Course Cyber Security Untuk Penetration Tester

digitalskola

digitalskola

17 Maret 2023

Course Cyber Security
Course Cyber Security (Photo by Petter Lagson on Unsplash)

Course cyber security jadi solusi efektif untuk talenta digital yang tertarik berkarier di bidang cyber security. Ada banyak pilihan profesi di bidang ini mulai dari cyber security, bug hunter, ethical hacker, dan penetration tester. Salah satu profesi yang semakin dibutuhkan seiring dengan meningkatkan kebutuhan untuk melindungi data-data penting di dalam web atau aplikasi perusahaan adalah penetration tester, yaitu sosok yang bertanggung jawab menyerang suatu sistem komputer untuk memeriksa kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh hacker jahat (Sumber: imperva).  

Tak kalah dengan profesi di bidang cyber security lainnya, penetration tester juga menawarkan gaji yang menggiurkan, rata-rata gaji penetration tester di Indonesia adalah 14-18 juta/bulan (Sumber: SalaryExpert). Bukan tanpa alasan, gaji tinggi yang diberikan perusahaan kepada penetration tester disebabkan oleh tingginya kebutuhan perusahaan akan profesi ini dan besarnya tanggung jawab mereka. Mengutip dari hasil riset FORTRA 75% perusahaan saat ini melakukan penetration testing untuk mengukur keamanan mereka, dan 57% dari mereka melakukan penetration testing untuk mendukung vulnerability management program.

Untuk bisa berkarier jadi penetration tester, setidaknya kamu harus memiliki beberapa skill pendukung. Sayangnya, saat ini masih belum banyak sumber belajar cyber security yang lengkap dan bisa diakses secara gratis. Oleh karena itu, kamu bisa mengasah skill penetration testing dengan mengikuti courses cyber security. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai prospek karier penetration tester, skill penetration testing, dan rekomendasi cyber security courses untuk penetration tester di Indonesia!

Baca juga: Sertifikat Cyber Security: Dari Pemula ke Profesional

Course Cyber Security: Prospek Karier Penetration Tester

Course Cyber Security
Course Cyber Security (Photo by Jonathan Kemper on Unsplash)

Penetration tester adalah profesi yang sangat dinamis dan berkembang. Berikut ini adalah 3 alasan yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk berkarier menjadi penetration tester:

Jumlah Lowongan Kerja yang Tinggi

Mengutip dari GlobeNewswire permintaan akan profesi penetration tester terus meningkat hingga $3.0 miliar di tahun 2026. Meningkatkan permintaan profesi penetration tester tidak terlepas dari meningkatnya penggunaan aplikasi seluler dan web. Selain itu, meningkatnya penggunaan solusi keamanan berbasis cloud juga diperkiraan memicu pertumbuhan akan permintaan penetration tester (Sumber: Mordor Intelligence Penetration testing Market Report). 

Hasil riset dari Mordor Intelligence Penetration testing Market Report juga menunjukan bahwa peningkatan jumlah wireless network dan peningkatan jumlah perangkat internet yang terhubung juga menjadi salah satu alasan profesi penetration tester dibutuhkan di berbagai sektor industri. Di beberapa job platform terkenal seperti Linkedin, ada lebih dari 100 lowongan yang terbuka untuk penetration tester di perusahaan Indonesia, sedangkan di indeed ada sekitar 50 lowongan yang terbuka. Tentunya, jika kamu menguasai skill penetration testing dan lancar bahasa Inggris, akan membuka peluang karier yang lebih besar untuk bekerja di perusahaan global.

Pilihan Industri yang Beragam

Tak hanya dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Penetration tester juga dibutuhkan oleh berbagai sektor industri lainnya. Saat ini perusahaan di industri apapun pasti menyimpan banyak data di web, aplikasi, atau komputer dan tak cukup menggunakan perangkat lunak antivirus dan firewall saja, perusahaan membutuhkan pendekatan yang lebih canggih untuk keamanan digital yaitu penetration testing. Jika kamu memiliki skill penetration testing, kamu memiliki prospek berkarier di beberapa industri, diantaranya:

  1. Perusahaan BUMN
  2. Instansi pemerintahan
  3. Perusahaan private
  4. Organisasi skala kecil-besar

Pekerjaan yang Menantang dan Gaji yang Menjanjikan

Profesi penetration tester mendorong kamu untuk bisa memecahkan masalah di dunia maya yang rumit. Kamu harus bisa melakukan simulasi serangan yang biasanya dilakukan hacker jahat terhadap sistem jaringan perusahaan untuk menemukan celah yang masih lemah. 

Oleh karena itu, profesi ini akan membuat kamu terus belajar mengikuti perkembangan digital. Sebagai gantinya, kamu akan mendapatkan reward yang setimpal dengan beban pekerjaan yang kamu kerjakan. Bahkan, kisaran gaji seorang penetration tester tidak kalah dengan profesi IT lainnya.

Course Cyber Security: Skill yang Harus Diasah

Course Cyber Security: Skill yang Harus Diasah
Course Cyber Security (Photo by Dan Nelson on Unsplash)

Setelah mengetahui prospek karier penetration tester, saatnya kamu mengetahui berbagai skill yang harus kamu asah di course cyber security, diantaranya:

Penetration Testing

Skill pertama yang harus kamu asah saat mengikuti course cyber security adalah penetration testing. Setidaknya kamu harus menguasai mengenai:

  1. Istilah dan ruang lingkup penetration testing
  2. Metodologi dan standarisasi pada penetration testing
  3. Compliance-based assessment 
  4. Rules of engagement untuk mendokumentasikan ekspektasi engagement yang muncul

Password Cracking

Password cracking merupakan cara yang digunakan seorang penetration tester untuk mengambil akun atau akses ke suatu sistem menggunakan kata sandi dari data yang tersimpan. Di course cyber security kamu harus mengasah cara membuat daftar kata hingga memecahkan kata sandi suatu website.

Networking

Skill networking dibutuhkan untuk bisa memahami aspek-aspek teknis dari transmisi data. Oleh karena itu, kamu harus memahami mengenai networking, cara kerja internet, protokol, hingga network security untuk perlindungan keamanan pada jaringan mengenai akses, pengungkapan, pengunaan, modifikasi, hingga gangguan network security.

Cross Site Scripting

Selanjutnya kamu harus menguasai cross site scripting yaitu kejahatan keamanan yang memanfaatkan celah pada form input website. Kamu harus menguasai:

  1. Cara terhindar dari cross site scripting
  2. Cara penanggulangan serangan cross site scripting 
  3. Teknik penetrasi cross site request forgery

Rekomendasi Course Cyber Security Untuk Penetration Tester

Setelah mengetahui prospek karier hingga skill yang harus dikuasai seorang penetration tester, kini waktunya kamu untuk mulai mengikuti course cyber security yang memberikan kurikulum lengkap dan fasilitas yang menunjang karier, yaitu Digital Skola. Course cyber security Digital Skola dirancang untuk kamu yang ingin belajar dari 0 sampai siap berkarier di bidang ini. Nantinya kamu akan dapat fasilitas lengkap seperti:

  1. Sesi live interaktif
  2. Sertifikat Digital Skola
  3. Sertifikasi CompTIA PenTest+ 
  4. 1 Final Project PWN The Machine
  5. Job connector

Penasaran info course cyber security Digital Skola? Cari tahu di sini: