10 Fungsi Penting Excel untuk Data Analyst

digitalskola

digitalskola

4 Mei 2021

Excel untuk Data Analyst
10 Fungsi-fungsi Excel untuk Data Analyst (Foto: Freepik)

Excel menjadi sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh berbagai bidang pekerjaan, tidak terkecuali data analyst. Jika kamu adalah seorang data analyst atau sedang menuju karier sebagai data analyst, sangat penting untuk mengetahui fungsi-fungsi ‘sakti’ dalam Excel yang dapat digunakan untuk melakukan analisis data. Maka dari itu, kamu wajib mengetahui beberapa fungsi Excel untuk data analyst di bawah ini.

Kegunaan Excel Untuk Data Analyst

Sebelum membahas mengenai rumus Excel yang banyak digunakan oleh data analyst, kamu perlu mengetahui dulu kegunaan Excel untuk data analyst. Berikut beberapa kegunaan Excel untuk data analyst:

Fungsi Excel Untuk Tugas Sehari-hari Data Analyst

Kegunaan paling utama Excel untuk data analyst adalah membantu melakukan tugas sehari-hari seperti menghitung rata-rata, menjumlah rentang sel, dan lain sebagainya. Kini di Excel ada lebih dari 400 fungsi bawaan yang bisa digunakan data analyst untuk mempermudah proses analisis data sesuai dengan kebutuhannya. Menariknya, jika dibandingkan dengan tools sejenis lain seperti R atau Google Sheets, tools Excel tergolong paling mudah digunakan untuk data analyst mengolah dataset. 

Memudahkan Proses Analisis

Kegunaan selanjutnya adalah Excel membantu data analyst dalam proses analisis data supaya lebih efektif dan efisien. Excel memiliki banyak fitur yang bisa menyederhanakan proses analisis data contohnya fitur Pivot Table yang digunakan untuk menganalisis dan meringkas data dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu, fungsi ini juga memiliki banyak manfaat lain bagi para data analyst seperti:

  • Pengelompokkan data berdasarkan kategori
  • Menyaring data yang ingin ditampilkan
  • Merangkum data di berbagai perhitungan dan rumus
  • Visualisasi data dengan pivot chart atau grafik

Visualisasi Data

Excel juga bisa membantu data analyst untuk mengubah data yang sudah dianalisis menjadi visualisasi yang bisa disajikan dalam berbagai bentuk supaya bisa mudah dipahami oleh orang-orang yang membutuhkan. Ada banyak pilihan grafik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan visualisasi data seperti:

  • Grafik batang
  • Grafik balok
  • Grafik garis
  • Grafik area
  • Grafik pie
  • Scatter plot 

Otomatisasi Perhitungan 

Excel memiliki fungsi Macro yang bisa mengotomatisasi perhitungan dengan lebih cepat. Marco berisi command yang fungsinya digunakan untuk melakukan tugas yang berulang atau repetitif. Menggunakan fungsi ini, data analyst akan bisa bekerja secara efektif dan tidak perlu melakukan tugas-tugas yang sifatnya berulang. 

Proses Transform dan Cleaning Data Lebih cepat

Sebagai data analyst, pasti kamu akan banyak bersinggungan dengan data yang formatnya masih belum rapih atau unstructured data. Oleh karena itu, sebelum menggunakan data-data tersebut kamu harus melakukan cleaning data dan transform data yang biasanya memakan waktu banyak. Namun, dengan Excel kamu bisa melakukan cleaning dan transformasi data secara lebih efektif dan efisien. Di Microsoft Excel ada banyak fungsi yang biasa digunakan untuk transform dan cleaning data. 

Fungsi-fungsi Excel untuk Data Analyst

Fungsi Sort

Seorang data analyst sering bekerja dengan data berjumlah sangat besar. Untuk memudahkan pengolahan data, salah satu langkah awal yang biasa dilakukan adalah menyortirnya menjadi beberapa kategori atau tipe tertentu. Bila kamu melakukan penyortiran secara manual, kamu bisa membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan tahunan untuk menyelesaikannya.

Untuk memudahkan proses ini, kamu dapat menggunakan Excel dengan cara di bawah:

  1. Pilih satu cell dalam kolom yang berisikan data yang ingin kamu sortir
  2. Pilih tombol Home
  3. Dalam kelompok Editing, tekan tombol Sort and Filtering dan pilih perintah yang kamu inginkan
  4. Kamu juga bisa menggunakan pintasan ALT + H + S.

