Daftar 15 Profesi Paling Menjanjikan di Masa Depan

digitalskola

digitalskola

23 Agustus 2021

profesi paling menjanjikan di masa depan
Profesi Menjanjikan di Masa Depan. Photo by Razvan Chisu on Unsplash

Salah satu mimpi yang dikejar oleh banyak orang adalah memperoleh kesempatan berkarier sesuai bakat dan minat masing-masing. Namun, ada juga yang berupaya keras untuk mendapatkan profesi paling menjanjikan di masa depan. Beberapa kriteria yang sering digunakan adalah tingkatan penawaran gaji dan tren kebutuhannya bagi industri di masa mendatang.

Pada 2020, data menunjukkan banyaknya lowongan pekerjaan di bidang teknologi, perawatan kesehatan, hingga layanan penyediaan makanan. Menurut OOH, bidang-bidang tersebut akan mengalami pertumbuhan sebanyak lebih dari 10% antara 2018 sampai 2028. Perhitungan perkembangannya diproyeksikan terjadi bersamaan dengan sektor ekonomi lain yang bertumbuh sebanyak 4%.

Semakin ke sini, apakah kamu mulai berpikir menyusun strategi untuk meraih profesi menjanjikan di masa depan? Baik dalam hal pemasukan sampai permintaan sesuai urgensi situasi, simak daftar pekerjaan di bawah ini (MoneyCrashers, The Best Schools).

15 Profesi Paling Menjanjikan di Masa Depan

Data scientist

Pengetahuan dan keterampilan lanjutan matematika yang dibutuhkan profesi ini dapat menghasilkan gaji tinggi serta menguntungkan. Data scientist harus mampu memahami data matematis, keterampilan analitik, serta komunikasi kuat untuk menyampaikan temuan data kepada audiens. Proyeksi pertumbuhan profesi ini bisa mencapai 31% antara 2019 sampai 2029.

BACA JUGA: Kesempatan dan Pilihan Karier Data Science

Information security analyst

Profesi ini bekerja untuk mempertahankan sistem informasi data kompleks yang sekarang erat dengan kehidupan masyarakat. Beberapa pengetahuan yang harus dimiliki adalah software, hardware, ancaman terhadap data security, serta solusi tindakan perlindungan data. Kualifikasi yang diperlukan adalah gelar sarjana di bidang sistem informasi atau ilmu komputer. Kamu juga dapat melampirkan nilai tambah opsional berupa sertifikasi profesional dari penyedia terpercaya.

Web developer

Setiap kali kamu mengunjungi situs suatu perusahaan atau organisasi, itu artinya kamu melihat hasil kerja seorang web developer. Mereka menyusun sistem coding, menambahkan elemen pendukung, menguji, sampai memantau traffic website. Web developer dibagi lagi menjadi front-end dan back-end developer. Perkembangan profesi ini dapat mencapai 8% dalam setahun. Di Indonesia, web developer bisa memperoleh pemasukan hingga Rp 17,8 juta per bulan (SalaryExplorer).

Ahli statistik

Tanggung jawab seorang ahli statistik adalah menganalisis sekaligus mengimplementasikan temuan data bagi kepentingan berbagai pihak. Dalam menunjang peran dalam pekerjaannya, mereka harus melaksanakan survei, eksperimen, hingga jajak pendapat. Pertumbuhan profesi ini dapat mencapai 35% per tahun. Satu hal yang menjadi penyebabnya adalah meningkatnya kebutuhan pengolahan statistik data bagi perusahaan, sekolah, universitas, layanan kesehatan, dan lainnya.

Perawat

Perawat dikenal mampu menyediakan perawatan reguler maupun khusus kepada pasien. Tidak hanya itu, mereka juga memastikan bahwa kebutuhan dan perencanaan kesehatan pasien dapat dilaksanakan dengan baik. Perawat ikut melakukan kolaborasi bersama dokter, bidan, maupun tenaga profesional lainnya dalam melakukan pekerjaannya. Pertumbuhan profesi ini dapat mencapai 52% setahun.

UX designer

Mempunyai tugas utama untuk menciptakan pengalaman pengguna terhadap produk aplikasi maupun website suatu perusahaan. Mereka harus mampu memusatkan perhatian pada nilai fungsional dan emosional produk. UX designer menjadi profesi paling menjanjikan di masa depan karena kebutuhan pengalaman digital bagi user juga tergolong tinggi. Permintaan yang berkelanjutan mengakibatkan pendapatan UX designer bisa mencapai Rp 12,7 juta per bulan (SalaryExplorer)

UI designer

Profesi yang satu ini dikenal berhubungan dan bekerja sama dengan UX designer dalam mewujudkan suatu produk. UI designer bertanggung jawab atas aspek visual dari website atau aplikasi. Beberapa diantaranya adalah pemakaian tipografi, palet warna, hingga ikon yang relevan. Kunci utama dari setiap pekerjaan adalah menciptakan produk yang interaktif bagi pengguna. Rata-rata pendapatan UI designer Indonesia adalah Rp 13 juta per bulan (Payscale).

