Facebook Ads Adalah Ads Terbaik Dibanding Google Ads?

digitalskola

digitalskola

22 Juni 2022

Facebook Ads Adalah
                          Facebook Ads Adalah (Photo by Brian Jones on Unsplash)

Salah satu cara untuk melakukan promosi di era digital adalah dengan menggunakan digital advertising. Platform yang paling populer digunakan adalah Google Ads dan Facebook Ads. Google Ads dan Facebook Ads adalah bagian dari strategi digital marketing yang bisa kamu gunakan untuk membantu mempromosikan bisnis kamu dan membantu menarik banyak pelanggan dengan cara mengiklankan produk di platform tersebut.

Digital advertising adalah strategi pemasaran melalui online channel, seperti situs web,  konten streaming, dan masih banyak lagi. Digital advertising terdiri dari berbagai format iklan mulai dari teks, gambar, audio, dan video (Sumber: amazon ads). Digital advertising dapat membantu bisnis untuk mencapai berbagai tujuan seperti membangun kesadaran merek, keterlibatan konsumen, hingga mendorong penjualan secara berulang. 

Keuntungan utama dari digital advertising adalah audience yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang lebih mudah, biaya yang lebih hemat, dan hasilnya bisa terukur. Selain itu, digital advertising juga dapat membantu bisnis meningkatkan loyalitas merek dan mendorong penjualan online (Sumber: NIBUSINESS INFO.CO.UK)

Jika dibandingkan dengan strategi iklan tradisional, digital advertising memiliki lebih banyak keunggulan, mulai dari biaya pemasaran yang lebih rendah dibandingkan iklan tradisional, analisis hasil iklan dapat dilakukan dengan mudah, konten iklan mudah dibagikan, target sesuai sasaran, memiliki jangkauan global, hingga iklan bisa ditargetkan ke pelanggan tertentu. 

Facebook Ads Adalah

Facebook Ads adalah layanan iklan berbayar yang dimiliki oleh platform Facebook. Tak bisa dipungkiri, saat ini Facebook menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer dan banyak digunakan oleh orang dari seluruh penjuru dunia, oleh karena itu Facebook Ads menjadi senjata para digital marketer untuk mengiklankan produk atau jasa di jejaring sosial Facebook. 

Facebook Ads memberikan kemudahan kepada para digital marketer atau pelaku bisnis untuk merancang iklannya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kamu bisa mengatur target pasar berdasarkan jenis kelamin, wilayah geografis, pendidikan, status pernikahan, usia, hobi, dan lain sebagainya. 

Saat kamu memulai untuk mengiklankan produk atau jasa di Facebook Ads, kamu akan melewati tiga tahapan terlebih dahulu, yang pertama kamu harus memilih model iklan, kamu bisa memilih salah satu model iklan diantaranya promote page posts, get more page likes, dan advanced options. Tahapan kedua, kamu harus memilih target iklan, tujuannya supaya iklan bisa lebih tepat sasaran, kamu bisa memilih kategori target iklan yang disediakan oleh Facebook seperti pendidikan, umur, hobi, dll. 

Tahapan terakhir saat kamu beriklan menggunakan Facebook Ads adalah menentukan harga dan jadwal iklan. Di tahapan ini kamu harus memberi nama iklan yang akan ditayangkan, mengatur waktu penayangan, dan menentukan besarnya anggaran iklan per- hari. 

Baca juga: Tips Optimalkan Algoritma Facebook di 2022

Google Ads

Google Ads adalah platform periklanan online berbayar yang disediakan oleh Google. Fakta menariknya, Google Ads dahulu bernama Google AdWords, namun akhirnya pada tahun 2018 berganti nama menjadi Google Ads. Walaupun sempat terjadi perubahan nama, namun layanan yang ditawarkan tetap sama, yaitu pengiklanan membayar per klik (CPC) atau membayar per tayangan atau impresi (CPM).

Jika kamu memilih untuk mengiklankan produk atau jasa menggunakan Google Ads, iklan kamu tidak hanya tayang di mesin pencarian Google, tetapi juga tayang di halaman mesin pencarian (SERP), Youtube, Blog, hingga Google Display Network. Google Ads bisa membantu kamu mendapat pelanggan yang sesuai dengan bantuan fitur yang bisa menargetkan iklan ke audience yang tepat dan sesuai dengan budget yang kamu miliki. 

Jika kamu memutuskan untuk mengiklankan produk atau jasa menggunakan Google Ads, kamu akan melakukan beberapa tahap terlebih dahulu. Pertama kamu harus membuat akun Google Ads, selanjutnya kamu harus menentukan tujuan iklan seperti sales, leads, website traffic, product and brand consideration, brand awareness and reach, app promotion, hingga local store visits and promotion, setelah itu kamu harus memilih jenis tampilan iklan, lengkapi pengaturan dasar iklan, tentukan durasi iklan, pilih jangkauan lokasi dan bahasa, menentukan target audiens, atur anggaran harian untuk iklan, tentukan bidding untuk iklan, atur keyword untuk iklan, membuat iklan, dan terakhir lengkapi detail pembayaran. 

Baca juga: Ternyata Ini 5 Sebab Strategi Digital Marketing Gagal

Sama-sama dapat memberikan keuntungan, lalu mana yang lebih unggul Facebook Ads atau Google Ads? Simak selengkapnya di sini.

Perbedaan Facebook Ads dan Google Ads

Ada banyak perbedaan dari Facebook Ads dan Google Ads, di pembahasan kali ini, kita akan membedah perbedaan dari segi ads targeting-nya.

Targeting

Perbedaan pertama dari Google Ads dan Facebook Ads adalah opsi targeting-nya. Google Ads menargetkan audiens berdasarkan keyword yang dicari, sedangkan Facebook Ads menargetkan audience berdasarkan psikografis seperti status pendidikan, tempat bekerja, dan apa yang disukai oleh audiens.

Selain itu, Google Ads juga memberikan opsi audiens yang sangat beragam mulai dari affinity audience, in-market, hingga opsi custom audiens yang sangat komprehensif. Sedangkan Facebook Ads memiliki keterbatasan karena tidak bisa diintegrasikan dengan sistem analytic mereka. 

Custom Audience

Salah satu perbedaan dari Google Ads dan Facebook Ads adalah fitur custom audience. Custom audience merupakan salah satu kekuatan utama dari digital advertising, dengan bantuan custom audience kamu bisa menentukan audience dari iklan atau campaign berdasarkan kebutuhan bisnis. Google Ads menargetkan audiens berdasarkan email yang diunggah ke Google Ads, sedangkan Facebook Ads menargetkan audiens yang pernah mengunjungi situs web. 

Baca juga: Pentingkah Digital Marketing untuk Bisnis? 

Geo Targeting

Facebook Ads dan Google Ads memiliki kesamaan dalam fitur geo targeting, kamu bisa memilih target audiens berdasarkan lokasi yang diinginkan sesuai dengan bisnis yang kamu miliki. Target lokasi tersebut bisa kamu pilih berdasarkan negara, provinsi, kota, kecamatan, atau bahkan kamu juga bisa menargetkan audiens di radius sekitar bisnis kamu. 

Selain target lokasi, kamu juga bisa memilih beberapa opsi lokasi audiens berdasarkan orang-orang yang sedang tinggal di lokasi tersebut, orang-orang yang baru berada di lokasi tersebut, orang-orang yang bepergian ke lokasi tersebut, hingga orang-orang yang tinggal dan baru ada di lokasi tersebut. 

Demografis

Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads yang bisa kamu pertimbangkan selanjutnya adalah demografis. Penargetan Google Ads lebih terbatas dibandingkan dengan Facebook Ads. Sebaliknya, Facebook Ads menargetkan audiens yang lebih luas dan akurat dibandingkan dengan Google Ads. 

Penargetan demografis di Google Ads memungkinkan kamu untuk menjangkau kumpulan calon pelanggan tertentu, sebagai contoh kamu menjual produk nail art untuk wanita, penargetan demografis Google Ads akan membantu mencegah iklan kamu muncul kepada calon pelanggan yang tidak sesuai seperti pria. 

Sedangkan, penargetan demografis di Facebook Ads akan menampilkan iklan kamu ke orang yang paling mungkin berpendapat bahwa iklan kamu relevan dengan mereka, di Facebook Ads kamu bisa memilih tiga fitur pemilihan pemirsa iklan, mulai dari pemirsa inti yaitu menentukan pemirsa berdasarkan kriteria seperti usia, minat, geografis, dll,  pemirsa khusus yaitu kamu bisa kembali terhubung dengan audiens yang pernah berinteraksi dengan bisnis kamu, dan pemirsa serupa yaitu kamu bisa menjangkau orang baru yang minatnya serupa dengan para pelanggan terbaik bisnismu. 

Placement

Perbedaan terakhir dari Google Ads dan Facebook Ads adalah penempatan iklannya. Untuk Google Ads iklan kamu akan ditampilkan di mesin pencarian, display network, Youtube, Google Play, dan produk Google lainnya. Sedangkan jika kamu menggunakan Facebook Ads, iklan kamu akan ditayangkan di Facebook, Instagram, Messenger, Audience Network, dan produk Facebook lainnya.

Mana yang Harus Dipilih?

Google Ads ataupun Facebook Ads sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Oleh karena itu, kamu bisa menyesuaikan digital advertising berdasarkan kebutuhan dan kemampuan bisnis kamu.

Kamu bisa memulai belajar ilmu digital marketing lebih lengkap dengan ikut bootcamp Mini Bootcamp Digital Ads di Digital Skola, dengan harga terbaik, kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, dan fasilitas penunjang lainnya, kamu akan siap mewujudkan mimpimu menjadi seorang digital marketing andal. Mulai perjalanan kariermu dengan mengklik tombol di bawah ini:

chat