2 Jenis Pekerjaan Cyber Security, Pilih Mana?

digitalskola

digitalskola

18 Februari 2023

Cyber security menjadi salah satu bidang yang menjanjikan saat ini, cyber security adalah metode yang digunakan untuk melindungi sistem, jaringan, atau aplikasi dari berbagai serangan siber untuk menghindari akses data yang tidak sah, pencurian identitas, dan berbagai ancaman lain yang bisa merugikan organisasi, bisnis, atau individu. Tak heran, pekerjaan cyber security juga saat ini semakin luas dan bervariasi sesuai kebutuhan perusahaan. 

Umumnya, ahli cyber security memiliki tanggung jawab untuk melindungi data dan berbagai aset penting yang berpotensi disusupi oleh hacker jahat. Semakin banyak aset yang disimpan, maka semakin penting juga perusahaan untuk meningkatkan keamanan. Banyaknya serangan siber terhadap berbagai industri termasuk small business, mengakibatkan perusahaan makin banyak membutuhkan ahli di bidang ini. Oleh karena itu bisa dikatakan ada banyak peluang bagi talenta digital untuk memulai karier di pekerjaan cyber security. 

Fakta menariknya, karena cyber security merupakan bidang yang sangat luas, maka pilihan pekerjaan cyber security juga sangat variatif. Maka dari itu, kamu bisa menyesuaikan profesi sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Simak artikel ini untuk tahu lebih lengkap jenis pekerjaan cyber security!

Baca juga: Cyber Security Roadmap: Persiapan Karier dari Nol

Jenis Pekerjaan Cyber Security: Red Team 

Jenis pekerjaan cyber security pertama adalah red team, yaitu tim yang bersifat offensive atau penyerang yang ahli dalam menyerang sistem dan membobol pertahanan (Sumber: PURPLESEC). Ada beberapa jenis pekerjaaan cyber security yang tergolong sebagai red team, diantaranya: 

Jenis Pekerjaan Cyber Security: Penetration Tester 

Penetration tester atau biasa disebut dengan istilah white hat hacker bertugas untuk mencari celah keamanan dalam sistem dan melakukan analisis secara mendalam terhadap bug yang ada pada sistem. Mengutip dari Sandiego Edu umumnya tanggung jawab seorang penetration tester adalah:

  1. Melakukan penetration testing pada sistem komputer, jaringan, dan aplikasi
  2. Membuat metode pengujian baru untuk mengidentifikasi kerentanan
  3. Melakukan penilaian terhadap keamanan sistem, server, dan perangkat jaringan lainnya untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perlindungan
  4. Membuat pengujian baru untuk mengidentifikasi kerentanan
  5. Meninjau dan memberikan feedback untuk perbaikan keamanan informasi yang dimiliki perusahaan

Jenis Pekerjaan Cyber Security: Bug Hunter 

Bug hunter adalah jenis pekerjaan cyber security yang bertugas untuk menemukan kerentanan atau bug dalam suatu sistem atau aplikasi. Seorang bug hunter harus terbiasa dengan beberapa komponen utama yang diperlukan, diantaranya:

  1. Browser web: Hal-hal yang mencakup browser web yang digunakan untuk membuat pengujian seperti Google Chrome atau Firefox
  2. Proxy: Digunakan untuk memblok semua lalu lintas antara situs web target dengan browser yang digunakan
  3. Virtual machine: Bagian perangkat yang membantu mengisolasi alat pengujian dan melatih beberapa aplikasi rentan yang sudah dipublikasikan

Jenis Pekerjaan Cyber Security: Cyber Security Engineer 

Cyber security engineer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk merancang strategi yang bisa melindungi jaringan internal yang dimiliki perusahaan dari akses yang tidak dikenal atau tidak diinginkan. Ada beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh seorang cyber security engineer, diantaranya:

  1. Mengidentifikasi langkah-langkah yang harus dilakukan 
  2. Melakukan respons cepat apabila terjadi masalah keamanan
  3. Melakukan evaluasi dan audit 
  4. Melakukan pengembangan terhadap kelemahan teknis 

Jenis Pekerjaan Cyber Security: Blue Team 

Jenis Pekerjaan Cyber Security: Blue Team 
 Jenis Pekerjaan Cyber Security (Photo by Crew on Unsplash)

Selanjutnya, blue team yaitu tim yang bersifat defensif atau bertahan. Tim ini menerapkan kontrol untuk melakukan deteksi, proteksi, hingga respon insiden keamanan informasi. Ada beberapa jenis pekerjaaan cyber security yang tergolong sebagai blue team, diantaranya: 

Security Analyst 

Security analyst bertanggung jawab untuk mengamankan data dan keamanan informasi sensitif milik perusahaan. Ada beberapa tanggung jawab utama seorang security analyst diantaranya: 

  1. Melakukan pengujian terhadap sistem yang sudah dibuat
  2. Memantau permasalahan teknologi
  3. Mengganti software pendukung keamanan
  4. Mengembangkan keamanan informasi perusahaan
  5. Memberikan insight terkait kondisi keamanan data perusahaan

Security Engineer 

Pekerjaan cyber security lainnya adalah security engineer yaitu profesi yang bertanggung jawab untuk merancang dan menerapkan berbagai strategi untuk melindungi jaringan internal perusahaan dari akses yang tidak diinginkan. Ada beberapa tanggung jawab utama seorang security engineer diantaranya: 

  1. Menciptakan cara untuk membangun keamanan jaringan
  2. Menyelidiki gangguan jaringan
  3. Mengawasi perubahan pada jaringan
  4. Mendokumentasikan keamanan data perusahaan
  5. Menganalisis kebijakan keamanan
  6. Merekomendasikan hasil temuan untuk membantu melindungi keamanan perusahaan

System Administrator 

System administrator adalah profesi yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan jaringan komputer perusahaan. Ada beberapa tanggung jawab utama seorang system administrator diantaranya: 

  1. Mengidentifikasi kebutuhan perusahaan seputar keamanan 
  2. Memantau kinerja jaringan
  3. Mempertahankan kinerja jaringan
  4. Memantau penyebab kesalahan jaringan
  5. Melakukan upgrade sistem dan jaringan sesuai kebutuhan perusahaan

Baca juga: Menggiurkan, Ini Kisaran Gaji Cyber Security Indonesia

Pelatihan Cyber Security Bersertifikat

Setelah mengetahui jenis pekerjaan cyber security, saatnya kamu memilih sesuai dengan minat dan bakat. Kamu bisa mengikuti pelatihan bersertifikat Digital Skola yaitu Cyber Security: Penetration Testing For Beginner, di kelas ini kamu akan belajar ethical hacking dari 0 sampai siap kerja di bidang cyber security. Ada beberapa pilihan karier yang bisa kamu pilih setelah mengikuti pelatihan ini, diantaranya:

  1. Penetration tester
  2. Bug hunter
  3. Ethical hacker
  4. Cyber security

Penasaran? Caru tahu di sini:

Artikel Rekomendasi