Fungsi Filter

Fungsi filter dalam Excel dapat memberikan kemudahan dan efisiensi yang sangat besar pada proses pengolahan datamu. Dengan fitur ini, kamu bisa menggolongkan data menjadi berbagai macam subgroup yang kamu butuhkan. Fitur ini dapat membuatmu fokus menemukan informasi yang relevan dan kamu butuhkan. Untuk mengaplikasikannya, ikuti langkah di bawah:

  1. Klik cell manapun di Spreadsheet
  2. Pilih tombol Home
  3. Dalam kelompok Editing, tekan tombol Sort and Filtering dan pilih tombol Filtering
  4. Akan muncul menu drop-down yang berisi berbagai pilihan penyortiran atau filter
  5. Kamu juga bisa menggunakan pintasan ALT + H + S + F.

SUMIF Function

Fungsi SUMIF adalah salah satu fungsi utama dan paling penting dalan Excel. Fungsi ini hampir selalu digunakan dalam proses analisis data. Fungsi SUMIF membantumu untuk mendapatkan jumlah rentang melalui penyebutan kriteria tertentu. Untuk mendapatkan hasil yang sama pada lebih dari satu kondisi, kamu bisa berganti dengan fungsi SUMIFs.

Pivot Tables

Salah satu fungsi paling penting dalam Excel yang wajib dikuasai oleh data analyst adalah Pivot Table. Fungsi ini akan membantumu membuat ringkasan dan analisis data dalam jumlah besar secara cepat ke dalam daftar dan tabel. Kamu bisa memilih dan memindahkan kolom tertentu ke berbagai row, kolom, atau berbagai lokasi lainnya. Untuk membuat sebuah pivot, kamu bisa menggunakan shortcut ALT + N + V + C.

Formula Teks

Fungsi formula teks atau text formulas sangat berguna untuk membantumu mengekstrak sebagian data yang kamu inginkan dari banyaknya data yang tersedia. Formula teks sangat beragam dan sangat banyak jumlahnya. Kamu tidak perlu menghapal dan menguasai semuanya. Setidaknya, kuasailah formula-formula dasar seperti LEFT, RIGHT, LEN, SUBSTITUTE dan sebagainya.

IF

Fungsi IF juga menjadi salah satu fungsi yang paling banyak digunakan dalam Excel. Fungsi ini membantumu mendapatkan keputusan yang benar berdasarkan riset data yang sedang dilakukan. Untuk menghasilkan sebuah keputusan yang benar, pastikan kamu memasukkan formula IF yang benar pula. Oleh sebab fungsi IF adalah fungsi yang banyak digunakan, telah banyak juga tutorial di internet yang dapat kamu gunakan.

Chart

Data analyst bekerja dengan angka, dan banyaknya angka tentu membuat sebuah data menjadi sukar dibaca dan bisa jadi membingungkan. Dengan bantuan Chart, kamu bisa memvisualisasikan temuan secara lebih ringkas dan mudah dipahami. Chart dapat menyederhanakan data dan membuatnya menjadi lebih presentatif. Excel memiliki berbagai macam pilihan Chart yang cocok untuk tiap jenis data. Karena itu, pastikan kamu memilih Chart yang paling cocok agar dapat menampilkan data dengan lebih jelas. 

CEILING

Fungsi Excel CEILING digunakan oleh data analyst untuk membulatkan angka-angka atau nilai yang memiliki kelipatan sepuluh ke atas. Berikut rumusnya:

=CEILING(number;significance)

Number di sini adalah angka yang ada pada sel yang ingin dibulatkan, sedangkan significance adalah jumlah pembulatan yang kamu inginkan misalnya 100, 1000, 10000 dan seterusnya.

ROUND

Selanjutnya fungsi Excel Round yang biasanya digunakan data analyst untuk merubah nilai berupa angka desimal ke angka yang nilainya bulat. Berikut rumusnya:

=ROUND(number; num_digits)

Jumlah digital yang dimasukan bisa berupa angka 0,1,2,3 dan seterusnya tergantung banyak angka yang ada di belakang koma. 

PRODUCT

Fungsi Excel PRODUCT biasanya digunakan data analyst untuk melakukan perkalian pada data yang ada di suatu range, berikut rumusnya:

=PRODUCT(numb1_numb2)

PROPER

Fungsi Excel PROPER digunakan data analyst untuk mengubah huruf pertama yang ada pada teks menjadi huruf kapital. Jika data analyst menerima data dengan penulisan ‘data penjualan tahunan’ maka data analyst bisa menggunakan rumus:

=PROPER(A2) 

Untuk menghasilkan tulisan ‘Data Penjualan Tahunan’

Belajar Data Analysis dari Nol

Jika kamu ingin mempelajari lebih banyak skill terkait analisis data kamu bisa belajar di kelas Bootcamp Data Science Digital Skola. Dengan mengikuti program ini, kamu akan siap berkarier sebagai data analyst dengan belajar secara intensif 3 bulan menggunakan metode blended learning, materi end-to-end dilengkapi dengan real experience internship, portofolio, persiapan karier & job connector.

Klik link di bawah ini buat info lengkap kelas serta pendaftarannya, ya!

Artikel Rekomendasi