Cara Menjadi Cyber Security Untuk Pemula

digitalskola

digitalskola

24 November 2022

Cara Menjadi Cyber Security
Cara Menjadi Cyber Security (Photo by Kevin Horvat on Unsplash)

Seiring dengan perkembangan industri digital yang semakin pesat. Kecanggihan teknologi dan data juga semakin berkembang. Hal ini tidak terlepas dari kerentanan berbagai data terhadap ancaman dari penjahat di dunia maya atau biasa disebut cyber crime. Banyaknya cyber crime mengakibatkan perusahaan membutuhkan sosok yang bisa melindungi data dan aset perusahaan, yaitu cyber security. Fakta menariknya, siapapun bisa terjun ke industri ini karena ada banyak cara menjadi cyber security yang bisa kamu tempuh tanpa harus kuliah di jurusan IT.

Profesi cyber security memegang peran penting di suatu instansi atau perusahaan karena bertanggung jawab untuk melindungi semua kategori data dari pencurian dan kerusakan mulai dari data sensitif, informasi identitas pribadi, informasi kesehatan yang dilindungi, kekayaan intelektual, hingga data dan sistem informasi pemerintah dan industri (Sumber: Up Guard). Karena tanggung jawabnya yang besar itulah profesi di bidang cyber security semakin banyak dicari, bahkan perusahaan memberikan jenjang karier dan gaji yang fantastis dibanding profesi IT lainnya. 

Jika tertarik untuk memulai karier di bidang cyber security, kamu tidak harus memiliki latar belakang IT, karena umumnya saat ini banyak perusahaan yang membuka lowongan cyber security dengan latar belakang apapun asalkan memiliki hard-skills, soft-skills, portofolio, dan sertifikat yang mendukung di bidang cyber security. Lantas, bagaimana cara menjadi cyber security untuk pemula? Selengkapnya di artikel ini! 

Cara Menjadi Cyber Security Untuk Pemula

Cara Menjadi Cyber Security Untuk Pemula
Cara Menjadi Cyber Security (Photo by freestocks on Unsplash)

Untuk terjun berkarier ke bidang cyber security, kamu bisa mengikuti tips cara menjadi cyber security untuk pemula ini, diantaranya:

Pahami Pengetahuan Dasar Cyber Security

Cara menjadi cyber security pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami pengetahuan dasar cyber security, diantaranya:

  1. Software = Perangkat lunak berupa office, adobe, antivirus atau perangkat lunak lain yang ada dalam perangkat.
  2. Hardware = Perangkat keras berupa komputer atau jaringan komputer yang menunjang dalam proses analisis cyber crime
  3. Sistem operasi = Perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengatur sumber daya dari hardware dan software

Belajar Pemrograman Dasar

Memahami pemrograman akan sangat berguna untuk membantu kamu memeriksa perangkat lunak, mendeteksi kode berbahaya, menemukan kerentanan keamanan, hingga membantu menjalankan tugas yang melibatkan keterampilan analitis dan cyber security. Tentunya, bahasa pemrograman yang dipelajari harus disesuaikan dengan konsentrasi karier yang akan kamu pilih nantinya. Ada bahasa forensik komputer, keamanan untuk aplikasi web, analisis malware, keamanan aplikasi, dan masih banyak lagi. Namun, ada beberapa bahasa pemrograman yang umum harus dikuasai oleh berbagai profesi di bidang cyber security, diantaranya:

  1. C dan C++ = Mengakses infrastruktur teknologi informasi tingkat rendah seperti RAM dan proses sistem
  2. Python = Membantu mengirim TCP ke mesin, analisis malware, membuat sistem deteksi penyusupan, dan mengidentifikasi kerentanan dalam digital security
  3. JavaScript = Memahami konsep cara kerja situs web dan aplikasi lain serta membantu menangkal hacker
  4. PHP = Menerapkan solusi yang kuat untuk mengamankan aplikasi web serta menerapkan cyber security pada web
  5. SQL = Memelihara dan mengambil data

Kuasai Cara Menganalisa dan Mengantisipasi Risiko 

Selanjutnya, kamu harus menganalisis dan mengantisipasi risiko, yaitu menguasai berbagai proses dan kebijakan perusahaan agar tidak ada pelanggaran data dan keamanan konsumen. Hal ini bisa meminimalisir kerusakan yang terjadi ketika nanti terjadi cyber crime. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu bisa menjadi ahli cyber security yang diandalkan oleh perusahaan.

Latih Kemampuan Deteksi Cyber Attack

Salah satu tugas utama dari cyber security adalah mendeteksi potensi serangan cyber crime. Oleh karena itu, kamu harus melatih kemampuan mendeteksi berbagai ancaman serangan dari hacker jahat.

Latih Penetration Testing

Penetration testing adalah suatu mencoba mensimulasikan serangan yang bisa dilakukan terhadap jaringan perusahaan atau organisasi untuk menemukan kelemahan yang ada pada sistem jaringan tersebut. Biasanya, orang yang melakukan ini disebut sebagai penetration tester. Tujuan penetration testing adalah untuk menentukan dan mengetahui serangan-serangan yang bisa terjadi terhadap kerentanan yang ada pada sistem, mengetahui dampak bisnis yang diakibatkan dari hasil eksploitasi yang dilakukan oleh hacker.

Cara Menjadi Cyber Security dengan Praktik Hacking

Cara menjadi cyber security selanjutnya adalah praktik hacking, ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk melatih kemampuan hacking, diantaranya:

  1. HackThisSite
  2. SecTools
  3. Hack in The Box
  4. OverTheWire
  5. Root Me

Baca juga: Rekomendasi Kursus Hacking Langsung Praktek

Cara Menjadi Cyber Security: Bangun Portofolio

Setelah mengikuti langkah-langkah cara menjadi cyber security, selanjutnya kamu harus menyusun portofolio yaitu sekumpulan dokumen yang isinya merupakan kumpulan project cyber security yang pernah kamu kerjakan untuk ditunjukkan kepada perusahaan sebagai bukti dari performa, pencapaian, dan hasil kerja yang kamu tekuni. Umumnya, portofolio cyber security berisikan bug bounty report, Pwn-machine, dll. 

Dapatkan Sertifikat

Untuk memperkuat skills dan portofolio yang dimiliki, kamu juga harus memiliki sertifikat di bidang cyber security. Salah satu contoh sertifikat yang dicari oleh perusahaan adalah CompTIA PenTest+ certification.

Cari Lowongan Kerja

Terakhir, jika kamu sudah menyiapkan skills, portofolio, dan sertifikat pendukung cyber security, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari lowongan kerja di bidang cyber security. Kamu bisa menggunakan berbagai job platform populer seperti:

  1. Bugcrowd
  2. Zerocopter
  3. Hacktrophy
  4. Hackerone
  5. Cobalt
  6. Linkedin
  7. Glints
  8. JobStreet
  9. Indeed

Jalan Pintas Cara Menjadi Cyber Security

Jalan Pintas Cara Menjadi Cyber Security
Cara Menjadi Cyber Security (Photo by Ilya Pavlov on Unsplash)

Jika merasa tidak bisa belajar cyber security secara otodidak, maka kamu bisa mengambil jalan menjadi cyber security dengan mengikuti pelatihan cyber security. Dengan mengikuti pelatihan, kamu akan memiliki mentor praktisi yang bisa memberikan banyak ilmu yang tidak ada di internet atau Google secara gratis. Kamu bisa mengikuti pelatihan Mini Bootcamp Cyber Security Digital Skola. 

Di pelatihan ini kamu akan diberikan kurikulum berdasarkan sertifikasi CompTIA yang merupakan sertifikasi terbaik bidang cyber security. Tak hanya itu, kamu juga akan dapat berbagai fasilitas seperti:

  1. Job connector
  2. 2 mini projects
  3. 1 final project Pwn the machine (custom room)
  4. Bug Bounty Report portfolio
  5. CompTIA PenTest+ certification
  6. Professional branding
  7. Cybersecurity Analyst sharing session
  8. Interactive review by tutor
  9. Learning performance report
  10. Certificate of completion
  11. Career coaching by HR Expert

Nantinya, setelah mengikuti kelas kamu akan memahami pengetahuan dan praktik penetration testing dalam cyber security, serta memahami langkah-langkah dan best practice menjadi cyber security pemula yang baik dan profesional. Mulai berkarier di bidang ini dengan klik link di bawah: