UI/UX Design Course Syllabus untuk Pemula

digitalskola

digitalskola

22 Desember 2022

Kamu ingin mengasah skill di bidang UI/UX design, tapi bingung memulai darimana? Panduan UI/UX design course syllabus untuk pemula di artikel ini mungkin bisa membantu.

Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana sebuah produk digital seperti website atau aplikasi yang begitu kompleks dibuat? Meski terdengar rumit karena harus dibuat dari berbagai coding dan engineer, nyatanya designer juga punya peran dalam membangun sebuah produk digital. 

UI/UX Design Course Syllabus
UI/UX design course sllyabus untuk pemula (Photo by Alvaro Reyes on Unsplash)

UI/UX designer bertanggung jawab dalam hal tampilan, fitur, dan fungsionalitas suatu produk untuk mencapai tujuan bisnis dan memuaskan pelanggan. Keduanya (UI dan UX) mewujudkan hal tersebut dengan menggabungkan strategi, proses, riset, dan visual design saat membuat keputusan tentang sebuah aplikasi akan berjalan, dari segi tampilan dan fungsinya. 

Kenapa Harus Belajar UI/UX Design?

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajari UI/UX design. Semakin banyak perusahaan yang bertransformasi digital, semakin banyak juga profesi UI/UX design dibutuhkan. Menariknya, siapapun bisa berkarier di bidang ini meskipun tidak mempunyai latar belakang desain, desain komunikasi visual, seni rupa, atau bidang apapun yang berhubungan dengan desain. Sebab, mempelajari UI/UX design sama saja seperti mencari tahu membuat pengguna nyaman dan puas dengan sebuah produk. Artinya, ada kombinasi antara prinsip desain dan user experience.

Di zaman yang serba digital, mempelajari UI/UX design dapat meningkatkan karier atau bisnis kamu. Sehingga tidak heran, jumlah peminat yang mempelajari UI/UX design ini selalu bertumbuh setiap tahunnya. Apalagi dengan mudahnya akses pembelajaran lewat media online, sekarang kamu bisa belajar UI/UX design dari berbagai sumber, salah satu contohnya yaitu melalui UI/UX design course

Di zaman yang serba digital, mempelajari UI/UX design dapat meningkatkan karier atau bisnis kamu. Sehingga tidak heran, jumlah peminat yang mempelajari UI/UX design ini selalu bertumbuh setiap tahunnya. Apalagi dengan mudahnya akses pembelajaran lewat media online, sekarang kamu bisa belajar UI/UX design dari berbagai sumber, salah satu contohnya yaitu melalui UI/UX design course

Apa yang akan Dipelajari dalam UI/UX Design Course 

Kamu akan mempelajari proses untuk membuat desain interface sebuah situs website atau aplikasi yang akan dilihat oleh pengguna. Kamu juga akan mendalami tentang proses riset dan pengumpulan data pengguna yang nantinya digunakan sebagai kunci informasi untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik saat menggunakan situs website atau aplikasi.

UI/UX design course syllabus
Yang akan Dipelajari dalam UI/UX Design Course (Photo by Faizur Rehman on Unsplash)

Tentunya, semua pembelajaran akan dimulai dari fundamental, karena umumnya juga course syllabus memang disesuaikan untuk siapapun yang ingin berkarier menjadi UI/UX designer, termasuk pemula. Bukan berarti, kamu hanya belajar itu-itu saja, tujuannya adalah agar kamu dapat dengan cepat mempelajari topik-topik yang semakin kompleks. 

Lalu, dimana kamu harus mengikuti UI/UX design course yang memiliki syllabus cocok untuk pemula? Kamu bisa ikut bergabung melalui program mini bootcamp UI/UX design dari Digital Skola. 

Kurikulum UI/UX Design Bootcamp Digital Skola

Design Fundamental

Sebelum mempelajari fundamentalnya, ada baiknya bagi pemula untuk mengenal UI/UX design itu seperti apa, untungnya dengan bootcamp Digital Skola kamu akan dikenalkan dengan profesi UI/UX design secara detail. Dimulai dari skill yang dibutuhkan untuk berkarier di bidang ini, lalu mengetahui jenis peran dalam UI/UX design seperti UX writing, bisnis yang menggunakan UI/UX dalam pengembangan produknya, dan lain sebagainya. 

Setelah itu, kamu baru mulai belajar tentang cara melakukan riset, membuat user persona dan user journey, hingga mendesain aplikasi menggunakan design principle dan lainnya.

Baca juga: 7 Tips Jadi UI/UX Designer, Yuk Coba Sekarang!

Usability dan Prototype

UI/UX design course sllyabus
Kurikulum UI/UX design bootcamp Digital Skola (Photo by Kelly Sikkema on Unsplash)

Selama proses pembelajaran bootcamp UI/UX design, kamu akan mengetahui sebuah situs website atau aplikasi dibuat dan mengevaluasi kemudahan pengguna saat menggunakannya. Kamu akan mulai membuat model desain yang berisikan informasi navigasi pengguna, kemudian membuat sketsa wireframe berdasarkan user journey yang akan dikuasai di tahap design fundamental. Tentunya, setelah itu kamu akan mempelajari cara membangun satu prototype design yang clickable dengan fidelitas tinggi.

Pelatihan Softskill 

Selain mempelajari keterampilan teknikal UI/UX design, salah satu benefit yang kamu dapat saat mengikuti bootcamp Digital Skola UI/UX design adalah sesi peningkatan softskill yang dibutuhkan di dunia kerja seperti

  • Melakukan drafting portofolio berdasarkan project yang sudah dikerjakan.
  • Mempelajari cara membuat slide presentasi yang menarik dan cara mempresentasikan desain yang sudah dibuat secara efektif.
  • Mendapatkan insight dari praktisi HR berpengalaman tentang cara membuat CV dan cover letter yang baik, serta tips and trick melakukan interview. Peserta juga akan diberikan template CV oleh HR yang nantinya bisa mereka gunakan untuk membuat CV yang menarik di mata HR.

Program Mini Bootcamp UI/UX design ini didesain agar bisa diikuti semua orang, meskipun kamu tidak memiliki background atau keahlian desain atau coding. Kurikulumnya disusun khusus untuk pemula yang ingin berkarier secara profesional menjadi UI/UX designer andal dan siap bekerja! Hanya dengan 17 sesi, kamu bisa langsung membangun 3 portofolio desain (desktop/web, iOS dan Android) berdasarkan bisnis atau studi kasus pilihanmu

Jadi, tunggu apa lagi? Klik tombol di bawah ini untuk informasi kelas lebih detailnya ya!