Salah Jurusan Kuliah? Jangan Panik, Ini Solusinya!

digitalskola

digitalskola

23 Agustus 2024

Salah jurusan kuliah
                        Salah Jurusan Kuliah (Photo by Brett Jordan on Unsplash)         

Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap bahwa hampir 10 juta penduduk Indonesia Generasi Z berusia 15-24 tahun ada di kategori NEET (Not in Employment, Education, and Training), alias menganggur. Bappenas menyebut penyebab utamanya adalah karena kurang sinkronnya pendidikan dan permintaan yang diakibatkan dari maraknya fenomena Gen Z salah jurusan kuliah atau menempuh pendidikan di jurusan yang tidak banyak dibutuhkan industri dan akhirnya membuat Gen Z semakin sulit mendapatkan pekerjaan (Source: Kompas.com). 

Tak bisa dipungkiri, sedikit banyak salah jurusan kuliah akan mempengaruhi karier ke depannya. Sebagian orang mungkin bisa tetap berkarier dengan cemerlang meskipun salah jurusan kuliah. Namun, tidak sedikit pula yang merasa kesulitan untuk bisa mendapatkan pekerjaaan. Maka dari itu, jika kamu sudah terlanjur salah pilih jurusan dan takut mengalami kesulitan mencari pekerjaan, ini dia beberapa solusi yang bisa kamu lakukan. Simak lengkapnya di artikel ini!

Solusi Bagi Mahasiswa yang Merasa Salah Jurusan Kuliah

Solusi Bagi Mahasiswa yang Merasa Salah Jurusan Kuliah
                        Salah Jurusan Kuliah (Photo by Becca Tapert on Unsplash)         

Faktanya, melansir dari hasil penelitian Indonesian Career Center Network menyatakan bahwa sebanyak 87% mahasiswa mengaku kalau mereka mengambil jurusan yang tidak sesuai minat mereka. Jika kamu merasakan hal yang sama, berikut solusi agar bisa tetap survive di dunia perkuliahan dan memiliki peluang kerja yang luas meskipun salah jurusan kuliah:

Kembangkan Keterampilan yang Bisa Digunakan di Berbagai Pekerjaan

Jika kamu saat ini masih di bangku kuliah dan merasa salah pilih jurusan, maka kamu bisa fokus mengasah keterampilan yang bisa diterapkan di berbagai bidang, seperti:

  • Analisis data sederhana
  • Komunikasi
  • Project management

Keterampilan dasar seperti ini umumnya dipelajari di semua jurusan, maka dari itu kamu bisa manfaatkan dengan mengasah skills tersebut.

Manfaatkan Mata Kuliah Pilihan

Ambil mata kuliah pilihan yang bisa mendukung minat kariermu agar bisa membantu membangun portofolio yang nantinya akan sangat berguna saat kamu terjun ke dunia kerja. 

Solusi Salah Jurusan Kuliah: Aktif Berorganisasi

Banyak organisasi yang mengadakan berbagai real project seperti event management, social campaign, hingga penelitian. Pengalaman ini bisa kamu manfaatkan untuk mengasah skills sekaligus mendapatkan pengalaman yang bisa kamu masukkan ke dalam CV dan portofolio untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki keterampilan praktis di luar akademik. 

Solusi Salah Jurusan Kuliah: Ikut Magang

Kamu juga bisa coba ikut magang di bidang yang lebih sesuai dengan minat kariermu. Dengan ikut magang, kamu bisa mendapatkan pengalaman untuk explore bidang lain tanpa harus pindah jurusan. Selain itu, dengan ikut magang kamu bisa membangun networking di bidang yang kamu minati, yang bisa bermanfaat setelah lulus kuliah. 

Solusi Salah Jurusan Kuliah: Konsultasi dengan Dosen atau Konselor Akademik

Bicarakan dengan dosen atau konselor akademik tentang karier impianmu. Nantinya, dosen atau konselor akademik akan memberikan insight atau saran yang bisa membantu kamu tetap termotivasi dan menemukan arah karier yang lebih sesuai. 

BACA JUGA: Switch Career: Definisi Hingga Panduan Lengkap

Solusi Salah Jurusan Kuliah: Tetapkan Tujuan Jangka Panjang

Solusi selanjutnya adalah pikirkan rencana karier setelah lulus, pahami bahwa jurusan yang kamu pilih sekarang bisa menjadi batu loncatan untuk mencapai tujuan karier yang lebih luas, bukan sebagai penghalang. Kamu bisa rencanakan untuk mengambil kursus tambahan, sertifikasi, atau pendidikan lanjutan setelah lulus. 

Solusi Salah Jurusan Kuliah: Ikut Pelatihan di Luar Kampus

Ikut pelatihan seperti bootcamp juga bisa menjadi solusi yang efektif bagi kamu yang merasa salah jurusan kuliah tapi ingin mendapatkan pekerjaan di bidang yang lebih sesuai dengan minatmu. Bootcamp seringkali melibatkan real project yang bisa kamu gunakan sebagai portofolio yang akan berguna saat melamar kerja. 

Solusi Salah Jurusan Kuliah: Kuliah Sambil Kerja

Solusi lain bagi kamu yang merasa salah jurusan kuliah adalah coba bekerja part time yang sesuai dengan minat kariermu. Atau, kamu juga bisa mencoba berwirausaha untuk belajar berjualan sambil menambah penghasilan.

Solusi Bagi Lulusan yang Merasa Salah Jurusan Kuliah

Solusi Bagi Lulusan yang Merasa Salah Jurusan Kuliah
                        Salah Jurusan Kuliah (Photo by Brett Jordan on Unsplash)         

Jika sudah lulus kuliah dan merasa salah jurusan, kamu bisa coba ikuti solusi ini agar tetap bisa meraih karier impian:

Analisis Keterampilan yang Diperoleh Selama Kuliah

Solusi pertama adalah identifikasi keterampilan yang diperoleh selama kuliah dan bisa diterapkan di bidang lain. Setelah itu, cocokkan keterampilan tersebut dengan kebutuhan di industri atau karier impian yang diinginkan. Ini akan membantumu menemukan kecocokan antara latar belakang pendidikan dengan karier impianku. 

Kenali Keterampilanmu dan Evaluasi Minat

Buat daftar keterampilan yang kamu kuasai dan luangkan waktu untuk mengeksplorasi bidang yang kamu minati. Kamu bisa coba cari tahu lebih dalam tentang bidang yang kamu inginkan dan evaluasi kecocokan bidang tersebut dengan passion-mu. 

Ikut Pelatihan atau Sertifikasi

Kini ada banyak platform online seperti Digital Skola yang menyediakan pelatihan di berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan industri. Ini bisa jadi solusi efektif untuk kamu agar bisa menambah value dan membuka peluang di industri.

Ikut Volunteer atau Magang

Meskipun sudah lulus, mengambil kesempatan untuk magang atau bekerja sebagai relawan di bidang yang kamu minati bisa memberikan pengalaman praktis yang tentunya akan membantu untuk meraih karier impian. 

Bangun Networking di Industri yang Diinginkan

Bergabung dengan komunitas profesional di bidang yang diinginkan baik secara online atau offline bisa membuka banyak peluang. Kamu bisa bangun networking dengan menghadiri seminar atau workshop yang sesuai dengan industri incaranmu. 

Pertimbangkan Program Pascasarjana atau Sertifikasi Khusus

Jika karier impianmu membutuhkan keahlian atau pengetahuan yang lebih mendalam, maka kamu bisa pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di program pascasarjana yang lebih relevan atau mengikuti sertifikasi khusus. 

Bangun Portofolio 

Mulailah membangun portofolio yang relevan dengan karier impian. Misalnya, jika kamu tertarik dengan bidang copywriting, maka kamu bisa buat dummy project yang bisa dipamerkan kepada calon pemberi kerja. 

Sesuaikan CV

Sesuaikan CV kamu untuk menyoroti keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan karier impianmu. Fokuskan pada keterampilan yang kamu miliki yang bisa bermanfaat di industri yang kamu tuju.

Mulai dari Posisi Entry-Level 

Jangan takut mulai dari bawah, kamu harus memulai karier baru dari posisi entry level agar mendapatkan pengalaman yang bisa jadi batu loncatan untuk mencapai posisi yang lebih tinggi di kemudian hari. 

Coba Freelance  

Jika memungkinkan, ambil proyek freelance di bidang yang kamu inginkan. Ini bisa menjadi cara untuk membangun portofolio dan mendapatkan pengalaman praktis tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama jika kamu sudah bekerja.

Raih Karier Impian Bersama Mentor Expert

Raih Karier Impian Bersama Mentor Expert
                  Salah Jurusan Kuliah (Photo by Campaign Creators on Unsplash)         

Salah jurusan kuliah bukanlah akhir dari segalanya. Malah, ini bisa jadi titik awal untuk kamu mengejar karier impian yang benar-benar sesuai dengan passion dan tujuan hidupmu. Ingat, tak ada kata terlambat untuk memulai kembali. Jika kamu merasa butuh arahan dan upgrade skills baru untuk switch career, mengikuti pelatihan di Digital Skola bisa jadi solusi yang tepat. 

Dengan mengikuti pelatihan di Digital Skola, kamu bisa mendapatkan bimbingan dari para praktisi ahli dengan materi komprehensif yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri sehingga kamu bisa belajar dari nol hingga siap terjun langsung ke dunia kerja, tanpa harus khawatir soal latar belakang pendidikanmu. Di Digital Skola, ada banyak pilihan kelas yang bisa kamu sesuaikan dengan minat kariermu, seperti:

  • Data Science
  • Data Entry
  • Data Engineering
  • Data Analyst
  • Social Media Marketing
  • Copywriting
  • Digital Writing Camp
  • Tech Writing
  • KOL Specialist
  • Virtual Assistant, dan masih banyak lagi

Di Digital Skola juga selain dapat kurikulum sesuai kebutuhan industri, kamu akan dapat fasilitas lengkap seperti: 

  • Job connector
  • Personal projects
  • Portfolio
  • Unlimited career consultation
  • Professional Branding
  • 1-on-1 career counseling with HR Expert, dan masih banyaj lagi

Klik link di bawah ini buat info lengkap kelas serta pendaftarannya, ya!

Artikel Rekomendasi