Rekomendasi Kelas Excel: Jalan Pintas Meningkatkan Skill 

digitalskola

digitalskola

8 Juli 2022

Kelas Excel
                Kelas Excel (Photo by Windows on Unsplash)

Kelas Excel saat ini menjadi salah satu kelas yang banyak dicari oleh berbagai kalangan mulai dari karyawan, jobseeker, atau bahkan mahasiswa. Penguasaan Microsoft Excel  menjadi salah satu kemampuan yang menjadi syarat utama berbagai bidang pekerjaan seperti administrasi, keuangan, personalia, digital marketer, dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan, Excel menjadi skill paling minimal yang harus dikuasai dalam dunia kerja.

Penguasaan Excel tidak cukup sekadar membuat tabel, hafal rumus-rumus dasar, atau membuat grafik sederhana saja, lebih dari itu Excel bisa digunakan untuk membantu mengelola berbagai data perusahaan. Sebagai contoh, Excel bisa digunakan oleh karyawan untuk perencanaan keuangan, penginputan data, pelaporan biaya, pelaporan pekerjaan, hingga bisa digunakan oleh digital marketer untuk mengelola insight mengenai engagement media sosial yang dikelola. Bahkan, Excel termasuk tools yang dianggap canggih dan memiliki peran penting dalam proses bisnis untuk menganalisis banyak hal seperti daftar klien, jumlah penjualan, dan masih banyak lagi (Sumber: Investopedia)

Baca juga: Tips Excel: 10 Langkah Hasilkan Presentasi Powerful

Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah program spreadsheets dari Microsoft dan merupakan bagian dari grup produk Office untuk aplikasi bisnis yang digunakan untuk penyimpanan, mengatur, dan menganalisis data (Sumber: TechTarget). Pengelolaan data di Excel dilakukan menggunakan berbagai rumus dalam lembar spreadsheets.

Secara umum, Excel memiliki beberapa fungsi yang bisa dieksplorasi:

  1. Membuat, mengedit, mengurutkan, dan menganalisa data
  2. Menghitung kumpulan data dalam berbagai operasi seperti pembagian, perkalian, penjumlahan, dan pengurangan
  3. Pembuatan daftar laporan keuangan
  4. Menghitung dan mengelola pinjaman, penjualan, investasi, investasi, dan lain-lain
  5. Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian
  6. Mencari nilai dari kumpulan data seperti data nilai terendah, terkecil, tertinggi, tengah, dan rata-rata
  7. Pembuatan daftar nilai, daftar kehadiran, presensi
  8. Penghitungan kurs mata uang
  9. Menyajikan data dalam berbagai bentuk seperti tabel, grafik, diagram garis, batang, dan sebagainya

Microsoft Excel seringkali disamakan dengan Google Sheets, padahal kedua program spreadsheets ini memiliki perbedaan. Microsoft Excel adalah software pengelolaan data berupa angka dari Microsoft, sedangkan Google Sheets adalah aplikasi yang disediakan Google untuk perhitungan data berupa angka, memasukan data dan formula, membuat chart, dan formatting cells. Perbedaan paling utama adalah Excel bisa digunakan offline, sedangkan Google Sheets hanya bisa digunakan secara online. 

Baca juga: Riset: Excel vs Google Sheets: Serupa tapi Tak Sama?

Kelebihan Microsoft Excel

Ada banyak fitur yang disediakan oleh Microsoft Excel, jika dibandingkan dengan program spreadsheet lain Excel memiliki banyak kelebihan seperti:

Manajemen Data

Kelebihan utama dari Excel adalah kemampuan dalam mengelola manajemen data. Proses manajemen data akan mempermudah kamu saat melakukan analisis data karena data yang sudah melewati proses ini sudah menjadi data bersih, rapi, dan juga lengkap. 

Formula yang Lengkap

Excel bisa membantu kamu menghitung angka-angka dalam waktu yang sangat singkat, bahkan Excel bisa menghitung angka lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan kalkulator. Tentunya, untuk bisa menggunakan berbagai fungsi Excel ini kamu harus menguasai berbagai formula Excel yang penerapannya jauh lebih muda jika dibandingkan dengan coding, Python, R, atau software pengolahan data lainnya. 

Terintegrasi dengan Microsoft Office

Excel merupakan bagian dari Microsoft Office, tak heran jika Excel akan mudah terintegrasi dengan berbagai software lain yang menjadi bagian dari Microsoft Office seperti Microsoft Powerpoint, Microsoft Word, dll. Oleh karena itu, kamu akan lebih mudah jika ingin membuat presentasi dari hasil data yang sudah diolah di Excel menjadi visual menarik menggunakan bantuan Microsoft Powerpoint. Bahkan, sebagai software spreadsheets nomor satu di dunia, Excel juga memberikan fitur yang bisa digunakan di laptop, komputer, atau smartphone. Jadi kapanpun kamu butuh mengelola data, kamu bisa akses Excel melalui device yang ada. 

Level Microsoft Excel

Penguasaan Excel secara garis besar terdiri dari 3 level yaitu basic Excel skills, intermediate Excel skills, dan advanced Excel skills

Basic Skills Excel

Level pertama dari penguasaan Excel adalah basic, biasanya yang berada di level ini adalah orang yang baru mempelajari atau baru mulai menggunakan Excel. Kamu bisa dikatakan ada di level basic Excel apabila kamu bisa mengoperasikan Excel untuk:

  1. Menyimpan dan membuka workbook
  2. Mengelola worksheets
  3. Memformat cell 
  4. Menggunakan fungsi basic Excel seperti SUM, COUNT, AVERAGE, dll.
  5. Membuat charts
  6. Menggunakan opsi find and replace
  7. Menggunakan keyboard shortcuts

Biasanya, profesi yang membutuhkan level basic Excel adalah tenaga admin, content planner, pekerja kreatif, dan sebagainya.

Baca juga: 4 Langkah Efektif Belajar Excel

Intermediate Skills Excel

Selanjutnya adalah level intermediate, profesi yang membutuhkan skill Excel intermediate adalah digital marketer, auditor, product manager, project manager, product design, dan lain sebagainya. Kamu bisa dikatakan ada di level intermediate Excel apabila kamu bisa mengoperasikan Excel untuk:

  1. Menggunakan fungsi IF
  2. Menggunakan tabel Pivot
  3. Menggunakan fitur data validation
  4. Menggunakan drop down list
  5. Menggunakan rumus VLookup

Advanced Skills Excel

Terakhir adalah level advanced, profesi yang membutuhkan skill Excel advanced adalah data analyst, data scientist, data engineer, market researcher, akuntan, dan lain sebagainya. Kamu bisa dikatakan ada di level advanced Excel apabila kamu bisa mengoperasikan Excel untuk:

  1. Menggunakan conditional formatting
  2. Menggunakan data simulations
  3. Menggunakan INDEX/MATCH
  4. Menggunakan rumus XLookup
  5. Menggunakan formula VBA & Macros

Baca juga: 7 Fungsi Penting Excel untuk Data Analyst

Rekomendasi Kelas Excel

Kamu bisa menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan level Excel, seperti menonton tutorial singkat di Instagram dan TikTok atau menonton Youtube yang memberikan berbagai tips dan trik yang cukup lengkap mengenai Excel. Namun, tak bisa dipungkiri cara paling efektif untuk meningkatkan level Excel adalah mengikuti kelas Excel atau pelatihan Excel.

Salah satu pilihan kelas Excel yang bisa kamu ikuti adalah Short Course: Learn Data Analysis with Excel di Digital Skola, di kelas Excel yang satu ini kamu akan fokus belajar Excel selama 4 hari dengan metode belajar yang fokus pada praktik bersama ahli di bidangnya, bahkan kamu juga akan mendapatkan fasilitas review khusus untuk memastikan bahwa setiap skill yang diajarkan sudah kamu kuasai dengan baik. Tujuan dari pembelajaran kelas Excel ini adalah untuk membantu kamu menguasai teknik serta fungsi Excel untuk aktivitas analisis, visualisasi, serta penyajian data secara efektif. 

Jika kamu masih pemula dan ingin menguasai Microsoft Excel maka kelas ini menjadi jawaban terbaik, hanya dengan Rp. 349.000,00 kamu sudah bisa mengikuti kelas Excel dengan bimbingan yang intensif dan kurikulum yang kompheresif bersama pakarnya. Percayakan proses pembelajaran Excel bersama Digital Skola dan kuasai dana analisis secara intensif dalam 4 hari. Penasaran?

Artikel Rekomendasi