Remote Working Indonesia: 18 Situs Terbaik

digitalskola

digitalskola

3 Desember 2021

remote working indonesia
Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash

Remote working telah berkembang sangat pesat. Google Trends menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang mencari peluang kerja secara remote dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir. Berkaca dari pandemi selama dua tahun ini, telah terjadi perubahan gaya hidup yang cukup masif. Semakin banyak pula orang yang bekerja dari rumah dan menemukan peluang kerja baru tanpa harus menyediakan waktu sebanyak delapan sampai sembilan jam di kantor dalam sehari. Jika kamu sedang gencar mencari peluang remote working Indonesia, maka kamu harus cerdas menemukan sumber informasi untuk mewujudkan praktik model kerja tersebut.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Buffer, 99% responden mengungkapkan bahwa mereka ingin bekerja secara remote dalam beberapa waktu ke depan. Studi ini juga menyatakan bahwa banyak orang tertarik untuk mencari pekerjaan remote dari berbagai sumber. Tujuannya agar mereka dapat menikmati jadwal yang fleksibel dan punya lebih banyak waktu bersama keluarga. Sebagian juga memperoleh kesempatan untuk meningkatkan produktivitas dan mampu mencapai work-life balance. Hal ini juga berdampak pada kesehatan pribadi karena akses terhadap kebutuhan diri dapat terpenuhi dengan mudah.

Siapkah kamu untuk memulai perjalanan karier secara remote dan bisa bekerja tanpa terbatas pada lokasi tertentu? Saat ini, akses terhadap informasi dan lowongan kerja remote semakin meningkat dibanding sebelumnya. Untuk membantu kamu menemukan pekerjaan paling sesuai, di bawah ini sudah terangkum daftar situs terbaik untuk mencari remote working lokal maupun internasional. Setiap hari, masing-masing situs akan memberikan berbagai peluang baru yang dapat dipertimbangkan untuk melamar di posisi impianmu.

Remote Working Indonesia: Keuntungan dan Manfaatnya

Hemat waktu dan uang

Berkendara ke kantor biasanya memakan banyak waktu, tenaga, dan uang. Padahal, waktu dan uang ini dapat kamu habiskan dalam bentuk yang lebih produktif. Berkendara juga kurang baik bagi lingkungan, apalagi bila kamu menggunakan kendaraan pribadi. Melalui remote working, ratusan ribu rupiah dan jam dapat dihemat sepanjang tahun. Kamu juga berkontribusi untuk mengurangi emisi karbon akibat penggunaan kendaraan bermotor. Meskipun tidak banyak, kamu dapat menghemat sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan listrik, peralatan, maupun kebutuhan dasar lainnya.

Work-life balance

Kemampuan untuk melaksanakan remote working mampu menawarkan work-life balance lebih baik. Bekerja di rumah atau tempat-tempat yang dapat kamu jangkau memudahkan pengendalian kehidupan pribadi lebih baik. Kamu dapat merencanakan pekerjaan dan tugas-tugas rumah tangga secara efektif. Hal ini memicu pencapaian untuk menyelesaikan pekerjaan dalam bentuk yang produktif. Ketika menjalankan remote working, kamu dapat merasakan secara langsung hal-hal berikut:

  • Tidak perlu terburu-buru atau berada di kendaraan terlalu lama
  • Tidak perlu membawa file atau laptop
  • Bisa beristirahat kapan saja kamu membutuhkannya
  • Memperoleh lebih banyak waktu bersama keluarga

BACA JUGA: 5 Cara agar Kamu Bisa Kerja Remote Selamanya

Kebebasan memilih lokasi

Salah satu manfaat besar dari remote working adalah akses menuju berbagai peluang kerja luas dan tidak terbatas pada lokasi geografis. Hal ini bisa sangat membantu bagi job seeker yang tinggal di daerah lebih kecil, terutama daerah yang tidak punya banyak ketersediaan posisi kerja di sana. Sebagian orang merasa puas karena bisa bepergian dan hidup sebagai nomaden sembari menjalani karier yang bermakna. Selain itu, remote working adalah alternatif kerja yang bagus untuk menghindari biaya sewa tempat tinggal di wilayah dengan biaya hidup tinggi. Kamu tidak perlu kesulitan mendekatkan diri di wilayah metropolitan hanya untuk menjalani karier yang dipilih.

