Situs Belajar Cyber Security Gratis

digitalskola

digitalskola

26 Maret 2023

Profesi cyber security kian diminati oleh jobseeker. Bagaimana tidak, saat ini berbagai top company berani memberikan gaji yang fantastis untuk posisi cyber security. Jika kamu tertarik untuk bekerja sebagai cyber security, maka kami akan menyediakan rekomendasi situs belajar cyber security gratis yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. 

Tertarik untuk belajar skill-nya dan berkarier sebagai cyber security di top company? Silakan baca artikel ini sampai habis. Semoga bermanfaat!

situs belajar cyber security
Situs belajar cyber security (Photo by Jefferson Santos on Unsplash)

Situs Belajar Cyber Security

Bagi kamu yang sudah merasa yakin dan ingin berkarier menjadi cyber security, ada baiknya untuk segera belajar skill-skill dasar-nya secara otodidak terlebih dahulu. Kamu bisa belajar dari situs-situs terpercaya di bawah ini dan sudah pasti gratis. 

Penasaran apa saja situsnya? Yuk, kita simak.

Baca Juga: Langkah Awal Belajar Cyber Security yang Efektif

StaySafeOnline

StaySafeOnline.org

Situs ini hadir dari inisiatif National Cyber Security Alliance. Situs ini berisi tips, saran, dan informasi lengkap tentang cara menjaga keamanan bisnis, baik untuk UMKM atau bisnis yang sudah berskala besar sekalipun.

StaySafeOnline memiliki sumber untuk mengajarkan kepada kita tentang keamanan siber. Untuk mencari tahu keamanan sebuah bisnis, kamu bisa mulai dengan mengisi technology checklist dan mulai mengidentifikasi keamanan bisnis. 

Securityplanner.org

Jika kamu adalah seorang pemula, maka situs ini sangat cocok untuk dikunjungi. Securityplanner.org merupakan situs yang memberikan pengetahuan dasar tentang cyber security termasuk cara mengamankan perangkat hingga cara melindungi identitas diri di cyberspace (dunia maya). 

Dengan pendekatan yang proaktif, situs ini dapat memberikan pandangan yang berbeda juga terkait keamanan data bagi bisnis. Kamu bisa menikmati layanan gratis di situs ini. Namun, untuk menikmati layanannya secara menyeluruh, kamu akan dikenakan biaya langganan (opsional). 

Stop. Think. Connect

situs belajar cyber security
Stop. Think. Connect

Ini merupakan situs hasil kerjasama Departemen Keamanan Dalam Negeri US dengan perusahaan-perusahaan cyber security setempat. Situs ini berisikan informasi lengkap tentang keamanan siber dan cara menerapkannya. Menariknya lagi, situs ini juga menyediakan perpustakan online secara cuma-cuma. Kamu bisa mendownload buku apa saja yang berkaitan dengan cyber security.

ESET

situs belajar cyber security
ESET

Perusahaan cyber security, ESET menawarkan training gratis untuk meningkatkan cyber security awareness. Pelatihan-pelatihan dasar terkaitan threats, kebijakan kata sandi, perlindungan e-mail dan website termasuk langkah pencegahannya disediakan secara gratis disini. 

Kamu bisa memperoleh ilmu yang berharga lewat situs ini.

Ouch! Newsletter

situs belajar cyber security
Ouch! Newsletter

Jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih konsisten dan intensif untuk belajar cyber security, kamu bisa berlangganan Ouch! Newsletter. Newsletter ini akan dikirim secara reguler setiap bulan dan membahas cyber security, malware hingga media sosial. 

Yuk, mulai sekarang belajar apa itu cyber security agar keamanan datamu makin aman di dunia digital ini. 

Situs Belajar Cyber Security Lainnya

Plusnya dari situs belajar cyber security secara gratis adalah kamu bisa mengakses sumber dengan bebas biaya. Namun, sangat disayangkan karena umumnya sumber belajar yang gratis tidak memiliki struktur kurikulum yang tersusun rapi sehingga kamu akan belajar dengan acak. 

Belum lagi, akses materi yang terbatas kadang membuat kita terpaksa berhenti belajar. Oleh karena itu, sebagai opsi lain, kamu bisa mengikuti kelas Mini Bootcamp Cyber Security Digital Skola.

Di kelas Mini Bootcamp Cyber Security kamu akan mendapatkan kurikulum berdasarkan materi sertifikasi CompTIA yang merupakan sertifikasi terbaik dan populer di dunia cyber security. Tak hanya itu, kamu juga akan dapat berbagai fasilitas seperti:

  • Job connector
  • Certificate of completion
  • 2 mini projects
  • Bug Bounty Report portfolio
  • CompTIA PenTest+ certification
  • Weekly performance report
  • Tutor consultation outside of class

Tunggu apa lagi? Mulai karier di bidang cyber security sekarang! Klik tombol di bawah ini untuk informasi lengkapnya:

Artikel Rekomendasi