7 Pekerjaan dalam Digital Marketing dan Penjelasannya

digitalskola

digitalskola

20 Januari 2021

pekerjaan dalam Digital Marketing
Ilustrasi tim Digital Marketing. (Foto: Freepik)

Apakah kamu berpikir pekerjaan Digital Marketing dilakukan oleh satu orang saja? Jika iya, maka ada baiknya kamu membaca artikel ini sampai selesai untuk mengubah pemikiran tersebut. Sebab pada kenyataannya, pekerjaan Digital Marketing terdiri dari banyak aspek yang idealnya ditangani oleh beberapa orang. Mulai dari SEO Manager hingga Email Marketing Specialist, Digital Marketing terdiri dari berbagai peran yang saling mendukung aktivitas pemasaran digital perusahaan. Apa saja pekerjaan dalam Digital Marketing? Simak penjelasannya di bawah ini.

Berbagai Pekerjaan dalam Digital Marketing

SEO Manager/ SEO Specialist

SEO Manager adalah orang yang idealnya paling memahami cara kerja search engine, khususnya Google. SEO Manager bertanggung jawab terhadap traffic organik untuk berbagai platform perusahaan, khususnya website. SEO Manager mengemban target untuk meningkatkan ranking website perusahaan di search engine hingga mencapai peringkat teratas sehingga semudah mungkin ditemukan oleh khalayak. Dalam melakukan pekerjaannya, SEO Manager menggunakan berbagai perangkat seperti Google Analytics, Search Console, SEMrush hingga SpyFu.

SEO Manager akan melakukan pengaturan-pengaturan seperti headline, image alt text, dan metadata untuk semua konten digital perusahaan agar mencapai peringkat optimal dalam pencarian suatu keyword. Tidak hanya itu, SEO Manager juga yang akan mencari dan memberikan rekomendasi-rekomendasi mengenai berbagai keyword yang memiliki performa tinggi dalam pencarian search engine serta secara berkala mengevaluasi konten-konten yang sudah ada agar terus mencapai performa yang maksimal.

Social Media Manager

Media sosial adalah tempat orang ‘berkerumun’ saat ini. Oleh karena itu, memiliki anggota tim yang mampu mengajak orang berkumpul di media sosial perusahaan adalah hal yang sangat penting. Social Media Manager menjadi bagian dari tim Digital Marketing yang bertanggung jawab akan hal tersebut. Melakukan pembacaan karakter khalayak perusahaan, merancang, menjadwal dan memproduksi konten menjadi tugas utama dari Social Media Manager. Oleh karena peran Social Media Manager berorientasi pada interaksi khalayak, maka tujuan utama dari peran ini adalah memastikan media sosial perusahaan mendapatkan perhatian dan komunikasi yang aktif dengan khalayaknya.

Pay-per-click (PPC) Manager

PPC atau Pay-per-click Manager juga memegang peranan kunci dalam tim Digital Marketing. PPC Manager bertanggung jawab untuk melakukan monitoring, update, testing and serta mengoptimasi berbagai campaign Ads dari berbagai platform. Dalam melakukan pekerjaannya, seorang PPC Manager akan menggunakan perangkat-perangkat seperti Outbrain dan AdWords untuk mendatangkan traffic dan meningkatkan pertumbuhan khalayak perusahaan.

Content Writer

Content Writer atau penulis konten adalah bagian dari tim Digital Marketing yang bertanggung jawab untuk memproduksi material konten berupa teks, baik itu di website, blog maupun media sosial. Content Writer berkolaborasi dengan anggota tim lain seperti SEO Manager dan Social Media Manager untuk membuat konten yang dibutuhkan tim dalam melakukan aktivitas Digital Marketing bagi perusahaan.

Graphic Designer

Mirip dengan Content Writer yang menyediakan kebutuhan konten teks, Graphic Designer mengemban tanggung jawab menyediakan berbagai konten visual untuk kebutuhan tim Digital Marketing. Berbagai platform yang digunakan seperti media sosial, website, blog, hingga email tidak terlepas dari kebutuhan konten grafis. Oleh karenanya, keberadaan Graphic Designer atau desainer grafis sangat penting dalam tim Digital Marketing.

Front-end Developer

Front-end Developer memegang peranan dalam perjalanan khalayak menuju dan saat berada di platform perusahaan. Pembuatan CTA (Calls to Action), landing pages, pengimplementasian structured data, dan pembuatan desain form serta pop-up menjadi tanggung jawab Front-end Developer. Keberadaan Front-end Developer yang fokus pada pengalaman pengguna menjadi pendukung yang krusial dalam tim Digital Marketing.

Email Marketing Specialist

Email Marketing Specialist fokus pada optimasi pemanfaatan email dalam kegiatan Digital Marketing. Dengan demikian, tanggung jawab Email Marketing Specialist meliputi hal-hal seperti pengelolaan database, melakukan segmentasi target promosi, merencanakan strategi untuk engagement serta lead-scoring. Email Marketing Specialist akan berkolaborasi dengan anggota lain dalam tim untuk melaksanakan pekerjaannya secara optimal, termasuk dengan Content Writer, Graphic Designer maupun Front-end Developer.

Nah, itu dia penjelasan mengenai berbagai pekerjaan dalam Digital Marketing beserta perannya. Setiap pekerjaan memiliki tujuan masing-masing, namun keseluruhan aspek ini saling bersinergi untuk mencapai tujuan besar yang sama yakni optimasi pemasaran digital perusahaan.

Ingin mengenal Digital Marketing secara lebih lengkap? Atau kamu tertarik menjadi seorang Digital Marketer? Daftar Bootcamp Digital Marketing di Digital Skola dan dapatkan kurikulum serta fasilitas terlengkap untuk bantuan meraih kariermu! Info lengkap klik link di bawah:

chat