Materi Lengkap Data Science Kursus Untuk Pemula

digitalskola

digitalskola

8 Maret 2023

Data science kursus saat ini banyak diminati oleh talenta digital yang tertarik untuk berkarier di bidang data science. Apalagi, saat ini sudah semakin banyak penerapan data science di kehidupan sehari-hari yang tentunya banyak membawa manfaat seperti rekomendasi aplikasi, fitur spam di email, hingga asisten virtual di smartphone Android atau iOS. Semakin banyaknya adopsi ilmu data science di berbagai bidang ini juga membuat banyak perusahaan di berbagai industri yang membutuhkan sosok ahli di bidang data science. 

Perkembangan big data menjadi salah satu faktor profesi di bidang data science terus meningkat karena perusahaan membutuhkan sosok yang bisa mengolah banyak data tersebut menjadi insight yang bermanfaat bagi bisnis. Oleh karena itu, selama data terus berkembang profesi di bidang data science juga akan terus meningkat kebutuhannya (Sumber: 365 Data Science). Hal ini juga diperkuat dengan hasil riset dari US Bureau of Labor Statistics yang menyatakan bahwa kebutuhan akan profesi data science akan mengalami peningkatan hingga 36% dari tahun 2021 hingga 2023.

Jika tertarik untuk mengambil kesempatan dari tingginya permintaan akan data science, alangkah baiknya kamu mengikuti data science kursus yang memberikan materi lengkap dan cocok untuk pemula. Simak artikel ini untuk tahu materi data science kursus yang harus kamu pelajari! 

Materi Data Science Kursus

Jangan sembarang memilih data science kursus, kamu harus memastikan data science kursus yang dipilih memberikan kurikulum sesuai kebutuhan industri dan materi yang cocok untuk pemula. Setidaknya data science kursus yang kamu ikuti harus memberikan beberapa materi penting, diantaranya: 

Pengetahuan Dasar Data Science 

Tentunya sebelum mempelajari lebih dalam mengenai ilmu data science, kamu harus memahami pengetahuan dasar data science terlebih dulu. Kamu harus memahami pengertian data science, modelling, evaluasi model, deployment, hingga cara kerja seorang data scientist. Tak hanya itu, alangkah baiknya kamu juga harus mengetahui rata-rata gaji, prospek karier, hingga berbagai job platform yang banyak menyediakan lowongan kerja untuk data scientist.

Baca juga: Lowongan Kerja Data Scientist, Masih Menjanjikan Kah?

Materi Data Science Kursus: SQL

SQL digunakan oleh data scientist untuk menyelidiki, mengidentifikasi, memvisualisasikan, serta mengetahui bentuk dataset. Dengan mempelajari SQL kamu akan memiliki pemahaman yang kuat mengenai data relasional dan dasar-dasar data science lainnya. Setidaknya kamu harus mendapatkan materi mengenai SQL di data science kursus yang meliputi:

  1. Data, database, data lifecycle
  2. SQL, DBMS, Google Collabs 
  3. Command dasar dalam SQL seperti create, delete, insert, dan lain sebagainya
  4. Data functions, keys, subquery
  5. Cara ekspor dan impor data

Pemrograman

Pemrograman merupakan materi data science kursus yang wajib kamu dapatkan. Setidaknya kamu harus mempelajari mengenai condition, iteration, function, array dan berbagai tipe data lainnya. Selain itu, sebagai seorang data scientist kamu juga harus menguasai bahasa pemrograman Python untuk melakukan analisis data agar bisa memberikan informasi yang bisa dimanfaatkan untuk evaluasi kinerja dalam bisnis. 

Statistika

Data science merupakan gabungan dari bidang keilmuan matematika, pemrograman, dan statistika. Oleh karena itu, saat belajar data science kamu harus mendapatkan materi statistika seperti tipe data pada statistika, correlation, causality, statistical plot, dan lain sebagainya

Visualisasi Data

Visualisasi data memudahkan data scientist untuk menemukan berbagai pola yang ada dalam data hingga membantu membaca data dengan lebih akurat. Oleh karena itu, kamu harus menguasai dasar-dasar visualisasi data, melakukan simple plot dengan Pandas, membuat single plot dan subplot dengan Matplotlib, hingga mempelajari annotation, axis, dan legend. 

Machine Learning

Machine learning adalah salah satu cabang artificial intelligence yang juga menjadi bagian dari ilmu data science. Ada beberapa materi mengenai machine learning yang harus kamu dapatkan jika mengikuti data science kursus, diantaranya:

  1. Teori-teori dan pendekatan machine learning, data mining, dan cara membuat pattern
  2. Classification beserta metode-metodenya seperti K-NN, decision tree, multiclass, dan lain sebagainya.
  3. Regression, decision tree, evaluation metrics, dan model validation
  4. K-Means, DB scan dan hierarchical clustering
  5. Evaluation metrics dan model selection
  6. Standardisasi, normalisasi, dan split data
  7. Model-model machine learning
  8. Mengenal HTML, Flask, dan model machine learning API

Dataframe

Dataframe merupakan tabel atau data tabular dengan yang merupakan cara paling standar untuk menyimpan data. Untuk bisa menggunakan dataframe kamu harus mempelajari: 

  1. Dasar-dasar dataframe menggunakan Pandas
  2. Sorting, filtering, grouping, dan lain sebagainya
  3. Merging dataframe, melting table, dan lambda functions
  4. Melakukan indexing di dataframe

Rekomendasi Data Science Kursus Materi Terlengkap

Tidak banyak data science kursus yang memberikan kamu materi yang sesuai kebutuhan industri. Namun, ada satu rekomendasi data science kursus dengan materi terlengkap sesuai industri yaitu Bootcamp Data Science Digital Skola. Fakta menariknya, Digital Skola saat ini sudah tersertifikasi Education Alliance Finland (EAF) yang artinya kurikulum Digital Skola sudah terstandarisasi kualitas dunia sesuai dengan kebutuhan industri. Selain materi yang lengkap, kamu juga akan dapat banyak fasilitas yang menguntungkan, diantaranya: 

  1. Pembelajaran live interactive + self learning
  2. Waktu belajar lebih fleksibel
  3. Sesi Konsultasi Unlimited
  4. Real Experience Internship
  5. Comprehensive Learning Module
  6. Job connector
  7. Portofolio end to end
  8. 6 mini projects
  9. Data enthusiast community

Penasaran ingin tau lebih lengkap mengenai fasilitas dan materi yang akan kamu dapat? Klik button di bawah ini! 

chat