mudah dipahami serta pengajaran oleh tutor-tutor profesional kamu bisa mendaftar bootcamp atau kursus online data science. Salah satu bootcamp online yang dapat kamu ikuti untuk mendapatkan fasilitas terlengkap dengan harga terjangkau adalah bootcamp Data Science dari Digital Skola. Tidak hanya memiliki kurikulum berbasis industri serta metode belajar berbasis praktik, kamu juga akan mendapatkan fasilitas magang dan penyaluran kerja. Berikut outline materi yang akan kamu pelajari:

  • Data Science Methodology
  • SQL
  • Python
  • Numpy
  • Statistics
  • Data Visualization
  • Git & Version Control System
  • Dataframe
  • Machine Learning

Di kelas Digital Skola juga akan dibimbing oleh mentor expert yang merupakan praktisi ahli dengan pengalaman minimal 2 tahun di bidangnya untuk menyusun portfolio yang nantinya akan memperkuat profilmu di bidang data science. Berikut beberapa contoh portfolio alumni Digital Skola:

Berbagai fasilitas dan kurikulum ini tidak hanya akan membantumu menguasai ilmu data science, tapi juga membuka jalanmu menuju karier impian sebagai data scientist profesional. Ingin tahu lebih banyak soal program ini? Klik link di bawah.

chat