4 Langkah Efektif Belajar Excel

digitalskola

digitalskola

9 Agustus 2021

belajar excel
Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Microsoft Excel merupakan suatu tools yang bermanfaat bagi sebagian besar bidang pekerjaan. Ketika sudah berkenalan dan belajar Excel, kamu dapat memperoleh gambaran bahwa aplikasi ini mampu mengolah sekaligus menganalisis data dalam jumlah besar. Selebihnya, penguasaan Excel sejak dini ternyata mampu memberikan dampak bagi aspek karier dan pengembangan diri.

Berdasarkan laporan studi yang disusun oleh Capital One dan Burning Glass Technologies, sebanyak 78% pekerjaan dengan keterampilan menengah memerlukan penguasaan Spreadsheets dan pemrosesan kata. Kondisi ini memperkuat alasan pentingnya mempelajari dan mempraktikkan Excel untuk meningkatkan kemampuan diri ketika menghadapi berbagai peluang kerja.

Dalam mendalami dunia Excel, dibutuhkan langkah belajar yang efektif agar kamu dapat memahami materi secara maksimal dan mudah pula untuk mengimplementasikannya .

Alasan untuk Belajar Excel secara Mendalam

Meningkatkan efisiensi pengolahan data

Penguasaan keterampilan Excel akan membantu kamu menyelesaikan berbagai tugas secara efisien. Setiap format yang dimasukkan ke dalam cell dapat menghasilkan tabel yang lebih mudah dibaca. Selain itu, aktivitas identifikasi tren melalui big data dapat dikumpulkan dengan cepat. Kondisi tersebut dapat mendukung pemilihan keputusan bisnis perusahaan secara akurat.

Meningkatkan value di lingkungan kerja

Penguasaan terhadap Excel sangat dihargai oleh perekrut dan atasan di perusahaan. Secara tidak langsung, kamu dapat menjadi salah satu staf yang menonjol karena mampu memanfaatkan Excel untuk hal-hal berikut:

  • Menyusun jadwal
  • Mengelola anggaran
  • Mengelola persediaan produk penjualan
  • Membuat tabel, visualisasi, dan dasbor untuk melakukan visualisasi data
  • Memantau serta melacak pendapatan dan pengeluaran

BACA JUGA: 7 Fungsi Penting Excel bagi Data Analyst

Melakukan penghitungan secara instan dan mudah

Ambil contoh ketika kamu harus melakukan penghitungan standar deviasi dari kumpulan data. Untuk mencapai hasil akhir, kamu perlu menghitung varian data terlebih dahulu. Varian dapat diperoleh dari rata-rata maupun hal lainnya. Barulah hasilnya dapat dimasukkan ke dalam rumus standar deviasi data.

Tetapi, kamu sudah bisa menghitung standar deviasi hanya dengan memasukkan rumus fungsi STDEV.P dan begitu juga dengan kalkulasi lainnya. Terdapat lebih dari 470 rumus fungsi Excel dalam kategori matematika, statistik, pencarian, logika, dan sebagainya. Hal inilah yang menjadikan penghitungan lebih praktis serta instan.

4 Langkah Belajar Excel secara Efektif

Kuasai shortcuts

Hal pertama dan mendasar yang dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran Excel adalah kemampuan memakai keyboard shortcuts. Mungkin kamu sudah terbiasa dengan Ctrl+C untuk copy dan Ctrl+V untuk paste. Namun, masih banyak pintasan lain yang perlu diketahui dan diaplikasikan, antara lain:

  • Ctrl+Z untuk membatalkan tindakan terakhir kali
  • Ctrl+PgUp berfungsi beralih dari satu tab worksheet ke tab lain
  • Ctrl+A untuk memilih dan block seluruh lembar kerja
  • Ctrl+F sebagai komando untuk memunculkan tabel pencarian
  • Ctrl+K menjadi shortcut untuk menyisipkan hyperlink

Pelajari cara membuat table dan chart

Excel adalah software untuk mengatur pengelolaan data. Kamu akan bertemu dan terbiasa dengan cell (sel), table (tabel), dan chart (bagan). Tidak hanya bertemu, pembuatan dari masing-masing tabel maupun bagan harus bisa dikuasai secara mandiri. Proses pembuatannya pun cenderung mudah dan tidak menghabiskan waktu.

Kamu cukup memilih data yang akan diubah ke dalam tabel atau bahan. Klik opsi “Quick Analysis” yang muncul di bagian pojok bawah. Pilih “Table” dari tab “Table” pada Excel. Data yang sudah berubah bisa dianalisis lebih lanjut. Kamu dapat melakukan cara yang sama saat menyusun bagan. Bedanya, pilih opsi “Charts” pada tab “Others”.

BACA JUGA: Cara Menyusun Visualisasi Data yang Efektif

Ikut kursus pelatihan Excel

Ketika ingin fokus mempelajari suatu bidang, tentu tidak salah bila kamu memutuskan untuk mengikuti satu atau dua kursus. Setiap kemajuan yang diperoleh dari kursus bisa diterapkan untuk memperbaiki teknik yang telah diketahui secara manual. Selain itu, kursus memiliki kurikulum yang terstruktur untuk membantu kamu menguasai hampir seluruh fitur di dalam Excel. Tentu ada banyak kursus yang direkomendasikan. Namun, pertimbangannya terletak pada versi Excel yang terpasang pada komputer atau laptop. 

Dapatkan sertifikasi Excel

Salah satu tahapan pembelajaran yang dapat kamu tempuh adalah melewati kursus dan ujian sertifikasi Excel. Cobalah untuk mengikuti sertifikasi Excel yang tersedia secara gratis. Salah satunya adalah MS Excel Training Course Online dari Shaw Academy. Kamu dapat mengikuti sertifikasi online secara gratis selama satu bulan pertama. Setelahnya, kamu perlu membayar biaya sebesar $10 setiap bulan. Secara garis besar, berikut yang akan kamu pelajari:

  • Teknik menganalisis data
  • Memastikan integritas data
  • Menyajikan dan menyusun format data
  • Melakukan navigasi, memanfaatkan multiple sheets, serta menggunakan keyboard shortcuts
  • Membuat template

Itulah beberapa manfaat sekaligus langkah belajar Excel yang efektif dan lebih teratur supaya cepat mahir. Praktikkan setiap ilmu dan teori yang sudah kamu peroleh supaya semakin terlatih, terbiasa, dan lancar mengoperasikan Excel.

Ingin belajar Excel secara intensif untuk mengasah kemampuan analisis data? Kuasai pengolahan sekaligus analisis data Microsoft Excel hanya dalam 4 hari hanya di Digital Skola.