Rekomendasi Podcast Digital Marketing Terbaik

digitalskola

digitalskola

26 Januari 2021

Rekomendasi Podcast Digital Marketing
Ilustrasi rekomendasi podcast digital marketing. (Foto: Freepik)

Podcast atau siniar menjadi salah satu bentuk konten yang mengalami peningkatan tren secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Seperti dimuat di Oberlo, pada Januari 2020 terdapat sekitar 850 ribu podcast aktif dengan lebih dari tiga juta episode. Jumlah ini meningkat tajam dibandingkan Februari 2018 dengan total podcast tercatat sebanyak kurang lebih 500 ribu. Berbeda dengan bentuk konten digital lain seperti video dan foto yang dikonsumsi dengan motivasi untuk mendapatkan hiburan, penelitian yang dilakukan Statista menemukan bahwa tiga dari empat orang mendengarkan podcast untuk belajar hal baru.

Sama halnya dengan Youtube atau Instagram yang memiliki diversitas jenis konten, podcast pun memiliki berbagai jenis genre seperti konten cerita horor, berbagi tips, juga konten sharing ilmu dari berbagai macam disiplin mulai dari bisnis, science, hingga topik spesifik seperti digital marketing. Untuk itu, bagi kamu yang ingin belajar digital marketing, kamu bisa mulai melirik podcast sebagai salah satu sumber ilmu mengenai topik ini. Berikut beberapa rekomendasi podcast digital marketing terbaik.

Rekomendasi Podcast Digital Marketing

Indonesia Digital Marketing Podcast – Ryan Kristo Muljono

Konten podcast berbahasa Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk didengarkan bagi kamu yang ingin belajar digital marketing adalah Indonesia Digital Marketing Podcast oleh Ryan Kristo Muljono. Ryan secara aktif meng-upload konten podcast setiap hari. Yap! Kamu tidak salah membacanya. Setiap hari, selalu ada konten baru di podcast Ryan. Materi yang disampaikan dalam tiap episode mengangkat tema kecil dan spesifik dengan durasi kurang dari sepuluh menit sehingga kamu akan lebih mudah memahami setiap materi yang disampaikan. Kamu akan menemukan berbagai materi menarik seperti apa itu digital marketing, manfaat digital marketing untuk bisnis, cara membuat framework konten, cara memulai digital marketing dan banyak topik menarik lainnya di channel ini.

Social Media Marketing Podcast – Michael Stelzner

Ingin belajar mengenai social media marketing? Michael Stelzner, seorang pakar social media marketing akan membantumu memahami social media marketing melalui konten podcast yang diunggahnya secara rutin setiap minggu. Melalui channel podcast-nya, Stelzner membagi berbagai macam ilmu terkait pemasaran melalui media sosial khususnya Facebook, Instagram, dan Youtube. Setiap episode podcast di channel ini memiliki durasi cukup panjang yakni sekitar 30-55 menit. Durasi yang panjang ini akan membuatmu memahami materi tiap episodenya secara mendalam.

Marketing O’Clock – Greg Finn & Jessica Budde

Berbeda dengan Social Media Marketing Podcast yang fokus pada social media marketing, podcast Marketing O’Clock memusatkan pembahasan di channel mereka pada topik Search Engine Optimization (SEO). Hal ini tidak terlepas dari latar belakang dua penyiar utama mereka yang merupakan ahli dalam bidang SEO. Marketing O’Clock dipandu oleh partner Google AdWords, Greg Finn, dan ahli Google Analytics, Jessica Budde. Setiap Jumat, Marketing O’Clock meng-upload satu konten baru dengan topik bahasan seputar SEO, Pay per Click (PPC) hingga social media marketing. Setiap episode di channel podcast ini berdurasi sekitar 60 hingga 90 menit.

Copyblogger FM – Darrell Vesterfelt dan Tim Stoddart

Digital marketing tidak akan pernah terlepas dari copywriting dan content marketing. Jika kamu tertarik mendalami dua hal ini, maka podcast Copyblogger FM adalah pilihan podcast terbaik untukmu. Podcast yang dipandu oleh Darrell Vesterfelt dan Tim Stoddart ini secara rutin meng-upload konten dengan pembahasan seputar copywriting, content marketing, email marketing, hingga conversion optimization. Dalam setiap episode yang berdurasi kurang dari 50 menit, podcast ini membahas isu terkini terkait topik besar mereka dengan mendatangkan satu pembicara tamu yang merupakan ahli di bidangnya.

How I Built This – Guy Raz

Kamu seorang entrepreneur dan butuh banyak inspirasi dari kisah sukses pebisnis dunia? Jika iya, maka podcast How I Built This yang dipandu oleh Guy Raz, sangat direkomendasikan untuk kamu simak. Podcast ini memilliki konten yang unik dan layak diikuti. Raz menggunakan pendekatan naratif dalam setiap episode podcast-nya dalam menceritakan kisah pebisnis, inovator dan para idealis yang berhasil membangun perusahaan raksasa dunia. Meski tidak setiap episodenya membahas mengenai digital marketing secara spesifik dan eksplisit, namun ilmu yang didapat dari mendengarkan podcast ini juga sangat berguna diaplikasikan dalam mengembangkan bisnis.

Itu dia beberapa rekomendasi podcast digital marketing yang bisa kamu dengarkan. Setiap podcast memiliki jenis topik pembahasan yang berbeda sehingga akan memperkaya wawasanmu mengenai digital marketing jika kamu rutin mendengarkannya.

Tidak hanya melalui podcast, kamu juga bisa belajar mengenai digital marketing di Bootcamp Digital Marketing di Digital Skola. Selama tiga bulan, kamu akan mempelajari seluruh elemen digital marketing secara mendalam dengan kurikulum lengkap dan metode belajar 70% praktik langsung. Informasi lebih lengkap mengenai program ini, klik tombol di bawah.

chat