Training Data Engineer Untuk Pemula

digitalskola

digitalskola

21 Oktober 2022

Training Data Engineer
Training Data Engineer (Photo by Arnold Fransisca on Unsplash)

Perkembangan big data membuat profesi data engineer semakin banyak dibutuhkan di berbagai sektor bisnis. Profesi ini bertanggung jawab untuk membangun infrastruktur mulai dari mendorong pengumpulan, transmisi, penyimpanan, dan analisis dari big data. Tanggung jawab tersebut memegang peran penting bagi bisnis untuk bisa terus berinovasi dan mengoptimalkan strategi bisnis yang ada. Tak heran, seorang data engineer memiliki prospek karier dan gaji yang menjanjikan. Menariknya, ada banyak cara untuk bisa jadi data engineer, salah satunya dengan mengikuti training data engineer.

Untuk bisa terjun berkarier menjadi data engineer kamu tidak harus memiliki latar belakang IT, yang paling utama kamu harus memiliki bekal hard-skill, soft-skill, dan portfolio yang mendukung. Untuk mendapatkan itu semua, kamu bisa mengikuti training data engineer. Biasanya, training data engineer akan menyediakan panduan belajar, kurikulum, dan materi yang jelas serta lengkap supaya bisa memudahkan kamu untuk memahami materi di bidang data engineer. 

Saat ini ada banyak bootcamp yang menyediakan training data engineer dan profesi di bidang data lainnya. Namun, dari sekian banyak training data engineer yang ada, mana bootcamp yang memiliki kualitas paling baik? Dan apa saja manfaat dari mengikuti training data engineer? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Training Data Engineer?

Tugas Training Data Engineer
Training Data Engineer (Photo by Christin Hume on Unsplash)

Training data engineer adalah pelatihan intensif dalam waktu yang cukup singkat biasanya 2 hingga 6 bulan untuk membantu meningkatkan skill dan keahlian di bidang data engineer. Tujuan dari training data engineer adalah mencetak individu yang siap terjun berkarier di bidang data engineer walaupun sebelumnya tidak memiliki latar belakang linier.

Umumnya, training data engineer berlangsung secara intensif. Oleh karena itu, soft-skill dan hard-skill peserta di bidang data engineer akan terasah dengan lebih baik. Tak heran training berbasis bootcamp saat ini cukup populer dan menarik minat banyak masyarakat, khususnya millennial. Dengan mengikuti bootcamp, kamu akan mendapatkan beragam manfaat dan keterampilan dalam bidang data engineer yang dapat digunakan untuk bersaing di dunia kerja.

Manfaat Mengikuti Training Data Engineer

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti bootcamp data engineer, seperti:

Meningkatkan Skill Praktikal

Umumnya, dalam program training data engineer peserta akan difokuskan untuk mempelajari dan menguasai berbagai skill praktikal yang nantinya akan digunakan di dunia kerja seperti programming, Java, SQL, Hadoop, Linux, Git, Github, Airflow, dan masih banyak lagi.

Menambah Wawasan

Dengan mengikuti bootcamp data engineer, kamu diberi materi dan studi kasus yang akan menambah wawasan dan pengetahuan mengenai skill data engineer yang sedang dipelajari. Biasanya, setelah mendapatkan materi, kamu juga akan diberi kesempatan untuk mempraktikkan ilmu tersebut dalam bentuk project studi kasus. 

Kurikulum Tersusun

Jika dibandingkan dengan belajar secara otodidak, mengikuti bootcamp bisa lebih mempermudah kamu saat belajar data engineer. Umumnya, kurikulum yang disediakan bootcamp untuk training data engineer dibuat oleh profesional yang berpengalaman sehingga materi yang tersusun sesuai dengan kebutuhan yang praktikal dan terfokus pada materi yang diperlukan saja.

Menambah Koneksi

Umumnya, dalam satu kelas akan ada 10-30 peserta bootcamp, otomatis kamu akan saling mengenal dengan peserta lain dan membuka jalan untuk memperluas koneksi dengan sesama peserta, mentor, ataupun dengan pihak penyelenggara training data engineer.

