Data Engineer: Gaji di Perusahaan Dunia dan Indonesia

digitalskola

digitalskola

8 April 2022

Data engineer gaji
Data engineer gaji di dunia dan Indonesia. (Photo by Christina Morillo)

Sebagai salah satu profesi yang sedang naik daun di tahun 2022, data engineer bisa menjadi peluang karier yang layak untuk dipertimbangkan. Tak hanya itu, besarnya data engineer gaji juga terbilang menggiurkan. Prospek menarik mengenai gaji data engineer menjadi salah satu motivasi banyak orang untuk berpindah karier ke bidang ini. Akan tetapi, sebenarnya berapa besar gaji seorang data engineer sebenarnya?

Tentang Profesi Data Engineer

Keberadaan profesi data engineer lahir karena adanya big data, yang telah menciptakan kebutuhan akan data engineer sebagai orang yang dapat mengumpulkan dan mengelola data dalam jumlah yang luar biasa besar.

Dilansir dari Coursera, data engineering adalah praktik mendesain serta membangun sistem untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data yang jumlahnya besar atau banyak. Penerapan data engineering ini bisa ditemukan di dalam berbagai jenis atau sektor industri, seperti perbankan, kesehatan, manufaktur, dan sebagainya.

Seorang data engineer umumnya bekerja sama dengan data scientist dan data analyst. Alasannya adalah karena data engineer bertugas untuk mempersiapkan data dan mengolahnya ke dalam bentuk yang siap digunakan baik oleh data scientist maupun data analyst.

Peluang karier sebagai seorang data engineer ini adalah salah satu pilihan yang sedang naik popularitasnya. Berdasarkan data dari LinkedIn, profesi ini menjadi salah satu dari 20 profesi di ASEAN dengan pertumbuhan paling cepat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Baca juga: Langkah-Langkah Menjadi Seorang Data Engineer

Apa Tugas Data Engineer?

Secara garis besar, seorang data engineer bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menerjemahkan algoritma komputer ke dalam kode prototipe, serta memelihara, mengelola, dan mengidentifikasi tren dalam data set yang besar.

Oleh karena itu seorang data engineer diwajibkan memiliki keahlian dalam desain database SQL, menciptakan dokumentasi proses, memiliki kemampuan komunikasi secara tertulis maupun lisan, serta dapat bekerja dengan baik dalam sebuah tim maupun secara individual.

Tak hanya itu, data engineer juga dituntut untuk mengenal dan menguasai bahasa computer coding seperti Python, Java, Hive, Kafka, atau Storm. Tujuannya adalah untuk membantu data engineer dalam memantau agregasi metrik bisnis secara real time, melakukan proses data warehouse dan query, menjalankan data management, serta tugas-tugas lainnya yang terkait.

Dari gambaran sekilas di atas, kamu mungkin sudah bisa menyimpulkan kalau seorang data engineer perlu memiliki latar belakang pendidikan di bidang ilmu komputer atau computer engineering. Rasanya wajar, karena keduanya jelas saling berkaitan.

Baca juga: Data Engineer Course Gratis yang Wajib Diikuti

Gaji Data Engineering di Perusahaan Global

Seperti yang sudah disinggung di atas, data engineer gaji menawarkan angka yang menggiurkan. Profesi ini juga sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan besar dunia seperti Meta, Cisco, dan Amazon.

Ingin tahu berapa besar data engineer gaji berbagai perusahaan besar dunia? Intip daftarnya berikut, seperti dilansir dari Glassdoor.