Rekomendasi Situs Remote Working Indonesia

Kalibrr

Jika kamu memiliki cita-cita bekerja di perusahaan ternama, maka Kalibrr bisa menjadi tempat terbaik untuk kamu mencari kerja yang sesuai harapan kamu. Kalibrr sudah bekerja sama dengan perusahaan ternama untuk memberikan lowongan kerja untuk berbagai level termasuk fresh graduate. Di sini, tak hanya lowongan pekerjaan secara work from office, tapi kamu juga bisa menemukan lowongan kerja remote untuk berbagai bidang seperti software engineer, administrasi, dan lain sebagainya. 

LinkedIn

Siapa yang tidak kenal LinkedIn? Platform ini sudah pasti mempunyai fitur terbaik untuk mencari, menyimpan, dan melamar menuju peluang remote working Indonesia atau seluruh dunia. Kamu dapat memanfaatkan filter penting untuk menemukan pekerjaan remote, seperti “Date Posted” dan “Experience Level”. Job seeker berpeluang terhubung dengan lowongan pekerjaan melalui undangan langsung atau Inmail. Namun, kamu dapat mengoptimalkan pemakaian aplikasi ini dengan ikut berlangganan paket Premium. Saat ini, LinkedIn memiliki lebih dari 500 juta user di seluruh dunia dengan perannya sebagai social networking, job platform, hingga recruiting platform. Kemudahan untuk terhubung dengan perekrut maupun perusahaan menjadi nilai tambah untuk memanfaatkan LinkedIn sebagai perantara pencarian kerja secara remote.

Freelance.co.id

Jika kamu tertarik untuk mencari pekerjaan remote secara freelance yang berbasis project Indonesia kamu bisa mencari pekerjaan melalui website ini, Kamu bisa membuat akun secara gratis dan mengajukan diri kepada berbagai perusahaan yang memiliki project yang sesuai dengan skill yang kamu miliki. Ada banyak jenis pekerjaan yang tersedia mulai dari digital writer hingga UI/UX designer.

Fastwork

Jika kamu tertarik untuk bekerja secara freelance, maka kamu bisa mencari lowongan freelance remote working di situs Fastwork. Salah satu kelebihan dari bekerja freelance adalah kamu bisa menerima dan mengerjakan beberapa project sekaligus sehingga income yang kamu dapatkan juga bisa double atau bahkan triple.  Di situs Fastwork kamu bisa memasang tawaran jasa dan nantinya jika ada klien yang tertarik, ia bisa menghubungi kamu lewat fitur chat dan dilanjutkan dengan memberikan penawaran. 

Glints

Walaupun portal pekerjaan ini berasal dari Singapura, tetapi kamu bisa mencari berbagai lowongan pekerjaan remote dari banyak perusahaan Indonesia. Menariknya, di portal ini kamu bisa mengkategorikan pekerjaan dengan mudah mulai dari remote, freelance, part-time, hingga full-time. Di Glints juga kamu bisa mendapatkan informasi soal perusahaan-perusahaan terkenal dari mereka yang sedang merekrut karyawan. 

KitaLulus

KitaLulus adalah platform pencarian kerja di Indonesia yang menyediakan banyak informasi mengenai lowongan full-time, part-time, hingga freelance secara work from home atau remote dan juga work from office. Di situs KitaLulus juga kamu bisa menemukan lowongan untuk berbagai jenjang pendidikan mulai dari SMA,SMK, MA, D3, S1 dan lain sebagainya.

