Ingin S2 Data Science? Ini 5 Pilihan Kampus Terbaik!

digitalskola

digitalskola

10 Desember 2023

Prospek karier data scientist kini kian menjanjikan, apalagi di era digital ketika hampir semua sektor bisnis membutuhkan praktisi data yang bisa mengolah data mentah mereka menjadi insight yang bermanfaat. Menariknya, tak hanya perusahaan yang bergerak di bidang IT atau teknologi saja, tapi data scientist kini juga jadi incaran banyak perusahaan di berbagai sektor seperti keuangan, kesehatan, pendidikan, bahkan hingga industri minyak dan gas. Tak heran, ini banyak orang yang juga mulai mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan S2 data science untuk menggapai impian kariernya di bidang data science. 

Jika diibaratkan, data scientist adalah seorang pengemudi utama yang ada di balik kendali teknologi pengolahan data di suatu perusahaan. Tanggung jawab seorang data scientist juga sangat luas diantaranya:

  • Mengumpulkan, memproses, dan membersihkan data yang dimiliki perusahaan
  • Menganalisis data yang ada dan mencari hal-hal menarik dari data tersebut
  • Merancang, membangun, dan menerapkan model machine learning yang bisa mengoptimasi teknik pengumpulan data
  • Mengambil keputusan atau insight dari data
  • Memberikan rekomendasi kepada bisnis berdasarkan insight dari data yang diperoleh

Jika disimpulkan, data scientist bertugas untuk mengolah data yang ada di perusahaan untuk diubah menjadi insight yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan bisnis. Jika kamu saat ini tertarik untuk berkarier sebagai data scientist dan penasaran ingin tahu universitas di Indonesia yang menyediakan jenjang pendidikan S2 data science untuk menunjang karier kamu di bidang data, maka simak artikel ini sampai akhir!

BACA JUGA: Proses Kerja Data Scientist – Penjelasannya bagi Pemula

Alasan Melanjutkan Kuliah S2 Data Science

Sebelum mengetahui universitas yang ada pilihan studi S2 data science, kamu harus mengetahui dulu beberapa alasan banyak orang yang tertarik untuk mengambil S2 data science.  Berikut diantaranya:

Kesempatan Memperluas Karier 

Alasan paling umum orang melanjutkan kuliah S2 data science adalah untuk memperluas karier. Biasanya di perusahaan tertentu ada persyaratan pendidikan magister untuk bisa mendapatkan posisi atau jabatan yang lebih tinggi. Bahkan, jika kamu ingin ada di posisi manajerial umumnya perusahaan akan menjadikan gelar S2 sebagai syarat minimal karena dianggapnya lulusan S2 data science memiliki kemampuan praktikal yang lebih baik serta wawasan yang lebih mendalam. Tentunya, selain mendapatkan jabatan yang lebih tinggi, kamu juga akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Meningkatkan Profesionalitas

Dengan menempuh pendidikan S2 data science, kamu akan mendapatkan pembelajaran, kemampuan, serta pengalaman yang lebih profesional. Nantinya peningkatan profesionalitas yang didapatkan dari jenjang S2 data science ini juga akan membuat kamu merasa lebih percaya diri menghadapi tuntutan pekerjaan yang kompleks dan tantangan profesional.

Mengembangkan Keahlian Praktikal

Jika umumnya di program sarjana kamu lebih banyak belajar mata kuliah dasar, di program pascasarjana kamu akan belajar banyak konsep yang lebih terspesialisasi khususnya di bidang data science. Bahkan, biasanya di S2 data science kamu akan lebih banyak mengaplikasikan teori-teori yang dipelajari dalam konteks praktis. Selain itu, S2 data science juga akan fokus mengasah kemampuan kamu dalam memecahkan masalah, persuasi, analisis, dan riset.