BACA JUGA: 3 Perbedaan Mendasar UI dan UX Designer

Data architect

Internet of Things atau IoT yang berkembang menyebabkan volume data, perangkat, dan sensor yang terhubung ikut meningkat. Perusahaan membutuhkan data architect yang terampil dalam menerjemahkan informasi menjadi database tertentu. Proyeksi peningkatan pekerjaan ini bisa mencapai 16% dalam satu tahun. Selain itu, data architect akan bekerja untuk merencanakan dan mengkoordinasikan sumber daya bagi solusi berbasis data.

Business analyst

Profesi yang satu ini akan menjembatani kesenjangan antara dunia bisnis dengan IT. Kandidat kuat untuk menempati posisi business analyst perlu memiliki pengalaman di bidang analisis aliran data, keuangan, serta manajemen proyek. Mereka juga memastikan bahwa data yang terkumpul dan pelaporan dari berbagai departemen dapat menjadi dasar keputusan bisnis. Rata-rata gaji business analyst di Indonesia adalah Rp 10-15 juta sebulan (Glassdoor).

Mobile application developer

Dewasa ini, kehidupan tidak pernah dari kebutuhan akan aplikasi berdasarkan aktivitas masing-masing. Mulai dari aplikasi hiburan hingga yang sifatnya produktif, dapat membuat hidup lebih mudah dan berwarna tiap harinya. Meningkatnya industri ini ternyata tidak lepas dari pengaruh mobile application developer. Di Amerika, proyeksi perkembangannya dapat mencapai 19%. Posisi ini juga banyak dicari oleh perusahaan berbasis software dan teknologi.

Data engineer

Berdasarkan DICE Tech Job Report 2020, data engineer adalah pekerjaan dengan pertumbuhan paling cepat, yakni sebesar 50% pada 2019. Salah satu tugas utama dari profesi ini adalah membuat dan menjaga arsitektur dari data pipeline. Selain itu, mereka juga membuat tools untuk proses analitik serta memudahkan pekerjaan data scientist. Kebutuhan big data yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menjadi latar belakang data engineer sebagai profesi paling menjanjikan di masa depan.

BACA JUGA: Langkah-Langkah Menjadi Data Engineer

Business intelligence analyst

Perusahaan telah mengupayakan data mining dan reporting sebagai aset penting bagi masa depan. Hal ini menyebabkan pertumbuhan keuangan secara eksponensial dan membutuhkan business intelligence analyst untuk mengerjakan akuntansi perusahaan. Tidak hanya itu, profesi ini juga menganalisis tren bisnis secara optimal. Seseorang yang berprofesi di bidang pekerjaan ini bisa memperoleh gaji bulanan hingga Rp 30 juta (Economic Research Institute).

Aktuaris

Proyeksi pertumbuhan aktuaris di 2019 sampai 2029 dapat mencapai 19% dan cenderung lebih cepat dari rata-rata. Mereka menggunakan data, statistik, dan matematika untuk menganalisis biaya keuangan dari adanya ketidakpastian dan risiko. Perusahaan membutuhkan aktuaris yang memiliki gelar sarjana dan memiliki sertifikat profesional. Hal ini dikarenakan beban kerja yang berdampak signifikan bagi kemajuan suatu perusahaan.

Natural science manager

Tugas dari profesi ini adalah mengembangkan proyek yang kontributif bagi masyarakat melalui sains. Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengarahkan aktivitas para ilmuwan supaya tetap selaras dengan tujuan perusahaan. Natural science manager termasuk mengawasi inisiatif dari penelitian serta pengembangan. Proyeksi pertumbuhan profesi ini cukup menjanjikan yakni mencapai 10%.

Software developer

Profesi developer yang satu ini bertugas mendesain sekaligus membangun software yang biasa dijalankan pada perangkat genggam maupun komputer. Sebagian membuat aplikasi yang spesifik untuk tujuan tertentu. Sedangkan, developer lainnya mengerjakan sistem operasi yang dipakai jaringan serta perangkat. Lapangan pekerjaan ini memang diperkirakan berkembang hingga 22% selama beberapa tahun ke depan.


Itulah beberapa profesi paling menjanjikan di masa depan. Kamu dapat mempertimbangkan seluruhnya sesuai bakat, minat, latar belakang, sampai kemampuan yang mendukung. Nantinya, penghasilan yang kamu terima tentu sepadan dengan tanggung jawab pekerjaan.

Artikel Rekomendasi