Networking untuk Karier: Manfaat dan Tips Membangunnya

digitalskola

digitalskola

19 Oktober 2021

networking untuk karier
Photo by Antenna on Unsplash

Kekuatan networking untuk karier menjadi faktor penting yang mampu membawa sesorang menuju kesuksesan. Networking skill dapat membantu pengembangan dan peningkatan keahlian agar tetap mampu mengikuti tren industri pekerjaan. Selain itu, pembangunan relasi secara teratur mampu membuka peluang luar biasa demi kemajuan diri di jenjang karier berdasarkan profesi yang sedang ditekuni. Networking mencakup semua orang yang ada di sekitarmu, mulai dari keluarga, teman, rekan kerja, koneksi bisnis, hingga anggota grup dari suatu komunitas.

Bagi kebanyakan individu yang berhasil dalam karier mereka, networking channel adalah salah satu pemicu paling kuat yang diciptakan setiap individu dari waktu ke waktu (Forbes). Namun, salah satu pemikiran yang masih keliru mengenai networking dan kerap kali ditemui adalah gagasan ‘menjual’ diri sendiri. Padahal sebenarnya, terdapat suatu upaya untuk membangun hubungan jangka panjang dan reputasi yang baik sepanjang waktu. Hal ini dapat melibatkan timbal balik soal kemampuan kamu untuk membantu menyelesaikan permasalahan pihak lain dan sebaliknya.

Membangun networking untuk karier ternyata punya segudang manfaat dalam meningkatkan kapasitas diri dan kemajuan. Bahkan, perwujudan ide dan gagasan bisa tercapai karena pengaruh besar dari aktivitas atau kebiasaan untuk membangun koneksi dengan individu maupun kelompok lain. Oleh karena itu, kamu harus paham berbagai tips dalam pengembangan skill yang satu ini.

Manfaat Membangun Networking

Membantu kamu lebih menonjol

Individu yang mencari publisitas atau ketenaran dalam dunia politik, bisnis, dan yang lainnya cenderung memanfaatkan networking. Orang-orang akan melihatnya sebagai seseorang yang relevan dalam membantu penyelesaian masalah mereka. Ketika kamu berhasil menonjolkan kemampuan tertentu yang kamu kuasai, kamu telah menciptakan ruang untuk membangun jenjang karier. Banyak profesional yang telah memahami cara untuk menjaga kekuatan networking sehingga secara kuat terasosiasikan sebagai solusi bagi rekan atau klien di luar sana.

Peluang memperoleh gagasan inovatif

Networking dapat menjadi sumber perspektif atau gagasan baru yang dapat mendukung kinerja peran dalam jenjang karier saat ini. Beberapa hal yang akan kamu peroleh adalah pertukaran informasi seputar pengalaman, tantangan, dan tujuan masing-masing di masa kini maupun mendatang. Kondisi tersebut dapat membuka pemikiran kamu menjadi lebih luas mengenai peluang-peluang besar dan menguntungkan. Bertukar pikiran dan memberikan timbal balik berupa gagasan baru adalah manfaat yang juga bisa diberikan kepada relasi tersebut.

BACA JUGA: Tips Personal Branding untuk Dongkrak Profesionalisme

Menambah pengetahuan

Tidak hanya bertukar pengalaman, ternyata kamu juga berkesempatan memperoleh banyak pengetahuan baru. Dengan begitu, kamu jadi lebih paham dan tahu teknis-teknis dalam bidang kerja tertentu agar tetap mampu mengikuti perkembangan industri terbaru. Semakin banyak networking, maka semakin luas juga akses menuju informasi baru dan berharga. Manfaat inilah yang terkadang masih diabaikan, padahal ada banyak penawaran terhadap kemajuan dan pengembangan karier. Jangan abaikan kenalan-kenalan baru di berbagai industri karena mereka mampu menawarkan sudut pandang baru mengenai wawasan tertentu.

Meningkatkan rasa percaya diri

Networking menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan kepercayaan dan penghargaan kepada diri sendiri. Rasa percaya ini akan semakin besar dari waktu ke waktu dengan bertambahnya relasi dari berbagai bidang. Hal ini akan menempatkanmu pada posisi yang positif setiap kali berinteraksi dengan pihak lain dari bidang karier yang sama. Bila sedang mencari pekerjaan, manfaat inilah yang membawa keuntungan dalam proses pencarian kerja maupun dalam sesi wawancara. 

