Rekomendasi Bootcamp UI UX Gratis di Indonesia

digitalskola

digitalskola

6 Juli 2023

The U.S. Bureau of Labor Statistics memprediksi demand untuk profesi UI/UX designer akan meningkat 4% setiap tahunnya hingga tahun 2029. Tak hanya karena prospeknya yang bagus, profesi ini juga kini banyak dilirik orang karena cocok untuk pilihan switch career. Untuk yang jurusannya tidak linier, belajar otodidak atau ikut bootcamp juga bisa jadi alternatif untuk menguasai keahlian di bidang ini. Namun sayangnya, banyak orang yang merasa mengikuti bootcamp itu cukup menguras biaya, apalagi untuk pelajar dan mahasiswa. Oleh karena itu, kini banyak pelajar dan mahasiswa yang mulai mencari alternatif lain yaitu bootcamp UI UX gratis. 

Kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti bootcamp UI/UX design biasanya variatif tergantung fasilitas yang diberikan, rata-rata mulai dari 5-15jt. Meskipun begitu, sebenarnya ada dua alternatif belajar UI/UX design untuk pelajar dan mahasiswa yang memiliki kondisi keuangan terbatas, yaitu:

  1. Belajar secara otodidak, praktik menggunakan project dummy yang tersedia di internet, buat portofolio, ikut magang, lalu mulai melamar kerja full time atau freelance
  2. Belajar dengan mengikuti course yang kurikulum, fasilitas, dan biaya yang masih terjangkau, ikut magang, lalu mulai melamar kerja full time atau freelance.  

Jika kamu saat ini sedang mencari berbagai alternatif dari bootcamp UI UX yang biayanya cukup besar, maka simak artikel ini sampai akhir untuk tahu cara belajar UI UX gratis yang bisa kamu lakukan! 

Baca juga: Perkiraan Gaji UI/UX Designer Fresh Graduate

Alternatif Bootcamp UI UX Gratis: Resource Gratis

Alternatif bootcamp UI UX gratis yang pertama adalah belajar secara otodidak berdasarkan materi-materi yang ada di internet, berikut rekomendasinya:

Podcast Untuk Belajar UI/UX 

Pertama, kamu bisa belajar UI/UX gratis dengan mendengarkan podcast, cara belajar ini selain gratis juga mudah dan bisa diakses kapan saja dan di mana saja, ada podcast UI/UX berbahasa Indonesia yang bisa kamu dengarkan, seperti:

  1. Dunia Dalam Desain = Podcast yang membahas mengenai desain secara umum, desain produk, hingga berbagai cerita dari praktisi UX design. 
  2. Podcast Borrys Hasian = Podcast yang dibawakan oleh Borrys Hasian yaitu orang Indonesia pertama yang memiliki sertifikasi dari Google terkait design sprint ini banyak membahas mengenai dunia UI/UX  design khususnya topik design sprint. 
  3. Sit, Talk, Design = Podcast yang berisi cerita, pengalaman, hingga tips dari berbagai praktisi desain produk di Indonesia. 

Lalu, ada juga podcast UI/UX dalam bahasa Inggris yang bisa jadi resources untuk kamu belajar, seperti: 

  1. Design Notes = Podcast yang berisi cerita pekerjaan sehari-hari para praktisi desainer di perusahaan Google.
  2. The Hacking UI Podcast = Podcast yang berisi sudut pandang dunia UI/UX dari para praktisi perusahaan ternama seperti Adobe, Airbnb, hingga Facebook. 
  3. UXPodcast = Podcast yang berisi informasi mengenai metode lean dan agile, information architecture, UX strategy, dan masih banyak lagi. 
  4. User Defenders = Podcast yang berisi informasi mengenai user research, user champion, hingga artificial intelligence.  

Buku Untuk Belajar UI/UX 

Selanjutnya, jika kamu lebih suka belajar dengan cara membaca dengan materi yang lebih terstruktur dari awal hingga akhir, maka kamu bisa belajar gratis UI/UX dengan cara membaca ebook, namun jika kamu memiliki budget lebih bisa juga dengan cara membeli dan membaca buku fisik, biasanya ada beberapa buku yang isinya khusus untuk materi-materi UI/UX tertentu, sehingga kamu bisa lebih fokus belajar satu-satu materi dengan lebih mendalam. Berikut beberapa rekomendasi buku untuk belajar UI/UX: 

  1. The Design of Everyday Things = Buku yang cocok untuk pemula yang ingin mengenal user experience secara fundamental untuk produk physical maupun produk digital.  
  2. The Elements of User Experience = Buku untuk memperdalam UX Design mulai dari cara mengidentifikasi business goals hingga user needs. 
  3. Don’t Make Me Think = Buku untuk memperdalam mengenai usability dan user interface pada website, buku ini juga memberikan banyak contoh praktis dalam mendesain web UI.
  4. About Face: The Essentials of Interaction Design = Buku untuk memperdalam ilmu mengenai proses desain menggunakan pendekatan good-directed design. 
  5. Ebook Cara Praktis Membuat UX Design Aplikasi = Cocok untuk pelajar, mahasiswa, atau fresh graduate yang ingin mengenal metode Google Design Sprint. 

YouTube Untuk Belajar UI/UX 

YouTube juga kini bisa jadi media untuk kamu mendalami dunia UI/UX design secara gratis, ada banyak channel-channel yang dimiliki oleh para ahli dengan materi yang berkualitas, diantaranya: 

  1. The Futur = Channel yang membahas mengenai UI/UX, cara bangun personal branding, hingga tips membuat portofolio. 
  2. Mike Locke = Channel yang membahas mengenai UI/UX, user journey, desain interaksi, arsitek informasi, riset dan analisis, hingga tips membuat strategi dan perencanaan. 
  3. Laith Wallace = Channel yang membahas mengenai UI/UX dari dasar sehingga cocok untuk para pemula. 
  4. Maex = Channel yang membahas mengenai cara penggunaan berbagai tools di bidang UI/UX seperti Sketch, InVision, Adobe XD, dan masih banyak lagi. 
  5. AJ & Smart = Channel yang membahas mengenai UI/UX mulai dari design sprint, design thinking, hingga desain produk secara keseluruhan. 

Baca juga: Wajib Diasah! Ini Cara Meningkatkan Softskill untuk Jobseeker

Blog Untuk Belajar UI/UX

Rekomendasi alternatif belajar UI/UX gratis lain adalah belajar menggunakan materi-materi yang ada di blog, contohnya:

  1. InVision = Blog yang cocok untuk pemula yang ingin belajar materi dasar berkaitan dengan UX designer mulai dari user experience, riset pengguna, user persona, hingga desain visual. 
  2. Insight Design = Blog yang berisi berbagai case study UI/UX design mulai dari cara membuat wireframe hingga high fidelity design. 
  3. UX Myths = Blog yang mengungkap berbagai mitos di bidang UX design, blog ini juga berisikan berbagai pembuktian yang terstruktur mengenai mitos-mitos yang sedang dibahas. 

Rekomendasi Bootcamp UI UX Gratis: Beasiswa

Rekomendasi Bootcamp UI UX Gratis: Beasiswa
Bootcamp UI UX Gratis (Photo by UX Indonesia on Unsplash)

Alternatif bootcamp UI UX gratis yang selanjutnya adalah mengikuti beasiswa bootcamp UI/UX design. Kabar baiknya, kini ada lembaga pendidikan non-formal yang memberikan beasiswa bootcamp UI UX gratis di Indonesia yaitu Digital Skola. Melalui Career Development Program UI/UX Design, Digital Skola memberikan program pelatihan karier berkualitas dengan kurikulum berbasis industri, bimbingan dari para pengajar expert di bidang UI/UX design, dan fasilitas pendukung karier terlengkap mulai dari pembangunan portofolio, pelatihan softskill hingga penyaluran magang ke perusahaan ternama.

Beasiswa bootcamp UI/UX design ini akan diberikan oleh Digital Skola kepada 100 orang dengan total bantuan biaya pelatihan hingga ratusan juta rupiah. Tidak hanya berkesempatan mengikuti pelatihan secara gratis, tiap peserta beasiswa juga akan mendapatkan bantuan pembangunan portofolio dan pengalaman kerja magang di perusahaan ternama untuk mempersiapkan diri sebagai profesional yang kompeten di  bidang UI/UX design. Berikut fasilitas yang bisa kamu dapatkan di program beasiswa ini: 

  • Penyaluran magang ke perusahaan ternama 
  • Job connector 
  • 2 Design portfolio 
  • 9 Mini projects for UI/UX portfolio 
  • Portfolio hacks 
  • Internship mentoring 
  • Unlimited HR sharing 
  • Tutor experiences sharing session

Berikut materi yang akan kamu pelajari di program beasiswa ini: 

  • Introduction to UI/UX Design 
  • Design Thinking: Empathize 
  • Design Thinking: Define 
  • Design Thinking: Wireframing 
  • UI Fundamentals 
  • UX Collaboration Methods 
  • UX Writing 
  • Usability Testing

Cari tahu info lengkap mengenai fasilitas hingga timeline program beasiswa ini dengan cara klik button di bawah ini!