Rekomendasi Situs Remote Working Indonesia

Flexjobs

Merupakan situs remote working terbaik untuk menemukan pekerjaan impian yang dapat kamu lakukan secara jarak jauh. Saat ini, ada lebih dari 36.000 lowongan kerja aktif dari lebih dari 4.000 perusahaan. Semuanya diatur menurut berbagai kategori industri dan peluang kerja full-time maupun freelance. Kamu dapat menemukan berbagai pekerjaan, mulai dari entry-level hingga eksekutif. Sebagian besar termasuk remote jobs dan dapat dijalankan secara fleksibel. Kamu harus menyiapkan budget lebih untuk berlangganan sebagai member di Flexjobs. Namun, setiap nominal yang kamu keluarkan sungguh berharga bila kamu serius mencari pekerjaan remote melalui platform tersebut.  Mengapa Flexjobs berbayar?

  • Peluang kerja yang melewati penyaringan secara manual melalui perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia
  • Tingkat persaingan jauh lebih rendah
  • Kamu cukup membayarkan sedikit biaya penggunaan situs dan pihak situs tidak akan mengambil 20% dari gaji yang akan kamu peroleh

We Work Remotely

Jika kamu tidak membatasi diri hanya mencari lowongan remote working Indonesia, situs yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan. Perannya diperhitungkan sebagai situs remote jobs terbaik untuk perusahaan dan freelancers. Platform ini mampu menghubungkan user dengan posisi di perusahaan dan startup dari seluruh dunia. Secara ideal, pelamar perlu memiliki beberapa keterampilan dan keahlian kerja secara remote. Latar belakang pendidikan yang tinggi juga memberikan pengaruh untuk memperoleh pekerjaan potensial. We Work Remotely menjamin bahwa tidak ada kemungkinan scam atau online survey yang tidak diharapkan muncul dari situs tersebut. Situs ini menyediakan link khusus sebagai tempat untuk menautkan CV, portofolio, dan surat lamaran untuk menjalani proses rekrutmen secara langsung dengan potential employer.

Remote OK

Remote OK dianggap sebagai digital nomad jobs board nomor satu di internet. Situs ini telah menjangkau lebih dari 800.000 pekerja remote setiap bulan. Remote OK bahkan juga menyediakan statistik live traffic untuk membuktikan ramainya minat kerja tersebut. Daftar job posts dikirimkan melalui e-mail atau live job feeds di Twitter dan Facebook. Mendaftar dan mencari pekerjaan terasa mudah bagi para job seeker. Kamu dapat memfilter pencarian berdasarkan recruiters, position level (senior atau junior), kategori tech atau non-tech, maupun tipe-tipe industri terkait.

Upwork

Upwork adalah global freelancing marketplace terbesar di dunia. Platform ini mampu menghubungkan bisnis dengan para pekerja profesional independen untuk bekerja serta berkolaborasi secara jarak jauh. Upwork ikut menawarkan serangkaian kategori pekerjaan dalam lingkup sangat luas dan kamu bisa mendaftarkan diri secara gratis. Daftar pekerjaan yang tersedia di Upwork sungguh beragam, mulai dari content writing, video editing, web design, research, serta programming. Sebagai freelancer, kamu akan disediakan 60 koneksi setiap bulannya. Upwork juga menawarkan fasilitas Proficiency Test untuk mengukur keterampilanmu freelancer dan membantu mereka mendapatkan perhatian dari pemberi kerja. Bila menggunakan Upwork sebagai situs perantara mencari pekerjaan remote working, kamu harus cerdas mencari peluang emas untuk meningkatkan kariermu secara jangka panjang.

BACA JUGA: Alasan dan Tips untuk Melakukan Transisi Karier

Fiverr

Freelance marketplace platform ini mampu membeli dan menjual layanan dengan harga minimal sebesar $5. Setelah mendaftarkan diri di Fiverr, kamu perlu membuat Gig untuk memberitahukan klien berprospek seputar layanan yang kamu tawarkan dengan $5. Kamu berkesempatan memperoleh lebih banyak pekerjaan apabila berhasil dipekerjakan, menyelesaikan pekerjaan dengan baik, dan menerima rating yang layak dari klien. Seluruh pemberi kerja maupun klien berprospek lain mampu melihat rating melalui membership profile milikmu. Rating yang bagus di Fiverr juga memungkinkan kamu untuk naik level sekaligus menambah kredibilitas ketika melangkah ke pekerjaan selanjutnya. Freelancer juga diizinkan untuk membuat Extra Gig yang menggunakan tarif lebih tinggi untuk melakukan penawaran, tapi tidak boleh menyentuh nominal lebih dari $1500. 