Dukungan dari individu yang ahli di bidangnya

Setiap orang tentu harus melewati beberapa rintangan dalam niat mengembangkan kariernya. Ada beberapa faktor dan penyebab munculnya hambatan tersebut. Namun, networking yang dibangun sebaik mungkin dengan individu berpengalaman di bidang terkait dapat memberikan dukungan bagimu kapan saja. Orang-orang inilah yang akan membantumu dalam menghadapi tantangan secara efektif. Caranya melalui pemberian nasihat atau menghubungkan kamu kepada sumber-sumber pemecahan masalah paling tepat.

Tips Sukses Membangun Networking

Tingkatkan personal branding

Personal branding adalah cara untuk mempromosikan diri, kepribadian, keterampilan, dan pengalaman yang membantu meningkatkan profilmu di hadapan banyak orang. Kamu dapat mengatur waktu untuk meningkatkan kapabilitas dan wawasan berdasarkan bidang karier atau hal-hal yang kamu sukai menjadi manfaat bagi lingkungan sekitar. Cobalah untuk mengomunikasikan diri kamu kepada orang-orang berbeda di luar sana. Selain itu, luangkan waktu untuk memperbarui profil LinkedIn dalam menunjukkan personal branding secara online

Carilah orang yang tepat

Networking dalam dunia karier perlu mendukung kamu untuk mengalami perkembangan dan pertumbuhan internal secara profesional. Beberapa diantaranya dapat mencakup rekan kerja di masa lalu dan sekarang, atasan, teman, kolega, alumni tempat belajar yang sama, atau kenalan yang ditemui secara online. Jangkau orang-orang yang mampu memberikan bantuan khusus bila diperlukan. Jika tertarik untuk belajar di bidang yang berbeda, bangun koneksi dengan teman atau keluarga yang bekerja di industri tersebut.

Jadilah sosok yang proaktif

Frekuensi pembangunan networking yang cukup padat sangat penting untuk mempertahankan relasi penuh manfaat. Jangan hanya menghubungi mereka bila ada kebutuhan terdesak saja. Pertahankan semaksimal mungkin, paling tidak kamu memberikan sapaan melalui media sosial sebagai cara paling mudah. Semakin baik hubungan yang terbangun, maka semakin besar pula peluang mereka untuk bersedia memberikan bantuan saat kamu membutuhkan. Orang-orang cenderung lebih berkenan membantu ketika mengetahui diri kamu yang sebenarnya.

BACA JUGA: Membuat CV: Daftar 10 Pertanyaan dan Jawaban Pendukung

Ikuti acara-acara networking

Networking dapat muncul ketika kamu memutuskan untuk bergabung melalui acara perusahaan atau event khusus yang diadakan suatu komunitas. Situasi ini akan menghubungkan kamu menuju kontak-kontak penting. Kamu dapat berkenalan dengan orang-orang yang tidak keberatan untuk bertukar kontak atau membagikan kartu nama. Bahkan, bisa jadi ada banyak individu yang punya kesamaan dengan kamu, baik secara pribadi maupun berkaitan dengan dunia profesional. Ada berbagai jenis event yang berguna dalam membangun networking, baik secara offline maupun virtual.

Bangun network presence secara optimal

Saat ini, teknologi mampu membuat networking menjadi lebih mudah. Internet menjadi sumber daya yang sungguh berharga untuk mengembangkan hubungan dan komunikasi dengan relasi di luar sana. LinkedIn dan Facebook dapat menjadi perantara yang baik untuk membina hubungan secara online berdasarkan latar belakang tertentu. Mengirimkan friend request atau pesan singkat kepada kontak baru akan membantu mereka untuk mengingat kamu dalam menawarkan hubungan timbal balik. Pastikan profil online kamu rajin diperbarui karena pihak perekrut menggunakan platform profesional untuk memeriksa pengalaman dan keterampilan saat melamar pekerjaan. 

Itulah sekumpulan manfaat networking untuk karier dan tips yang perlu kamu ketahui dalam pembangunan networking. Dengan membangun networking secara maksimal, perkembangan dalam jenjang karier ikut memberikan pertumbuhan terhadap kapasitas diri sebagai seorang profesional. Oleh karena itu, kembangkan skill networking ini sebaik mungkin agar kamu mampu memperoleh banyak peluang luar biasa di masa kini dan masa depan.

chat