Menjadi Akademisi di Bidang Data

Bagi sebagian orang, merintis karier menjadi akademisi jadi pilihan menarik bagi seseorang yang menyukai dunia pendidikan, khususnya dunia pendidikan di bidang data. Ada beberapa peluang akademisi yang bisa diraih mulai dari menjadi dosen, guru besar, ilmuwan di bidang data, hingga menjadi peneliti atau periset. Perlu diketahui untuk bisa menjadi akademisi kamu memang diwajibkan untuk mengambil jenjang pendidikan S2 hingga S3.

Mempelajari Bidang Sesuai Keinginan

Jika saat S1 ada banyak mata kuliah wajib yang harus diambil, hal ini tidak berlaku saat kamu memutuskan untuk lanjut kuliah S2 data science. Pasalnya, di jenjang S2 data science kamu bisa memilih kelas sesuai dengan minat. Jika ada mata kuliah wajib, biasanya kamu hanya perlu mengambil satu per semester.

Memperluas Networking

Menariknya, jika kamu mengambil pendidikan S2 data science, kamu akan memiliki kesempatan untuk bertemu lebih banyak orang dengan latar belakang yang sangat beragam dibandingkan saat kuliah jenjang S1. Pastinya nanti kamu akan berada di kelompok yang sama untuk mengerjakan proyek tertentu dan koneksi dengan sesama mahasiswa akan terjalin dan bisa jadi akan membantu memuluskan jalan kamu dalam menempuh karier.

Menambah Gelar

Ada banyak orang yang melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 karena ingin menambah gelang di belakang nama. Dengan gelar yang semakin bertambah, biasanya di dunia profesional kita juga akan lebih disegani oleh orang lain. Secara tidak langsung dengan melanjutkan pendidikan S2 kita akan jadi lebih percaya diri.

BACA JUGA: Peran Data Science di Industri Finance: Study Case Kredivo

5 Top Universitas di Dunia Untuk Belajar Data Science 

Setelah mengetahui alasan menempuh jenjang pendidikan S2 data science, kini kamu harus tau juga universitas terbaik untuk belajar data science:

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) jadi universitas dengan jurusan data science terbaik di dunia. Di jurusan data science MIT kamu akan mempelajari mengenai ilmu data, analitik, hingga machine learning di masa kini dan di masa yang akan mendatang sehingga lulusannya bisa bersaing di industri mana pun di seluruh dunia. Menariknya lagi, di MIT tersedia program MicroMasters yaitu program yang membahas dasar-dasar probabilitas dan statistik serta mempelajari, menerapkan, dan bereksperimen dengan teknik analisis data hingga algoritma machine learning. 

Carnegie Mellon University

Selanjutnya ada Universitas Carnegie Mellon. Universitas ini memiliki program data science yang dirancang untuk mahasiswa yang ingin mempelajari lebih banyak mengenai berbagai aspek ilmu data. Di sini kamu bisa memperluas pengetahuan data science mulai dari bahasa pemrograman modern, pemodelan matematika dan komputasi, hingga teknik machine learning dan visualisasi informasi. 

University of California, Berkeley (UCB)

University of California, Berkeley (UCB) memiliki departemen data science yang sudah didirikan sejak tahun 2019. Jurusan data science di UCB menawarkan mahasiswa untuk mengeksplorasi bidang data science dan berkolaborasi dengan para pengajar di berbagai universitas.  Bahkan, UCB juga memberi mahasiswa pengetahuan teknis yang sangat mendalam serta keahlian penerapan data science di bidang yang akan dipilih. 

Harvard University

Universitas terbaik selanjutnya untuk belajar data science adalah Harvard University, program data science di universitas ini akan mempelajari mengenai:

  • Pemodelan statistik
  • Machine learning
  • Optimasi data
  • Manajemen dan analisis big data
  • Akuisisi data

Program ini juga akan berfokus pada topik-topik serta analisis data yang bisa direproduksi, pemecahan masalah kolaboratif, visualisasi dan komunikasi, serta masalah keamanan dan isu etika yang muncul dalam dunia data science. 

Carnegie Mellon University

Program data science di universitas ini dirancang untuk mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai berbagai aspek ilmu data. Mahasiswa bisa memperluas pengetahuan data science dengan mempelajari:

  • Bahasa pemrograman modern
  • Pemodelan matematika dan komputasi
  • Metode komputasi seperti komputasi paralel
  • Teknik pembelajaran mesin 
  • Visualisasi informasi
  • Perangkat lunak modern

S2 Data Science: Pilihan Universitas

Setelah mengetahui skill yang dibutuhkan untuk jadi data scientist, sekarang waktunya kamu untuk mencari tahu pilihan S2 data science. Pastikan kamu memilih universitas dan jurusan yang sesuai dengan karier yang kamu impikan, ya! Berikut beberapa pilihan universitas yang memiliki pilihan S2 data science: 

S2 Data Science: Magister Inovasi Regional Konsentrasi Data Sains – Universitas Padjadjaran

Pilihan pertama adalah S2 data science dari Universitas Padjajaran yaitu Magister Inovasi Regional Konsentrasi Data Sains. Di program studi ini kamu akan dibekali sikap, pengetahuan, hingga keterampilan yang inovatif serta unggul dalam menerapkan konsep dan teknologi data sains baik untuk kepentingan publik atau kepentingan private. Mengutip dari website resmi Universitas Padjadjaran, ada beberapa profil lulusan dari program studi ini, diantaranya:

  • Inovator Pembangunan berbasis data sains
  • Perencana Pembangunan berbasis data sains
  • Manajer Pembangunan berbasis data sains
  • Akademisi

Berikut gambaran kurikulum yang akan kamu dapatkan di program studi ini:

Kurikulum S2 Data Science UNPAD
          Kurikulum S2 Data Science UNPAD (Source: Universitas Padjadjaran)

S2 Data Science: Magister Sains Data – Universitas Kristen Satya Wacana

Pilihan selanjutnya S2 data science dari Universitas Kristen Satya Wacana. Di magister sains data UKSW ini kamu akan banyak berkolaborasi dengan dunia industri dengan platform yang mendukung kamu untuk mengembangkan potensi pada pengolahan big data. Program studi ini juga bertujuan untuk untuk menghasilkan produk dari kolaborasi dengan berbagai bidang terutama untuk komputasi dan analisis big data yang berkembang pada dunia industri, media sosial, laboratorium riset dan perusahaan seperti Google, AWS, Tokopedia, Facebook.

Mengutip dari website resmi Universitas Kristen Satya Wacana, biaya kuliah Magister Sains Data di UKSW cukup terjangkau dibandingkan institusi lain dengan kompetensi tinggi untuk mahasiswa. Biaya kuliah berkisar antara 30 juta rupiah dalam 2 tahun. 

S2 Data Science: Magister Ilmu Komputer Manajemen Informasi – Universitas Gadjah Mada 

Selanjutnya S2 data science dari Universitas Gadjah Mada. Program studi Magister Ilmu Komputer Manajemen Informasi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga handal dalam bidang penanganan data science. Lulusan ini nantinya akan memperoleh gelar Master of Computer Science disingkat M.Cs. Berikut gambaran mata kuliah wajib yang akan kamu dapatkan di program studi ini:

Kurikulum S2 Data Science UGM
          Kurikulum S2 Data Science UGM (Source: Universitas Gadjah Mada)

Lalu, berikut gambaran mata kuliah wajib minat yang akan kamu dapatkan di program studi ini:

Kurikulum S2 Data Science UGM
          Kurikulum S2 Data Science UGM (Source: Universitas Gadjah Mada)

Terakhir, berikut gambaran mata kuliah pilihan yang akan kamu dapatkan di program studi ini:

Kurikulum SS2 Data Science UGM
          Kurikulum S2 Data Science UGM (Source: Universitas Gadjah Mada)

S2 Data Science: Magister Sains Komputasi – Institut Teknologi Bandung

Selanjutnya S2 data science dari Institut Teknologi Bandung. Mengutip dari website resminya, Magister Sains Komputasi di ITB akan membekali lulusannya dengan:

  • Kemampuan memahami dan mengembangkan pemodelan serta simulasi permasalahan yang muncul dalam bidang sains dasar, terapan dan matematika
  • Kemampuan memilih dan menggunakan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar sains yang diperlukan dalam pemodelan dan simulasi fenomena alam dalam memecahkan masalah dan menemukan hal baru
  • Kemampuan melakukan pendekatan interdisiplin dalam pencarian solusi permasalahan dalam sains, teknologi dan matematika
  • Kemampuan menggunakan konsep dan metoda optimasi dalam pencarian solusi
  • Kemampuan memahami dan membangun algoritma yang efisien
  • Kemampuan membangun data relasi, data mining dan interpretasi data dalam masalah data-data besar
  • Kemampuan melakukan pengembangan sains, teknik, ilmu komputer atau bidang matematika yang dipilihnya. Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim dengan berbagai latar belakang keilmuan dan keahlian
  • Kemampuan untuk mengembangkan diri dalam kelompok-kerja lewat komunikasi yang efektif, pembelajaran seumur hidup, dan peningkatan keterampilan menggunakan perangkat keras dan lunak yang terus berkembang

Nantinya, setelah lulus dari program ini, kamu bisa berpeluang untuk berkarier di berbagai bidang seperti: 

  • Asuransi
  • Perbankan dan keuangan
  • Teknologi informasi
  • Telekomunikasi
  • Industri otomotif
  • Industri farmasi dan kimia
  • Industri minyak dan gas

Selain itu, mengutip dari website resminya, tenaga kerja tradisional untuk lulusan program ini juga ada di bidang penelitian dan pengembangan (baik di universitas maupun pusat penelitian). Berikut gambaran mata kuliah wajib yang akan kamu dapatkan di program studi ini:

Kurikulum S2 Data Science ITB
          Kurikulum S2 Data Science ITB (Source: Institut Teknologi Bandung)
          Kurikulum S2 Data Science ITB (Source: Institut Teknologi Bandung)

S2 Data Science: Magister Statistika dan Sains Data – Institut Pertanian Bogor

Terakhir, S2 data science di Institut Pertanian Bogor. Mengutip dari website resminya, Magister Statistika dan Sains Data dari Institut Pertanian Bogor nantinya setelah lulus akan ahli statistika yang mampu:

  • Menyusun rancangan praktis analisis data menggunakan teknik statistika 
  • Mengelola analisis data terpadu
  • Menguasai pengetahuan statistika untuk menyusun rancangan dalam memecahkan masalah pengumpulan data dan analisis kuantitatif serta mengelola pelaksanaannya

Belajar Data Science dari Nol Tanpa Latar Belakang IT

Jika kamu saat ini tidak memiliki latar belakang pendidikan IT dan tertarik untuk berkarier di bidang data science, kamu bisa mengambil jalur alternatif dengan mengikuti pelatihan dari Digital Skola yaitu Bootcamp Data Science. Di pelatihan data science Digital Skola ini kamu akan belajar skill Data Science terupdate sesuai kebutuhan industri bersama para tutor expert. Tidak kalah dengan pendidikan formal data science, di pelatihan ini juga kamu akan dapat kurikulum komprehensif sesuai kebutuhan industri, diantaranya:

  • Data Science Methodology
  • Programming with Python
  • Analytics with Numpy
  • Statistics
  • Data Visualization
  • SQL
  • Git & Version Control System
  • Dataframe
  • Machine Learning

Kelas ini cocok untuk pemula dan bisa diikuti oleh siapa saja tanpa latar belakang IT sekalipun. Selain dapat kurikulum sesuai kebutuhan industri, kamu juga akan dapat fasilitas lengkap seperti: 

  • Job connector
  • Sertifikasi BNSP
  • Real Experience Internship
  • 6 personal projects
  • 1 portofolio end to end dari Final Project
  • Professional Branding
  • 1on1 career counseling with HR Expert

Klik link di bawah ini buat info lengkap kelas serta pendaftarannya, ya!

chat