Rekomendasi Kursus Excel Online untuk Pemula

digitalskola

digitalskola

5 Desember 2021

kursus excel
Photo by PhotoMIX Company from Pexels

Microsoft Excel merupakan software yang berguna untuk mengolah berbagai model data numerik. Beberapa diantaranya berupa penghitungan pemasukan dan pengeluaran serta pemetaan informasi keuangan. Hal ini menjadikan Excel sebagai tools yang bermanfaat bagi macam-macam skala bisnis, mulai dari bisnis rumahan sampai perusahaan multinasional. Microsoft Excel adalah software yang dipandang rumit, namun penguasaan terhadap program tersebut dapat menjadi keterampilan yang punya potensi luar biasa dalam dunia karier. Berdasarkan kebutuhan tersebut, sebagian orang mulai mencari referensi kursus Excel online yang aplikatif dan mudah dipahami. Dengan begitu, mereka dapat mengoperasikan berbagai fungsi lewat interface yang memang sederhana.

Melalui Microsoft Excel, kamu akan terbantu dalam mengelola informasi dari sumber eksternal. Sistem akan menjalankannya secara otomatis melalui semua jenis penghitungan dan model keuangan. Tujuannya adalah untuk memperoleh informasi yang mudah dicerna dan bersifat real-time. Di samping itu, Microsoft Excel dapat menjadi tools yang berguna untuk menganalisis data dalam kehidupan sehari-hari, seperti manajemen keuangan pribadi.

Menariknya, kamu bisa mengembangkan keterampilan Excel secara mandiri dan memanfaatkan sumber daya online yang tersedia luas. Setelah menyelesaikan kursus pelatihan Excel yang tepat, diharapkan kemampuan dan keterampilan yang kamu peroleh dapat menjadi aset berharga bagi prospek karier dan pekerjaan yang kamu impikan. Sekarang, kamu tidak perlu kerepotan mencari referensi kursus yang mumpuni dan mampu memberikan pelatihan secara intensif. Daftar lengkap dari rekomendasi kursus Excel dapat kamu temukan melalui penjelasan di bawah ini.

Rekomendasi Kursus Excel Online untuk Pemula

Udemy – Microsoft Excel: Excel from Beginner to Advanced 

Kursus ini akan membantu kamu untuk menguasai keterampilan Excel dari level beginner sampai advanced. Pengajar dari kursus ini adalah Kyle Pew, seorang Microsoft Office Certified Expert. Ia adalah seorang trainer yang telah berpengalaman lebih dari 18 tahun untuk memandu live class dan online training experience di bidangnya. Kyle akan menggunakan metode belajar bertahap agar kamu memperoleh fondasi kuat ketika melangkah ke masing-masing fase pembelajaran. Selain itu, kamu akan memperoleh akses lifetime dengan total durasi konten video selama 16 jam. Kursus ini disusun secara mendalam dengan kombinasi empat tahapan berbeda, antara lain:

  • Microsoft Excel 101 (Introduction): Mencakup dasar-dasar Excel, seperti excel interface, membuat spreadsheet, entering atau editing data, bekerja dengan rumus, formatting data, excel print options, shortcut excel yang sudah umum, serta memvisualisasikan data memakai charts
  • Microsoft Excel 102 (Intermediate Level): Topik-topik menengah mengenai kinerja excel lists dan tables, menyortir dan filtering data, mengoperasikan list functions, importing dan exporting data, pivot tables, serta mengelola data dalam jumlah besar
  • Microsoft Excel 103 (Advanced Level): Pembuatan advanced excel formulas, lookup functions, text based functions, audit excel formulas, program perlindungan excel sheets, what if analysis, hingga pengenalan terhadap macros
  • Master Microsoft Excel Macros and VBA in 6 Simple Projects: Meliputi macros dan VBA secara detail untuk membantu kamu dalam otomatisasi excel tasks serta cara membuat VBA procedure

BACA JUGA: Excel vs Google Sheets: Serupa tapi Tak Sama?

Coursera – Data Visualization with Advanced Excel by PwC

Kursus yang satu ini merupakan rekomendasi yang bagus untuk mempelajari Excel level advanced. Kamu akan memperoleh instruksi langsung mengenai functions serta manfaatnya untuk membangun database serta model. Umumnya, kamu akan diarahkan untuk memakai PowerPivot untuk mempraktikkan pembelajaran tersebut. Kamu juga ikut mempelajari tools-tools bawaan Excel, seperti Solver, Data Tables, Scenario Manager, serta Goal Seek. Materi akan dilanjutkan dengan data visualization, graph and power view reports, hingga cara mengombinasikannya menjadi dynamic dashboards. Kursus ini terangkum dalam modul berikut:

  • Preparing a Professional Excel: Data models, databases, PowerPivot tools
  • Advanced Scenario Analysis: Menjelajahi beragam metode analisis dan cara menggunakannya
  • Data Visualization: Meliputi elemen data visualization seperti charts dan grafik secara detail
  • Dashboarding: Merinci prinsip dan persyaratan desain untuk membangun dashboard

GoSkills – Microsoft Excel Classes: Basic and Advanced

Kelas GoSkills ideal untuk kamu yang ingin memperoleh pembelajaran Excel secara fleksibel. Menariknya, kelas ini tersedia di perangkat iOs maupun Android. Kamu dapat mengaksesnya dengan mudah melalui perangkat genggam. Kelas ini direkomendasikan bagi pemula. Namun, kamu juga akan memperoleh materi PivotTable hingga vlookup. Kelas dapat diakses kapan saja, tanpa terikat pada jadwal yang sudah ditentukan. Materi akan dilanjutkan dengan ujian dan kuis untuk menguji kemampuanmu terhadap materi yang telah diajarkan sebelumnya. Di akhir kelas, kamu akan mendapatkan sertifikasi. Kamu dapat memulai uji coba gratis selama tujuh hari kemudian berlangganan paket yang tersedia. Biayanya sekitar $29 per bulan atau $199 bila mendaftar untuk satu tahun. Secara keseluruhan, materi kelas dapat kamu habiskan dalam waktu 26 jam.

Rice University – Introduction to Data Analysis Using Excel

Melalui kursus Excel ini, kamu berpeluang memperoleh pengetahuan dasar dan mengakrabkan diri dengan software tersebut. Tujuannya agar kamu memperoleh lebih banyak wawasan fungsional mengenai Microsoft Excel. Kamu dapat mempelajari penggunaan spreadsheet sambil mempraktikkannya secara langsung. Beberapa materi yang akan kamu terima berupa data analysis menggunakan Excel, PivotTable, sampai vlookup. Dilanjutkan dengan pengaturan data, filtering, hingga tugas yang lebih kompleks. Untuk menyelesaikan kursus dengan baik, upayakan berkomitmen selama satu sampai tiga jam seminggu dalam satu bulan. Sebelum mendaftarkan diri ke kursus ini, pastikan kamu sudah menjadi member di Coursera. Apabila kamu melanjutkan langganan, maka kamu berhak memperoleh sertifikasi di akhir kelas.

BACA JUGA: Tips Excel: 10 Langkah Hasilkan Presentasi Powerful

Digital Skola – Short Course: Learn Data Analysis with Excel

Kursus yang satu ini bisa kamu ikuti hanya dalam 4 hari. Tujuan dari pembelajarannya adalah menguasai teknik serta fungsi Excel untuk aktivitas analisis, visualisasi, serta penyajian data secara efektif. Kelas ini direkomendasikan untuk kamu yang masih pemula dan ingin menguasai Microsoft Excel. Metode belajar yang diusung adalah praktik bersama bimbingan ahli di bidangnya. Pengajar pada kursus kali ini adalah Nazmi Haddyat Tamara, seorang Senior Data Analyst di salah satu Unicorn e-Commerce. Kamu juga memperoleh fasilitas review khusus untuk memastikan bahwa setiap skill yang diajarkan dapat dikuasai dengan baik. Setelah lulus dari Short Course, kamu akan menerima sertifikat sebagai bukti kamu telah menguasai keahlian di bidang Microsoft Excel. Hanya dengan Rp349.000,00, kamu sudah bisa memperoleh kursus Excel dengan bimbingan secara intensif bersama pakarnya.

Itulah berbagai pilihan kursus Excel yang dapat kamu ikuti untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam mengolah data. Setiap kursus memiliki keuntungan dan fasilitasnya masing-masing. Percayakan proses pembelajaran Excel hanya bersama Digital Skola dan kuasai data analysis secara intensif hanya dalam 4 hari.

Artikel Rekomendasi