Bootcamp Big Data Agar Siap Kerja

digitalskola

digitalskola

11 November 2022

Bootcamp Big Data
Bootcamp Big Data (Photo by Štefan Štefančík on Unsplash)

Di era serba digital, data atau informasi menjadi aset yang sangat penting untuk membantu perusahaan mengambil suatu keputusan. Untuk mendapatkan data atau informasi yang diperlukan kita bisa mengambilnya di kumpulan data yang biasa disebut dengan big data. Ada banyak manfaat dari analisis big data yang bisa dirasakan oleh bisnis, mulai dari mengidentifikasi informasi menjadi keputusan, membantu pekerjaan jadi lebih cepat, hingga memberi bisnis keunggulan kompetitif yang sebelumnya tidak dimiliki. Oleh karena itu, saat ini perusahaan banyak mencari sosok profesional di bidang big data. Tak heran pelatihan bootcamp big data juga banyak dicari oleh talenta digital.  

Fakta menariknya, big data berkembang sangat pesat dan akan tetap berkembang selama beberapa dekade mendatang (Sumber: Data Flair). Ada beberapa alasan di balik kepopuleran big data, mulai dari perannya dalam membantu bisnis mengambil keputusan hingga prospek kariernya yang menjanjikan bagi talenta digital. Bahkan, tak hanya peluang karier yang menjanjikan, gaji yang ditawarkan untuk profesi di bidang big data juga sangat fantastis.

Untuk bisa memanfaatkan big data, umumnya perusahaan harus melakukan serangkaian proses big data analytics mulai dari mengumpulkan data, merapikan, hingga menganalisisnya. Tentunya, proses tersebut bukanlah hal yang mudah karena data yang dikumpulkan sangat beragam dan terus berkembang. Oleh karena itu, saat ini banyak jenis pekerjaan di bidang big data yang semakin diperlukan oleh perusahaan. Lantas, apa saja yang harus kamu ketahui jika tertarik berkarier di bidang ini? Dan bootcamp big data mana yang bisa membantu perjalanan kariermu? Selengkapnya ada di artikel bawah ini.

Apa Itu Big Data?

Apa Itu Big Data?
Bootcamp Big Data (Photo by Taylor Vick on Unsplash)

Big data merupakan sekumpulan data yang memiliki ukuran atau volume yang sangat besar, bersifat dinamis seiring waktu berjalan, dan terdiri dari beberapa jenis yaitu data yang terstruktur (structured), semi-terstruktur (semi structured), dan tidak terstruktur (unstructured). Dalam big data terdapat lima aspek atau karakteristik yang biasa disebut dengan Five V, yaitu:

  1. Volume = Sebuah data dapat dikategorikan sebagai big data tergantung dari sebesar volume data tersebut. 
  2. Velocity = Seberapa cepat data dapat dihasilkan, diproses, dan dianalisis untuk memenuhi semua kebutuhan.
  3. Variety = Beragam jenis data yang dimiliki oleh big data seperti data tidak terstruktur, semi-terstruktur, tidak terstruktur, dll.
  4. Veracity = Tingkat kualitas atau keakuratan data
  5. Value = Nilai yang bisa didapatkan dari big data

Kenapa Big Data Jadi Profesi yang Menjanjikan?

Kenapa Big Data Jadi Profesi yang Menjanjikan?
Bootcamp Big Data (Photo by Adam Nowakowski on Unsplash)

Big data menjadi peluang karier yang paling diminati di pasar saat ini. Bahkan, sosok profesional di bidang big data juga semakin banyak dicari oleh industri. Ada banyak alasan karier bidang ini sangat populer, diantaranya:

Perusahaan Menggunakan Big Data Analytics

Data berkembang secara terus menerus sehingga perusahaan mulai bergerak ke big data analytics untuk menemukan peluang pasar baru. Umumnya, perusahaan mempekerjakan profesional di bidang ini untuk menganalisis data supaya mendapatkan insight lebih baik yang selanjutkan akan membantu bisnis untuk terus berkembang. 

Big Data Terus Berkembang

Tak hanya itu, karena big data terus berkembang, para pekerja di bidang IT juga dituntut memiliki pengetahuan di bidang ini. Bahkan, menurut hasil prediksi, big data akan terus berkembang selama 4-5 dekade ke depan (Sumber: Data Flair). Oleh karena itu, profesi di bidang big data akan bertahan lebih lama dibandingkan profesi yang lainnya.

