Ternyata Ini 5 Cara Kerja SEO!

digitalskola

digitalskola

2 Juni 2023

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian teknik yang dirancang untuk membantu meningkatkan peringkat website di halaman mesin pencarian secara organik (Sumber: Moz). Tentunya, semua orang yang memiliki website atau blog pasti memiliki keinginan yang sama yaitu masuk halaman 1 Google agar bisa membantu traffic situs yang dimiliki. Namun, untuk bisa merealisasikan keinginan tersebut, kamu harus tahu cara kerja SEO agar website atau blog bisa mendapatkan posisi terbaik dan teratas di halaman mesin pencarian seperti Google. 

Tak bisa dipungkiri, saat ini sudah banyak marketing channel lain yang bisa dimaksimalkan untuk melakukan promosi mulai dari Twitter, TikTok, Instagram, bahkan YouTube. Namun, meskipun begitu cara kerja SEO tetap menjadi strategi yang sangat diutamakan oleh bisnis karena bisa membawa berbagai manfaat seperti:

  1. Mempermudah audiens menemukan situs web 
  2. Meningkatkan brand awareness
  3. Investasi jangka panjang untuk bisnis
  4. Membantu meningkatkan nilai konversi dan penjualan

Dalam penerapannya ada tiga jenis cara kerja SEO yang bisa dioptimalkan yaitu:

  1. SEO on-page = Teknik optimasi dalam website dengan cara mengoptimalkan konten dan hal teknis pada halaman website
  2. SEO off-page = Teknik optimasi di luar website dengan cara mengoptimalkan domain authority atau nilai yang diberikan pada website 
  3. Technical SEO = Teknik optimalisasi struktur website 

Tentunya, ada beberapa macam kerja SEO yang dilakukan Google yang perlu kamu ketahui agar pengoptimalan SEO lebih maksimal. Simak lengkapnya di artikel ini!

Ba​​ca juga: Jasa Seo Specialist: Daftar Layanan hingga Tarif

Cara Kerja SEO

Cara Kerja SEO
Cara Kerja SEO (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Google menggunakan perhitungan yang mendalam saat menempatkan sebuah situs di halaman pertama, ada berbagai algoritma dan teknik yang digunakan untuk menyeleksi ribuan situs. Dalam menyeleksi ini, Google menggunakan cara kerja SEO berikut ini:

Cara Kerja SEO: Crawling

Cara kerja SEO yang pertama adalah crawling yaitu proses Google mengambil data pada halaman website milik kamu mulai dari data artikel blog post, homepage, label, hingga halaman statis. Pada tahapan ini Google akan bekerja dari halaman ke halaman lainnya untuk memeriksa setiap link yang ada menggunakan software crawling seperti spider, Google Bot, dan crawler. 

Baca juga: 4 Tips Belajar SEO untuk Pemula, Bikin Cepat Jago!

Cara Kerja SEO: Indexing

Cara kerja SEO selanjutnya adalah indexing, yaitu proses pembuatan indeks dari halaman website yang sudah berhasil melewati proses crawling oleh Google Bot dan disimpan ke sebuah tempat penyimpanan data yaitu database mesin pencari. Dalam teknik SEO kita diwajibkan untuk riset keyword, nah salah satu fungsinya adalah agar saat proses indexing halaman artikel kamu bisa tersimpan mulai dari title tag, deskripsi, hingga komponen isi lainnya di dalam database mesin pencari. 

Cara Kerja SEO: Processing

Tahapan ketiga adalah processing yaitu ketika kamu menggunakan mesin pencarian Google untuk mencari informasi yang sedang dibutuhkan. Pada proses ini Google akan menerima permintaan dari pengguna mesin pencari yang mengetikkan keyword tertentu pada bar pencarian, lalu Google akan memproses keyword tersebut dengan membandingkan keyword ke dalam list permintaan pencarian dengan halaman website yang paling relevan sesuai dengan yang dicari pengguna. 

Cara Kerja SEO: Calculating Relevancy

Cara kerja SEO selanjutnya adalah mengkalkulasi relevansi. Ketika pengguna mesin cari Google mengetikkan keyword tertentu di bar pencarian, maka akan terjadi cara kerja SEO perhitungan relevansi keyword dengan konten website yang sudah tersimpan di database indeks mesin pencari. 

Retrieving Result

Langkah terakhir adalah mengambil hasil yang paling relevan dari keyword dan menampilkannya di satu halaman. Di halaman ini akan terindeks halaman-halaman yang sesuai dengan keyword dan yang paling relevan. Tentunya, setiap mesin pencari akan menggunakan algoritma yang berbeda untuk memproses pencarian dan halaman situs yang relevan. Maka dari itu, kamu harus selalu melakukan update secara berkala agar bisa tetap berada di peringkat pertama mesin pencarian. 

Rekomendasi Pelatihan SEO Untuk Pemula dari Nol

Setelah mengetahui cara kerja SEO, kini saatnya kamu mempelajari cara optimasi SEO secara keseluruhan. Kamu bisa belajar bareng mentor expert dengan kurikulum sesuai kebutuhan industri selama 9 sesi intensif. Kamu juga akan mendapatkan fasilitas:

  1. Google Certification
  2. 2 Portofolio fundamental SEO
  3. Professional branding
  4. SEO expert mentoring

Tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kelas SEO pemula ini? Klik button di bawah!

Tagged:

chat