Apa Itu Artikel Blog: Definisi hingga Prospek Karier

digitalskola

digitalskola

2 Agustus 2023

Apa itu artikel blog? Artikel blog adalah tulisan yang berisi berita, panduan, atau informasi tertentu yang diterbitkan di blog yaitu website berupa media online yang berisi konten dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto, hingga video yang dikelola seorang blogger atau perusahaan. Biasanya, topik yang ditampilkan di blog juga ada berbagai macam mulai dari teknologi, pendidikan, kuliner, hingga lifestyle. Topik yang ditulis di blog juga bergantung pada niche perusahaan atau blogger itu sendiri. 

Jika dulu orang lebih familiar dengan blogger yang dikelola perseorangan seperti Iwan Banaran, Sugeng Riyadi, Sasyachi, dan lain sebagainya, kini blog juga digunakan oleh perusahaan untuk membantu publikasi, branding, hingga mempromosikan produk yang dijual perusahaan. Bahkan, kini 55% marketer memprioritaskan pembuatan blog untuk memaksimalkan strategi digital marketing perusahaan (Sumber: HubSpot). Jika kamu saat ini tertarik untuk mencari tahu lebih banyak mengenai apa itu artikel blog hingga prospek karier dari menulis artikel blog, simak artikel ini sampai akhir!

Baca juga: Belajar Formula Copy Writing Menarik Ala Apple

Apa itu Artikel Blog: Prospek Sebagai Blogger

Mengutip dari Qwords, ‘Demam blog’ mulai viral di Indonesia sejak tahun 1998. Menariknya, blogging bukan cuman jadi hobi buat yang suka nulis, tapi juga jadi ladang untuk mencari pendapatan. Walaupun kini ‘Demam blog’ sudah tidak seramai dulu, tapi Blog masih terbukti menjadi wadah untuk menghasilkan pendapatan dari menulis. Hasil survey dari HubSpot juga menemukan fakta bahwa 60% orang masih baca blog minimal 1 kali dalam 1 minggu. 

Pendapatan yang bisa dihasilkan dari blog juga masih sangat menggiurkan, 5 blog populer dunia mulai dari Perezhilton hingga Huffington Post memiliki traffic revenue sekitar 4.3 sampai 22.5 miliar rupiah/bulan. Salah satu blogger Indonesia yaitu Tsaqib Ahsan juga membagikan ceritanya di Quora mengenai perkembangan blognya selama kurun waktu Januari 2022 – Maret 2023 ia berhasil menghasilkan kurang lebih 59jt dengan monetize blog dan menggunakan adsense, affiliate, hingga membership.

Sebenarnya, jika kita lihat dari manfaatnya. Selain mendapatkan uang, ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan menulis artikel blog, diantaranya: 

Media Menulis

Manfaat utama dari menulis blog adalah kamu memiliki media untuk menulis atau menyampaikan berbagai ide serta pemikiran dalam bentuk tulisan. Bahkan, artikel blog juga bisa jadi wadah untuk kamu menyalurkan hobi. Misalnya, kamu memiliki ketertarikan di dunia beauty maka kamu bisa menggunakan blog untuk membuat berbagai review mengenai skincare, makeup, dan lain sebagainya. Salah satu contoh blogger yang menyalurkan hobinya melalui tulisan di blog adalah Iwan Banaran yaitu seorang blogger yang suka menulis topik seputar otomotif. Sejak tahun 2009 sampai saat ini Iwan Banaran masih konsisten menulis seputar otomotif mulai dari membandingkan motor, review, hingga berbagai tips modifikasi kendaraan. 

Portofolio Online

Manfaat lain dari menulis blog adalah sebagai portofolio online. Dengan menulis artikel di blog, kamu bisa memperlihatkan kualitas tulisan sudah kamu publikasi kepada klien dengan mudah. Semakin banyak tulisan yang sudah kamu publikasi di blog, maka semakin besar juga kemungkinan kamu untuk mendapatkan klien. Ada beberapa contoh portofolio online yang bisa kamu jadikan referensi, diantaranya:

  1. Ashley R. Cummings
  2. Jose Benitez Copywriter
  3. Jennifer Locks Writes
  4. Davina van Buren
  5. Gari Cruze

Berikut tips untuk membuat blog portofolio yang menarik:

  1. Tentukan platform blog yang akan digunakan
  2. Tulis dan pilih karya terbaik yang kamu publikasi di blog
  3. Cantumkan informasi terkait summary diri dan skill yang dikuasai
  4. Beri nama domain dan hosting untuk blog
  5. Buat tampilan blog semenarik mungkin

Baca juga: 5 Formula Copywriting Bikin Tulisan Makin Menarik

Apa itu Artikel Blog: Prospek Sebagai SEO Content Writer

Biasanya di perusahaan yang bertanggung jawab untuk menulis artikel blog adalah SEO content writer. Berbeda dengan content writer dan copywriter, SEO content writer adalah seseorang yang menulis konten berupa artikel sesuai dengan kaidah atau teknik SEO. Para SEO content writer akan menulis artikel untuk blog perusahaan dengan keyword yang potensial. Biasanya tanggung jawab SEO content writer di perusahaan meliputi:

  1. Membuat artikel berkualitas tinggi menggunakan strategi SEO untuk website atau blog
  2. Mencari keyword dengan volume dan traffic yang tinggi
  3. Mengatur jadwal penulisan artikel dan jadwal publikasi artikel
  4.  Mengevaluasi key performance indicator 

Agar artikel bisa tembus ke halaman pertama, SEO content writer harus menerapkan strategi keyword seperti ini:

  • Gunakan tools SEO keyword research seperti Ubersuggest, Google Trends, atau Ahrefs 
  • Pertimbangkan volume saat memilih kata kunci, utamakan keyword dengan volume pencarian yang besar 
  • Gunakan keyword yang difficulty-nya rendah 
  • Gunakan keyword sesuai dengan niche blog 
  • Tentukan keyword sesuai dengan search intent pengguna 
  • Gunakan long-tail keyword dan short tail keyword 

Untuk bisa menjadi SEO content writer di suatu perusahaan, kamu harus memiliki skill berikut ini: 

  • Soft-skills : Manajemen waktu, komunikasi, problem solving, attention to detail 
  • Hard-skills : Memahami kaidah SEO, menulis sesuai keywords, memahami search intent, social media savvy

Jika blog perusahaan yang kamu kelola berhasil tembus ke halaman pertama. Maka akan mendapatkan banyak manfaat seperti: 

Traffic Meningkat

Manfaat utama blog untuk perusahaan adalah membantu meningkatkan traffic website dan traffic toko online secara organik. Bahkan, sebuah studi menunjukan bahwa perusahaan yang memiliki blog di situs website mereka memiliki 55% pengunjung lebih banyak daripada perusahaan yang tidak memiliki blog (Sumber: Wix Blog).

Meningkatkan Penjualan

Kamu bisa menulis mengenai produk atau layanan yang dijual di blog agar audiens bisa memahami produk dan tertariuk untuk membeli produk kamu. Bahkan, blog juga bisa dimanfaatkan untuk mengajak pengunjung halaman untuk terus mengunjungi blog dan membeli setiap produk yang diluncurkan oleh perusahaan. 

Memperkuat Branding

Melalui blog, perusahaan bisa membuat konten yang berisi mengenai perusahaan, produk, dan layanan yang ditawarkan. Dengan begitu, audiens akan lebih mudah mengingat brand kamu. 

Rekomendasi Tempat Belajar Skill Menulis Artikel Blog

Jika kamu ingin mempelajari lebih banyak mengenai cara menulis artikel blog dan mengasah skill untuk jadi SEO content writer, kamu bisa belajar di Digital Writing Camp Digital Skola. Kelas ini cocok untukmu yang ingin berkarier menjadi digital writer baik secara full time maupun freelance. Dalam 8 sesi, kamu akan mendapatkan pelatihan skill dari expert terkait 4 profesi digital writing yakni Copywriter, SEO Content Writer, UX Writer hingga Technical Writer. Berikut bocoran beberapa fasilitas yang akan kamu dapatkan: 

  1. Digital Writer Career Assessment
  2. Digital Writer Expert Mentoring Session
  3. e-Certificate
  4. Template portofolio
  5. Review project and portfolio 1-on-1

Cari tahu info lengkapnya dengan klik button di bawah ini!

Artikel Rekomendasi