Dibimbing Tutor Berpengalaman

Tentunya, tutor yang akan memberikan materi kepada kamu adalah orang dengan latar belakang yang sesuai dengan bidang bidang data engineer. Dengan mendapat pelatihan langsung dari tutor yang berpasangan akan memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya agar kemampuan semakin meningkat. 

Biaya Terjangkau dan Waktu yang Singkat

Manfaat lain dari mengikuti bootcamp data engineer adalah biaya yang terjangkau dan waktu yang singkat dibandingkan mengikuti program studi di universitas. Bahkan, biasanya training diadakan dalam hitungan mingguan hingga bulanan dan fleksibel karena diadakan secara daring di mana saja.

Tak Terbatas Usia

Training akan sangat bermanfaat untuk kamu yang sudah terjun berkarier di bidang lain dan ingin switch career ke bidang data engineer, karena dengan mengikuti training kamu memiliki kesempatan mengembangkan karier tanpa dibatasi usia. 

Baca juga: Prospek Data Engineer sebagai Pilihan Karier

Perbedaan Training dan Kuliah

Secara garis besar, ada beberapa perbedaan yang akan kamu rasakan dari mengikuti bootcamp dengan kuliah. Perbandingan bootcamp dengan kuliah antara lain adalah:

Waktu Pembelajaran

Umumnya, untuk bisa mendapatkan gelar sebagai lulusan IT memerlukan waktu 4-5 tahun. Sedangkan, training data engineer hanya berdurasi antara 12-15 minggu saja. Dengan waktu yang singkat ini, ada kemungkinan kamu akan mengalami kesulitan untuk memahami materi dalam waktu cepat. Oleh karena itu, penting untuk memilih tempat training yang bisa membantu membimbing kamu secara intensif.

Materi

Berdasarkan materinya, materi dari training lebih praktikal dan spesifik. Biasanya, hanya diberikan materi-materi yang diperlukan di dunia kerja. Namun, hal ini akan membantu kamu untuk lebih fokus mendalami materi saat proses pembelajaran. Berbeda dengan perkuliahan karena jangka waktunya lebih lama, maka materi yang diberikan juga lebih banyak dan luas. 

Biaya

Dibandingkan dengan perkuliahan, biaya yang dikeluarkan untuk training data engineer lebih murah karena durasi dan materi dari program training lebih singkat dan sedikit. Oleh karena itu, jika kamu tidak memiliki latar belakang linier dan memiliki dana yang terbatas mengikuti training akan menjadi pilihan yang sangat tepat.

Prospek Kerja

Jika kamu sudah yakin memilih karier menjadi data engineer, mengikuti training akan sangat membantu karena materinya lebih fokus dan umumnya tempat training bekerjasama dengan perusahaan tertentu untuk menyalurkan kerja. 

Rekomendasi Training Data Engineer 

Rekomendasi Training Data Engineer
Training Data Engineer (Photo by Jason Goodman on Unsplash)

Untuk siap berkarier jadi data engineer, kamu harus selektif dalam memilih tempat training. Salah satu rekomendasi training data engineer terbaik untuk pemula adalah Bootcamp Data Engineer Digital Skola. Dalam 35 sesi kamu akan dibimbing secara intensif dari 0 sampai siap kerja dengan fasilitas:

  1. Sertifikat Digital Skola
  2. Sertifikasi BNSP
  3. Job connector
  4. 7 Mini projects
  5. 1 end-to-end project implementation
  6. Career coaching & ,entoring
  7. Personality & career assessment
  8. Class Manager
  9. Dibantu professional branding
  10. Konsultasi dengan tutor di luar jam kelas
  11. Data enthusiast community

Tak hanya itu saja, kelas Bootcamp Data Engineer ini juga memberikan kurikulum yang berbasis industri untuk membantumu siap menghadapi dunia kerja. Mulai dari basic stage, strategic and technical stage, hingga final stage dan career preparation. Untuk mendapatkan info lengkap mengenai training data engineer, kamu bisa klik link di bawah ini, ya!

chat