Working Nomads

Working Nomads menawarkan pilihan remote jobs yang sungguh luas bagi para pencari kerja. Platform ini juga membuka peluang bagi kamu untuk bekerja kapan saja dan di mana saja. Penawaran bisa datang dari berbagai kota dan negara di seluruh dunia. Kamu dapat mencari pekerjaan di bidang desain, development, consulting, dan sebagainya. Bila tidak ingin kerepotan mencari kerja sendiri, kamu dapat meminta Working Nomads untuk mengirimkan e-mail berisi pekerjaan sesuai bidang yang diinginkan. Situs ini terbukti mampu menarik minat dan perhatian perusahaan, perekrut, calon karyawan, serta freelancer untuk berkolaborasi serta membuka peluang-peluang kerja dari jarak jauh.

Remotive

Ingin bekerja remote di perusahaan luar negeri? Kamu bisa coba mencari lowongan pekerjaan remote di situs Remotive! Situs ini adalah tempat terbaik untuk kamu yang ingin mengakses dengan mudah peluang bekerja secara remote di perusahaan teknologi yang sudah terverifikasi.

Di situs ini kamu bisa menemukan lowongan remote untuk berbagai posisi mulai dari software development, customer service, design, marketing, finance, legal, human resources, QA, writing, business, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, di situs ini kamu bisa melihat juga gaji yang ditawarkan dari masing-masing lowongan yang tersedia. 

JustRemote

Situs JustRemote sudah hadir sejak tahun 2003 untuk membantu banyak talenta mencari lowongan pekerjaan remote. Di situs ini kamu bisa menemukan pekerjaan remote di negara tertentu, jadi jika kamu ingin mencari lowongan di Indonesia, maka kamu bisa menggunakan fitur pencarian lowongan di Indonesia. Di situs ini juga kamu bisa mencari lowongan remote secara full time atau permanen dan kamu juga bisa mencari lowongan remote secara kontrak. 

AngelList

AngelList adalah salah satu situs terbaik untuk menemukan pekerjaan jarak jauh atau remote terutama di perusahaan-perusahaan startup. Di situs ini kamu bisa menemukan banyak sekali peluang kerja jarak jauh yang bisa kamu pilih sesuai dengan skill hingga industri yang kamu inginkan. Fakta menariknya, perusahaan-perusahaan besar seperti Postmates, Stripe, dll juga banyak mencari karyawan dari situs ini, lho! 

PowerToFly

PowerToFly adalah situs yang bisa kamu gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan yang dikelompokkan berdasarkan kategori pekerjaan. Menariknya, situs ini dikhususkan untuk para wanita yang ingin bekerja dari rumah. Di sini, para wanita bisa mencari lowongan pekerjaan software engineering, marketing, sales, data, design, project manager, dan lain sebagainya. 

CakeResume

CakeResume merupakan salah satu situs lowongan kerja terpercaya yang bisa kamu gunakan untuk mencari lowongan remote mulai dari skala startup dalam negeri hingga perusahaan multinasional. Salah satu keunggulan dari CakeResuma adalah transparansi dalam memberikan informasi mengenai kisaran gaji yang ditawarkan oleh perusahaan sehingga kamu bisa membuat keputusan yang lebih baik mengenai peluang pekerjaan yang sesuai dengan harapan. 

NoDesk

Di situs NoDesk kamu bisa mendapatkan pekerjaan remote secara global dari perusahaan dengan berbagai ukuran mulai dari perusahaan startup hingga perusahaan yang sudah besar dan terkenal. Menariknya, di situs ini kamu juga bisa membaca berbagai artikel menarik terkait remote work mulai dari tips mendapatkan remote job hingga berbagai cerita dan pengalaman dari para pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja secara remote.  

Belajar Skill Untuk Bisa Jadi Remote Worker

Tentunya jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan remote, kamu harus meningkatkan terus kemampuan dan keterampilan pada bidang kerja yang dicari oleh industri. Ada beberapa contoh profesi yang kini banyak dicari perusahaan remote diantaranya:

Social Media Specialist

Social media specialist bertanggung jawab untuk mengelola content plan dan strategi di berbagai platform media sosial. Rata-rata gaji social media specialist menurut Glassdoor adalah 5-11jt/bulan. Untuk bisa berkarier jadi social media specialist kamu harus memiliki skill copywriting, market research, analytics and reporting, dan social media savvy. 

Digital Writer

Ada 4 jenis spesialisasi profesi digital writer, diantaranya adalah:

  • Copywriter = Menulis teks yang fokus pada tujuan pemasaran atau persuasif. Skills yang dibutuhkan meliputi strategy, creative writing, socmed management. Mengutip Glassdoor kisaran gaji copywriter 6-13jt/bulan
  • SEO Content Writer =  Menulis artikel berdasarkan SEO keyword untuk meningkatkan visibilitas blog/website perusahaan. Skills yang dibutuhkan meliputi  menulis SEO friendly, keyword research, dan search intent. Mengutip Glassdoor kisaran gaji SEO content writer 6-11jt/bulan
  • Technical Writer = Menulis berbagai dokumen teknis agar dipahami oleh konsumen ketika membeli produk tertentu. Skills yang dibutuhkan meliputi  menulis technical skills, documentation, research, technical writing. Mengutip Glassdoor kisaran gaji SEO technical writer 5-11jt/bulan
  • UX Writer = Menulis microcopy yang berhubungan dengan journey atau user experience saat menggunakan website atau aplikasi. Skills yang dibutuhkan meliputi riset pengguna, UX, menulis copy pendek.  Mengutip Glassdoor kisaran gaji SEO technical writer 5-11jt/bulan

Data Engineer

Bertanggung jawab membangun infrastruktur untuk kebutuhan analisis dan operasional perusahaan. Skills yang dibutuhkan meliputi pemrograman, data warehouse, big data, SQL dan NoSQL. Mengutip Glassdoor kisaran gaji data engineer 6-11jt/bulan.

Data Scientist

Bertanggung jawab mengumpulkan, membersihkan, merapikan, dan mendapatkan insight atau rekomendasi untuk perkembangan bisnis. Skills yang dibutuhkan meliputi statistik, pemrograman, data wrangling, database management. Mengutip Glassdoor kisaran gaji data scientist 7-8jt/bulan.

UI Designer

Bertanggung jawab mendesain interface untuk perangkat lunak komputer, ponsel pintar, dan lainnya. Skills yang dibutuhkan meliputi interactive design principles, branding, typography, wireframing. Mengutip Glassdoor kisaran gaji data scientist 8-16jt/bulan.

UX Designer

Bertanggung jawab mendesain pengalaman pengguna dalam menggunakan perangkat lunak, komputer, ponsel pintar, dll. Skills yang dibutuhkan meliputi prototyping, wireframing, user research, usability testing, mockups. Mengutip Glassdoor kisaran gaji data scientist 8-20jt/bulan.

Kamu bisa pelajari skill yang dibutuhkan industri di kelas-kelas Digital Skola. Di kelas Digital Skola tak hanya bisa mendapatkan pelatihan hardskill dengan mentor expert, tapi kamu juga akan mendapatkan fasilitas lain yang bisa menunjang karier seperti:

  1. Portofolio
  2. HR sharing
  3. Certificate of completion
  4. Professional branding 

Cari tahu info lengkapnya dengan klik link button di bawah ini!

Artikel Rekomendasi