Beasiswa UI UX Design & Internship by Digital Skola

digitalskola

digitalskola

7 Juli 2023

Beasiswa sejak dulu menjadi salah satu program primadona yang banyak diincar oleh orang. Mulai dari program beasiswa bantuan biaya kuliah, beasiswa penelitian, hingga beasiswa belajar keahlian tertentu, termasuk skill digital seperti beasiswa UI UX. Perkembangan industri kerja membuat banyak golongan baik mahasiswa hingga pencari kerja menyadari pentingnya mempelajari skill yang lebih praktikal untuk dapat bersaing. Apalagi, untuk mahasiswa yang merasa selama ini salah masuk jurusan atau pekerja yang merasa tidak cocok dengan profesi yang dijalani, belajar skill digital yang tidak linier bisa jadI solusi meraih pekerjaan yang lebih sesuai. 

Kini memang ada banyak pilihan skill digital yang bisa dipelajari tanpa harus memiliki latar belakang jurusan linier, contohnya digital marketing, data science, data engineer, copywriting, dan masih banyak lagi. Namun, untuk kamu yang cenderung memiliki ketertarikan di pengembangan produk digital, UI/UX design bisa menjadi pilihan yang tepat. Menariknya lagi, profesi di bidang ini membuka kesempatan untuk orang-orang yang tidak memahami coding, bisa menembus pekerjaan di tech company dengan gaji yang setara dengan pekerja IT. Kisaran gaji UI/UX design di Indonesia yakni 7-16jt/bulan (Sumber: Glassdoor). 

Baca juga: Perkiraan Gaji UI/UX Designer Fresh Graduate

Selain itu, apabila kamu berhasil mendapatkan beasiswa UI UX dan mendalami ilmunya dengan sungguh-sungguh, maka kamu akan memiliki peluang kerja yang luas. Profesi di bidang ini terdiri dari banyak turunan pekerjaan mulai dari UX Researcher, UX Designer, UI Designer hingga UX Writer. Tak hanya di perusahaan Indonesia, kamu juga berpeluang untuk bekerja secara remote di perusahaan luar negeri. Jika saat ini kamu saat ini mulai tertarik berkarier di bidang UI/UX design dan mencari beasiswa UI UX berkualitas, simak artikel ini sampai akhir!

Baca juga: Panduan Belajar UI/UX dari Nol

Beasiswa UI UX Design & Internship by Digital Skola

Beasiswa UI UX Design & Internship by Digital Skola

Digital Skola saat ini sedang membuka program baru, yakni Career Development Program UI/UX Design. Program beasiswa UI UX ini akan memberikan pelatihan karier berkualitas dengan kurikulum berbasis industri, bimbingan pengajar expert di bidang UI/UX design, dan fasilitas pendukung karier terlengkap mulai dari pembangunan portofolio, pelatihan softskill hingga penyaluran magang ke perusahaan ternama.

Beasiswa UI UX Digital Skola ini akan diberikan kepada 100 orang dengan total bantuan biaya pelatihan hingga ratusan juta rupiah. Menariknya lagi, tidak hanya berkesempatan mengikuti pelatihan secara gratis, kamu juga akan mendapatkan bantuan dan bimbingan pembuatan portofolio dan pengalaman kerja magang di perusahaan ternama untuk mempersiapkan diri sebagai profesional yang kompeten di  bidang UI/UX design. Berikut info lengkap mengenai Beasiswa UI UX Digital Skola: 

Beasiswa UI/UX Design & Internship by Digital Skola: Kurikulum 

Selama 12 sesi pelatihan UI/UX design, kamu akan mendapatkan bimbingan dengan kurikulum komprehensif sesuai dengan kebutuhan industri. Berikut rincian materi yang akan kamu dapatkan di setiap sesinya: 

Sesi 1 Beasiswa UI/UX Design: Perkenalan UI/UX design mulai dari definisi, peran dalam bisnis, role di bidang UI/UX, hingga penjelasan skill yang dibutuhkan untuk berkarier di bidang ini. 

Sesi 2 Beasiswa UI/UX Design: Mempelajari proses pertama design thinking yaitu empathize mulai dari cara mencari masalah dari sisi pengguna, primary research, sampling, hypothesis validation, hingga competitor benchmarking. 

Sesi 3 Beasiswa UI/UX Design: Mempelajari UX collaboration methods mulai dari persiapan, metode, dan proses design sprint, hingga mempraktikkan cara mendefinisikan masalah dan affinity map. 

Sesi 4 Beasiswa UI/UX Design: Mempelajari proses design thinking yaitu ideation dan creative thinking mulai dari deation hingga SCAMPER. 

Sesi 5 Beasiswa UI/UX Design: Mempelajari UI fundamentals mulai dari basic design and principles, design principles, design element, design patterns, color theory, typography, icon, illustration, animation, hingga pembuatan komponen. 

Sesi 6 Beasiswa UI/UX Design: Mempelajari mengenai basic UX writing dengan praktik membuat UX writing ke design yang sudah dibuat. 

Sesi 7 Beasiswa UI/UX Design: Mempelajari design system mulai dari dokumentasi komponen hingga implementasi design system di page. 

Sesi 8 Beasiswa UI/UX Design: Mempelajari prototyping mulai dari membuat design untuk desktop, mobile, high fidelity design, hingga micro interaction design. 

Sesi 9 Beasiswa UI/UX Design: Mempelajari usability testing mulai dari simulasi testing methods, usability testing, approach user for research, synthesizing research, hingga measuring design goals. 

Sesi 10 Beasiswa UI/UX Design: Di sesi ini kamu akan dibimbing untuk membuat portofolio dan presentasi dari hasil design yang sudah kamu buat. Kamu akan diajarkan mulai dari step by step membuat portofolio yang baik hingga berbagai tips menyusun portofolio yang menarik. 

Sesi 11 Beasiswa UI/UX Design: Di sesi 11 kamu akan mendapatkan kesempatan untuk sharing dengan mentor terkait proses interview UI/UX hingga diskusi terkait kehidupan profesional sebagai UI/UX expert. 

Sesi 12 Beasiswa UI/UX Design: Sesi terakhir dari pelatihan sebelum kamu lanjut mengikuti internship adalah final presentation. Di sesi ini kamu akan mempresentasikan hasil project yang sudah dibuat dan mendapatkan feedback dari mentor expert. 

Selama 12 sesi pelatihan UI/UX design ini juga akan banyak praktik, sehingga kamu bisa memiliki kesempatan untuk mengasah hardskill dan softskill. 

Beasiswa UI UX Design & Internship by Digital Skola: Fasilitas 

Beasiswa pelatihan UI/UX design yang diadakan oleh Digital Skola juga akan memberikan banyak fasilitas penunjang yang bisa membantu persiapan karier kamu, diantaranya: 

  1. Internship program 
  2. Job connector
  3. 2 design portfolio
  4. 9 mini projects for UI/UX portfolio
  5. Portfolio hacks
  6. Internship Mentoring
  7. Unlimited HR sharing
  8. Tutor experiences sharing session 
  9. Certificate of completion 
  10. Internship certificate
  11. Professional Branding
  12. Tutor consultation outside of class
  13. Learning performance report
  14. Industry-based curriculum
  15. Lifetime access to learning ecosystem

Beasiswa UI UX Design & Internship by Digital Skola: Timeline 

Jika kamu kini makin tertarik untuk mengikuti beasiswa UI UX design dari Digital Skola, maka kamu harus mencatat timeline beasiswa berikut ini: 

  1. 20 Juni – 3 Agustus → Proses pendaftaran beasiswa dan bergabung Discord Digital Skola
  2. 4 Agustus → Onboarding peserta beasiswa
  3. 8 Agustus → Pengumuman peserta yang lolos ke seleksi tahap dua
  4. 10 Agustus → Seleksi tahap dua yaitu tes online mengerjakan soal
  5. 15 Agustus → Pengumuman penerima Beasiswa

Tunggu apalagi? Cari tahu info lengkapnya dan daftar sekarang juga dengan klik button di bawah ini!