  • Meta – 163.111 dolar AS per tahun, atau sekitar Rp 2,3 miliar.
  • Cisco Systems – 178.407 dolar AS per tahun, atau sekitar Rp2,5 miliar.
  • Amazon – 123.602 dolar AS per tahun, atau sekitar Rp 1,7 miliar.
  • IBM – 97.094 dolar AS per tahun, atau sekitar Rp 1,4 miliar.
  • Hewlett-Packard – 93.546 dolar AS per tahun, atau sekitar Rp 1,3 miliar.
  • Apple – 164.152 dolar AS per tahun, atau sekitar Rp 2,3 miliar.
  • Accenture – 100.138 dolar AS per tahun, atau sekitar Rp 1,4 miliar.
  • Target – 176.823 dolar AS per tahun, atau sekitar Rp 2,5 miliar.
  • HP Inc. – 121.457 dolar AS per tahun, atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Apakah ada perusahaan impianmu juga dari daftar di atas?

Kalau melihat dari data yang diperoleh Salary, gaji seorang data engineer di Amerika Serikat berkisar antara 92.449 dolar AS sampai dengan 128.906 dolar AS, atau Rp 1,3 miliar sampai dengan Rp 1,9 miliar.

Dan seperti yang barangkali sudah kamu sadari, besaran gaji seorang data engineer bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Tentu saja adanya perbedaan tersebut dilandasi oleh berbagai faktor selain kebijakan dari masing-masing perusahaan.

Beberapa faktor yang menyebabkan adanya perbedaan besar gaji termasuk pendidikan, sertifikasi, keahlian tambahan, hingga pengalaman atau sudah berapa lama kamu berkarier sebagai seorang data engineer. Dan pastinya, jabatan atau level yang kamu pegang juga menentukan berapa besar gaji yang kamu dapatkan.

Akan tetapi, daftar di atas sebatas menunjukkan gaji data engineer di berbagai perusahaan global, yang tentunya berkantor di luar negeri. Kalau begitu, bagaimana dengan gaji data engineer di Indonesia?

Gaji Data Engineer di Indonesia

Dikutip dari Indeed.com, rata-rata gaji data engineer di Indonesia adalah sebesar IDR 13,462,418 per bulan. Jumlah ini tentu belum termasuk benefit atau insentif tambahan lainnya. Sementara itu, di laman predictsalary.com, kamu bisa melihat bahwa kisaran gaji data engineer di Indonesia adalah di kisaran 13-23 juta per bulan. Sekali lagi, besaran ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lokasi bekerja, lama pengalaman, perusahaan dan sebagainya.

Baca juga: 5 Softskill Data Engineer yang Penting Kamu Kuasai

Cara Jadi Data Engineer

Dengan keahlian dan pengetahuan yang tepat, kamu juga bisa menjadi seorang data engineer yang andal. Apalagi peluang kariernya sedang sangat populer dan banyak lapangan pekerjaan yang tersedia untuk profesi ini.

Kalau kamu sudah memiliki bekal ijazah lulusan ilmu komputer, IT, maupun jurusan yang terkait, kamu bisa dengan mudah terjun ke dalam bidang profesi yang satu ini. Akan tetapi, ingat bahwa ijazah saja tidak cukup karena kamu juga perlu memiliki serangkaian keahlian yang tepat untuk profesi ini, seperti coding, relational dan non-relational database, ETL system (extract, transform, dan load), data storage, automation and scripting, big data tools, machine learning, data security, hingga cloud computing.

Meski begitu, kamu yang berasal dari background pendidikan di bidang berbeda sebenarnya tak perlu khawatir. Sebab, sekarang ada banyak program pendidikan non-formal seperti online course yang menawarkan kelas data engineering bahkan untuk pemula sekalipun. Jadi, kamu bisa belajar dari nol.

Salah satunya Bootcamp Data Engineer dari Digital Skola, yang siap membekalimu untuk menjadi seorang data engineer andal hanya dalam 3 bulan. Ditambah lagi, program ini tak hanya menyiapkanmu untuk menjadi seorang data engineer saja, tapi juga big data specialist, BI engineer, data architect, data platform engineer, dan data warehouse engineer juga.

Klik tombol di bawah ini dan mulai langkah pertamamu menjadi seorang data engineer andal sekarang juga, yuk!

Artikel Rekomendasi