Gaji yang Fantastis

Alasan lain big data menjadi karier yang menjanjikan adalah gaji yang didapat oleh talenta yang berkarier di bidang ini sangat fantastis. Bahkan, karena kelangkaan profesional di bidang ini, perusahaan membayar mereka lebih besar dibandingkan dengan rata-rata gaji profesi IT saat ini. 

Pilihan Profesi yang Beragam

Selama beberapa tahun terakhir, profesi yang berfokus pada bidang big data semakin diminati. Ada beberapa pilihan profesi yang bisa kamu pilih, diantaranya:

  1. Data Engineer
  2. Big data specialist
  3. Data platform engineer
  4. Data warehouse engineer
  5. BI engineer
  6. Data Architect

Rekomendasi Bootcamp Big Data

Rekomendasi Bootcamp Big Data
Bootcamp Big Data (Photo by Dylan Gillis on Unsplash)

Bootcamp big data adalah pelatihan intensif yang memberikan kamu berbagai materi terkait big data. Tujuan akhir dari bootcamp big data adalah mencetak orang-orang yang siap bekerja di bidang ini. Misalnya, menjadi data engineer, data architect, dll. Dengan mengikuti bootcamp big data kamu akan memahami lebih banyak materi dibandingkan belajar sendiri, salah satu alasannya karena ada expert yang mengatur kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri. 

Tak hanya itu, dengan mengikuti bootcamp kamu juga bisa mengasah skill komunikasi, kerja sama, dan kolaborasi dengan teman-teman yang mengikuti bootcamp bersama kamu. Tentunya, soft-skill tersebut akan menunjang karier kamu ke depannya. Rekomendasi bootcamp big data yang bisa membantu perjalanan karier kamu adalah Bootcamp Data Engineer Digital Skola. Ada banyak keunggulan Bootcamp Digital Skola dibandingkan yang lainnya, diantaranya:

Kelebihan Bootcamp Big Data: Tutor Praktisi

Untuk memastikan kamu bisa menguasai skill yang dibutuhkan, Digital Skola memberikan tutor praktisi di bidang big data yang sudah expert. Oleh karena itu, materi yang diajarkan tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga aplikatif di dunia kerja.

Kelebihan Bootcamp Big Data: Sertifikat

Bootcamp Digital Skola akan memberikan kamu 2 jenis sertifikat, yaitu sertifikat Digital Skola dan sertifikat BNSP Data Engineer. Namun, apabila kamu tidak memerlukan sertifikat BNSP, Digital Skola juga memberikan pilihan kelas bootcamp data engineer tanpa sertifikasi BNSP.

Kelebihan Bootcamp Big Data: Kurikulum Berbasis Industri

Di bootcamp ini kamu akan mendapatkan kurikulum yang dirancang oleh expert berdasarkan kebutuhan industri mulai dari basic stage (Basic programming, Linux/Unix & system administration, database basic SQL, Basic Java, Hadoop fundamentals & operations), strategic and technical stage (Function, Git & Github, database SQL & NoSQL, scraping with Python, Airflow as data orchestration tools, API, MapReduce, analytics with Spark, machine learning, Kafka), dan final stage and career preparation (OOP, advance Python, data warehousing, data modeling, Spark, project and presentation, career coaching). 

Kelebihan Bootcamp Big Data: Portofolio

Di bootcamp ini kamu akan dibimbing untuk menyusun portofolio untuk menunjang karier ke depannya. Kamu akan mendapatkan tujuh personal project dan 1 final project yang bisa dijadikan portofolio untuk menjadi nilai tambah kamu saat melamar kerja di bidang data engineer.

Tak hanya tiga keunggulan di atas, masih ada banyak keunggulan lain bootcamp big data Digital Skola dibandingkan bootcamp lainnya. Seperti:

  1. Job connector
  2. 1-on-1 career counseling with HR Expert
  3. Personality and career assessment
  4. Professional branding
  5. Data enthusiast community
  6. “Second Chance” program
  7. Weekly performance report
  8. Tutor consultation outside of class

Tunggu apa lagi? Mulai karier di bidang big data sekarang! Klik tombol di bawah ini untuk informasi lengkapnya:

Artikel Rekomendasi