Jurusan Cyber Security BINUS dan Alternatif Kampus Lainnya

digitalskola

digitalskola

27 Februari 2023

Pekerjaan yang berkaitan dengan keamanan komputer atau biasa disebut cyber security jadi salah satu pilihan profesi yang banyak diminati sekarang ini. Untuk bisa bertahan dari berbagai serangan kejahatan siber, individu, perusahaan, hingga instansi pemerintahan membutuhkan sosok yang bisa melindungi data mereka dan meminimalisir kerentanan. Oleh karena itu, saat ini di Indonesia mulai banyak bermunculan universitas yang menyediakan program belajar cyber security, contohnya seperti cyber security BINUS, ITB, hingga Universitas Surabaya.

Umumnya, program studi cyber security akan berfokus pada keamanan dunia maya dan pertanahan di dunia maya. Materi yang didapatkan oleh siswa berupa teori dan pengalaman praktis untuk bisa menerapkan pengetahuan dalam membangun cyber security dan teknologi pertahanan cyber. Biasanya baik itu di cyber security BINUS, cyber security kampus lain atau pelatihan non-formal cyber security akan sama-sama mendorong siswanya untuk lebih banyak praktik agar bisa membantu mereka menemukan langsung ancaman cyber crime dan tau cara membangun pertahanan sistem di industri saat ini. 

Di Indonesia sendiri, masih belum banyak perguruan tinggi atau lembaga pelatihan yang membuka jurusan cyber security. Maka dari itu, di artikel ini kita akan membahas jurusan cyber security BINUS, alternatif kampus lain, hingga pelatihan cyber security untuk talenta digital yang sudah terlanjur kuliah di jurusan yang tidak linear tapi ingin berkarier di bidang cyber security. Simak lengkapnya di artikel ini!

Cyber Security Binus dan Alternatif Kampus Lain

Jurusan cyber security mungkin masih terdengar asing. Namun faktanya, sekarang ini sudah cukup banyak universitas di Indonesia yang menyediakan pilihan jurusan cyber security, diantaranya: 

Cyber Security Binus

Jurusan cyber security BINUS untuk jenjang S1 termasuk pilihan terbaik bagi kamu yang ingin berkarier di bidang cyber security. Nantinya, jika kamu mengambil jurusan ini maka kamu akan belajar banyak mengenai cara menghadapi berbagai cyber crime di suatu perusahaan atau pemerintahan, tak hanya itu kamu juga akan banyak mengerjakan project yang akan membantu kamu mengeksplorasi berbagai ancaman cyber crime serta cara membentuk sistem pertahananya.

Mengutip dari situs resmi BINUS, setelah lulus dari cyber security BINUS kamu memiliki delapan pilihan profesi yang bisa diambil, diantaranya:

  1. Computer Programmer = Bertugas dalam merencanakan, mengembangkan, memodifikasi, hingga menguji code, form, dan script pada aplikasi komputer
  2. Information Security Analyst = Bertugas untuk mengembangkan sistem keamanan jaringan sistem suatu perusahaan atau instansi
  3. Big Data Architect =   Bertugas merancang, membuat, menyebarkan, hingga mengelola arsitektur data perusahaan atau instansi
  4. Cyber Security Consultant = Bertugas memberikan solusi atas berbagai ancaman keamanan cyber 
  5. Computer Forensics Analyst = Bertugas untuk membantu petugas penegak hukum mencari bukti pada berbagai cyber crime
  6. Full Stack Developer = Bertugas untuk mengelola segala hal yang berhubungan dengan user interface dan merancang database
  7. Java Programmer = Bertugas untuk mengembangkan program Java untuk membangun aplikasi, website, dll
  8. Secure Software Developer = Bertugas untuk mengembangkan software dan mengintegrasikan  keamanan ke dalam software untuk menghentikan cyber crime

Cyber Security ITB

Berbeda dengan jurusan cyber security BINUS yang tersedia untuk jenjang S1, Institut Teknologi Bandung (ITB) menyediakan pilihan jurusan cyber security untuk jenjang S2. Jurusan ini ada di bawah Fakultas Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI-ITB). Mata kuliah yang kamu dapatkan akan relevan dengan topik yang sedang ramai di masyarakat luas dan sesuai dengan teknologi masa ini. Oleh karena itu, setelah lulus dari cyber security ITB kamu juga bisa memilih banyak pilihan karier sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Baca juga: Cyber Security Roadmap: Persiapan Karier dari Nol

Cyber Security Universitas Surabaya

Alternatif lain selain jurusan cyber security BINUS adalah cyber security di Universitas Surabaya. Nantinya kamu bisa mengambil jurusan Network & Cyber Security. Kurikulum di jurusan ini terbagi dalam beberapa bidang, diantaranya:

  1. Network infrastructure technology
  2. Network security
  3. Data security

Cyber Security Universitas Tanjungpura

Selanjutnya, universitas yang ada di Kalimantan yaitu Universitas Tanjungpura membuka jurusan sistem komputer yang nantinya kamu akan belajar berbagai ilmu yang berkaitan dengan sistem komputer dan cyber security mulai dari bahasa pemrograman, networking, hingga embedded system. Sesuai dengan visi Universitas Tanjungpura yaitu “Membangun Ekosistem Digital Menuju Universitas Siber” di universitas ini kamu akan diberikan kesempatan untuk mendapatkan ilmu agar bisa membangun keamanan siber. 

Cyber Security Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam juga membuka jurusan cyber security yaitu rekayasa keamanan siber yang berfokus pada pengembangan keamanan siber dan jaringan. Kurikulum yang akan kamu dapatkan juga sangat lengkap seperti:

  1. Algoritma dan Pemrograman
  2. Dasar Keamanan Siber
  3. Literasi Data
  4. Organisasi dan Arsitektur Komputer
  5. Keamanan Sistem Siber-Fisik
  6. Forensik Siber

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah seperti kewirausahaan hingga bahasa Inggris (Sumber: Politeknik Negeri Batam).

Alternatif Pelatihan Selain Cyber Security BINUS

Jika kamu saat ini tertarik untuk berkarier di bidang cyber security, namun terlanjur kuliah di jurusan yang tidak linier, maka alternatifnya adalah mengikuti pendidikan non-formal seperti bootcamp. Bahkan, jika kamu saat ini sedang berkarier di bidang lain  dan tertarik career switch ke bidang cyber security, bootcamp juga menjadi alternatif terbaik. Bootcamp merupakan program studi intensif yang memungkinkan kamu untuk mempelajari keterampilan tertentu dalam waktu yang cukup singkat.

Meskipun bootcamp lebih singkat dibandingkan kuliah, tapi materi yang akan kamu dapat tetap relevan dan disesuaikan dengan kebutuhan industri. Ada beberapa keuntungan mengikuti bootcamp yang bisa kamu jadikan pertimbangan, diantaranya:

  1. Biaya lebih terjangkau dibandingkan pendidikan formal
  2. Waktu yang singkat dan lebih efektif
  3. Jadwal fleksibel
  4. Kurikulum spesifik pada kebutuhan industri

Rekomendasi bootcamp cyber security terbaik adalah Mini Bootcamp Digital Skola yaitu Cyber Security: Penetration Testing. Faktanya, kurikulum Digital Skola dirancang fokus pada kebutuhan industri dan telah tersertifikasi Education Alliance Finland (EAF)  sebagai standar kurikulum kualitas dunia, maka dari itu kurikulum yang kamu dapatkan juga sudah berbasis industri dan terstandarisasi internasional. Materi yang akan kamu dapatkan di cyber security Digital Skola diantaranya adalah:

  1. Introduction to Networking
  2. Introduction to Web Applications and Operating System
  3. Introduction to Penetration Testing, Planning and Scooping
  4. Setup Lab & Information Gathering
  5. Nessus & OpenVAS
  6. Introduction to System Exploit
  7. Physical, Network, and LocalHost based Security
  8. File Upload, Code Execution & File Inclusion
  9. SQL Injection
  10. Cross Site Scripting (XSS) and Insecure Session
  11. Password Cracking
  12. Social Engineering, Post Exploitation, and Reporting

Ada beberapa pilihan karier yang bisa kamu pilih setelah mengikuti pelatihan ini, diantaranya:

  1. Penetration Tester = Bertugas melakukan penetration testing untuk menemukan kelemahan yang ada pada jaringan dan sistem
  2. Bug Hunter = Bertugas menemukan bug di suatu sistem atau aplikasi
  3. Ethical Hacker = Bertugas melakukan peretasan untuk mencari kelemahan atau ancaman cyber crime
  4. Cyber Security = Bertugas untuk menciptakan sistem perangkat lunak dan proses keamanan komputer 

Penasaran info bootcamp cyber security Digital Skola? Caru tahu di sini: