Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Pilih Training Cyber Security

digitalskola

digitalskola

11 Maret 2023

Untuk mengikuti perkembangan industri yang semakin bergerak ke arah digital, karyawan harus memiliki kompetensi yang unggul dan kemampuan yang sesuai dengan bidang yang digeluti dan kebutuhan industri. Untuk memiliki kompetensi dan kemampuan yang mumpuni, perusahaan bisa membantu dengan mendaftarkan karyawan untuk mengikuti training atau pelatihan. Ada banyak jenis pelatihan yang bisa karyawan pilih sesuai dengan kebutuhan, salah satu jenis pelatihan yang saat ini banyak dibutuhkan adalah training cyber security. 

Dengan kemajuan teknologi saat ini, keamanan digital menjadi hal krusial untuk perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan saat ini membutuhkan sosok yang ahli di bidang cyber security yang bisa menggunakan berbagai teknik untuk melindungi komputer, server, perangkat seluler, sistem elektronik, jaringan, hingga data dari serangan siber yang berbahaya (Sumber: kaspersky). Tak hanya itu, cyber security juga bermanfaat bagi perusahaan untuk melindungi informasi pribadi karyawan dan pengguna, mengantisipasi situs web agar tidak mengalami sistem down, hingga meningkatkan produktivitas karyawan. 

Mengingat besarnya manfaat penggunaan cyber security bagi suatu bisnis, penting untuk  perusahaan bisa mendorong karyawannya agar bisa menjadi ahli cyber security. Tak hanya itu, bagi kamu yang saat ini sedang ada di fase menentukan karier, cyber security bisa jadi pilihan karena prospek profesi ini masih terbilang sangat luas. Data dari KOMINFO juga menunjukan bahwa Indonesia masih membutuhkan tambahan 1000 tenaga ahli cyber security untuk berbagai kebutuhan instansi pemerintah, dunia industri, telekomunikasi, perbankan, dan lain sebagainya. 

Nah, bagi perusahaan yang ingin mendaftarkan karyawannya di training cyber security atau kamu yang tertarik menjadi ahli cyber security, simak artikel ini untuk tahu tips memilih training cyber security terbaik!

Baca juga: Menggiurkan, Ini Kisaran Gaji Cyber Security Indonesia

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Training Cyber Security

Jangan sembarang memilih training cyber security, kamu harus memastikan training cyber security bisa efektif dan efisien untuk meningkatkan skill di bidang cyber security.  Setidaknya kamu harus memperhatikan 5 hal ini:

Tentukan Job Role

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih training cyber security adalah menentukan job role. Karena umumnya, setiap training menawarkan jenis kelas yang berbeda-beda, ada yang memang fokus training di bidang bug hunter, system security, dll. Oleh karena itu, sebelum mengikuti training cyber security, alangkah baiknya kamu mencari tahu lebih dulu masing-masing job role di bidang cyber security, dan memilih sesuai minat dan bakat yang kamu miliki.

Ada beberapa pilihan karier di bidang cyber security yang bisa kamu pilih, diantaranya:

  1. Bug bounty hunter, kisaran gaji tergantung project
  2. Cyber security, kisaran gaji 11-17 juta/bulan (Sumber: SalaryExpert)
  3. Penetration tester, kisaran gaji 14-18 juta/bulan (Sumber: SalaryExpert)
  4. System security, kisaran gaji 7-17 juta/bulan (Sumber: Indeed).

Riset Skill yang Diperlukan

Setelah mengetahui job role yang akan kamu tekuni, selanjutnya kamu harus mencari tahu skill yang diperlukan agar bisa memilih training cyber security yang bisa mengasah skill yang kamu butuhkan. Ada beberapa skill yang perlu dikuasai sesuai dengan job role masing-masing, diantaranya:

  1. Bug bounty hunter = SQL injection, Cross-Site Scripting (XSS), Server Side Request Forgery (SSRF), information disclosure, Local & Remote file inclusion 
  2. Cyber security = Bahasa pemrograman, analisis dan mitigasi risiko, analisis malware, data structure, penetration test, cyber forensic, artificial intelligence
  3. Penetration tester = Network security, bahasa pemrograman, thread modeling, Linux, Windows, MacOS, security tools, cryptography, cloud architecture
  4. System security = Analisis malware, mitigasi risiko, cloud security, bahasa pemrograman

Baca juga: Sertifikat Cyber Security: Dari Pemula ke Profesional

Identifikasi Skill

Hal penting yang harus dilakukan saat memilih training cyber security adalah mengidentifikasi skill yang kamu miliki sekarang dengan skill yang ingin ditingkatkan. Sempatkan diri untuk menguji kemampuan di bidang cyber security dengan berbagai cara salah satunya uji kemampuan hacking di beberapa situs gratis ini:

  1. HackThisSite = Latihan hacking sekaligus mempelajari ilmu peretasan dan hacking
  2. SecTools = Latihan hacking dalam bidang keamanan jaringan sekaligus belajar beragam security tools
  3. Hack in The Box =Latihan hacking dan penetration testing 
  4. OverTheWire = Latihan hacking menggunakan konsep game
  5. Root Me = Latihan hacking dan keamanan web

Perhatikan Kualitas Materi dan Pemateri

Selanjutnya hal yang harus diperhatikan saat memilih training cyber security adalah memperhatikan kualitas materi dan pemateri. Kamu harus benar-benar cek materi yang m diberikan dalam training cyber security dan pastikan materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan yang kalian inginkan. Selain itu, lembaga training cyber security yang terpercaya salah satunya bisa dilihat dari kualitas pemateri atau tutornya, pastikan training cyber security yang kamu pilih memiliki tutor yang memiliki pengalaman relevan dan track record yang baik.

Pilih Training Cyber Security yang Sesuai

Terakhir, kamu bisa memilih training cyber security yang sesuai kebutuhan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar saat memilih training cyber security yang sesuai, diantaranya:

  1. Jam belajar yang cocok
  2. Harga yang sesuai kemampuan
  3. Platform belajar yang mudah diakses
  4. Metode pelatihan yang interaktif
  5. Ada tugas yang bisa mengasah skill
  6. Ada banyak fasilitas yang bisa menunjang karier

Salah satu rekomendasi training cyber security terbaik adalah Mini Bootcamp Cyber Security: Penetration Testing For Beginner Digital Skola. Di cyber security training ini kamu akan dibimbing oleh tutor expert yang sudah tersertifikasi dan memiliki pengalaman relevan di bidang cyber security. Tak hanya itu, materi yang akan kamu dapatkan juga lengkap, diantaranya:

  1. Networking
  2. Web Applications and Operating System
  3. Penetration Testing, Planning and Scooping
  4. Nessus & OpenVAS
  5. System Exploit
  6. Physical, Network, and LocalHost based Security
  7. File Upload, Code Execution & File Inclusion
  8. SQL Injection
  9. Cross Site Scripting (XSS) and Insecure Session
  10. Password Cracking

Di samping itu, kamu juga akan dapat berbagai fasilitas seperti: 

  1. Job connector
  2. Certificate of completion
  3. 2 mini projects
  4. Bug Bounty Report portfolio
  5. CompTIA PenTest+ certification
  6. Weekly performance report
  7. Tutor consultation outside of class

Tunggu apa lagi? Mulai karier di bidang cyber security sekarang! Klik tombol di bawah ini untuk informasi lengkapnya: