5 Tips Lolos Seleksi Data Engineer Internship

digitalskola

digitalskola

16 Agustus 2021

data engineer internship
Data Engineer Internship. Photo by SCREEN POST from Pexels

Menjadi seorang Data Engineer profesional bukanlah sebuah proses yang instan. Dibutuhkan jam terbang tinggi melalui berbagai kesempatan untuk mengasah kemampuan. Bagi kamu yang memiliki minat berkarier sebagai Data Engineer, sangat penting untuk menambah pengalaman praktis di bidang ini. Salah satu kegiatan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan mengikuti Data Engineer internship atau magang sebagai Data Engineer .

Hingga saat ini, ada lebih dari 70.000 lowongan magang sebagai Data Engineer di seluruh dunia (LinkedIn). Dari sana, kamu juga bisa menemukan posisi magang yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Sebagai seorang yang merintis karier Data Engineer, tentu kamu harus bisa memanfaatkan peluang dengan baik. Terlebih lagi, saat ini tersedia pilihan kerja magang secara work from office maupun remote sehingga kamu dapat memilih sistem magang yang sesuai dengan kegiatan perkuliahan.

Sebelum mulai mencari dan melamar lowongan magang Data Engineer, terdapat beberapa hal yang harus diketahui seputar manfaat mengikuti internship Data Engineer. Dengan begitu, kamu akan begitu bersemangat dan termotivasi untuk menjalani langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Manfaat Data Engineer Internship

Pengembangan diri secara profesional

Ketika sudah memasuki dunia magang, kamu akan mendalami peran dan alur kerja yang lebih profesional. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu, terlebih dengan adanya norma bisnis ketika memasuki dunia kerja. Kamu dapat mempelajari keterampilan dalam berkomunikasi sekaligus menempatkan diri terhadap rekan kerja dan atasan.

Kuasai keterampilan teknis secara lebih lanjut

Magang sebagai Data Engineer akan membantu memperkuat ilmu dan keterampilan di berbagai bidang yang sudah dipelajari. Misalnya, data pipeline, machine learning, hingga Python dan SQL. Sebagian besar perusahaan tempat magang mempunyai kualifikasi syarat keterampilan yang harus sudah dikuasai. Kamu dapat memastikannya dengan menanyakan keterampilan yang dimaksud terlebih dahulu.

Pembelajaran langsung

Menguasai ilmu teori saja tidak cukup untuk menjadi profesional di bidang data engineering. Pengalaman untuk menangani proyek dan masalah secara langsung melalui internship dapat memperkuat pendidikan tersebut. Selain itu, internship dapat meningkatkan peluang kesiapan kamu dalam berkarier. Nilai-nilai pengetahuan sekaligus keterampilan seorang tenaga kerja profesional dapat diperoleh secara optimal.

Memperkuat portofolio

Dalam proses pencarian tenaga kerja, perekrut cenderung menitikberatkan penilaian terhadap pelamar pada kombinasi pendidikan dan pengalaman yang mumpuni. Magang sebagai Data Engineer adalah langkah awal yang tepat sekaligus menjadi batu lompatan menjadi seorang profesional. Melalui magang, kamu akan memperoleh kesempatan untuk bertemu langsung dengan profesional di industri data. Tidak hanya itu, setiap proyek yang berhasil diselesaikan secara individu maupun dalam tim selama magang juga bisa kamu cantumkan sebagai poin penguat portofoliomu.

BACA JUGA: Data Engineer Course yang Wajib Kamu Ikuti

Tips Lolos Seleksi Data Engineer Internship

Cari peluang internship yang potensial

Temukan posisi magang Data Engineer yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mencari lebih lanjut lewat website maupun hiring pages pada laman perusahaan yang kamu minati. Tetapkan prioritas untuk mempersempit pencarian dengan mempertimbangkan pertanyaan berikut:

  • Industri apa yang paling saya minati?
  • Tanggung jawab apa yang ingin dilakukan secara rutin?
  • Apakah saya ingin berkembang di tempat itu sampai dipromosikan menjadi Data Engineer tetap?
  • Apakah saya ingin bekerja di kantor atau secara remote?

Kumpulkan pengalaman di bidang data engineering

Meskipun masih ada dalam tahap magang, perekrut tentunya ingin melihat pengalaman proyek data engineering yang sudah pernah kamu kerjakan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memasukkan studi kasus yang diperoleh selama masa pembelajaran ke dalam portofolio. Pastikan setiap model pemecahan masalah dan analisis dapat ditunjukkan dengan baik. Setiap perekrut akan menghargai setiap upaya yang ingin ditunjukkan selama melamar sebagai tenaga magang.

Siapkan resume yang mendukung

Resume merupakan bentuk dari kesan pertama yang ingin kamu tunjukkan kepada recruiter. Salah satu cara untuk membuat resume yang menonjol adalah yang sesuai dengan standar industri data dan teknologi. Fokuskan diri dan tunjukkan pada perekrut mengenai pencapaian yang berhasil kamu raih.

Masukkan lamaran sesuai ketentuan

Ketika menemukan lowongan magang Data Engineer yang tepat dan sudah sesuai dengan kebutuhanmu, pastikan untuk membaca kualifikasi dengan baik. Mengirimkan aplikasi lowongan yang tidak sesuai permintaan bisa memengaruhi posisi kamu pada lamaran tersebut. Pastikan kamu berhasil menyiapkan dan mengirimkan beberapa contoh ketentuan, seperti resume, surat lamaran, maupun referensi dari pihak-pihak terkait.

Persiapan menuju tahap wawancara 

Apabila kamu sudah masuk ke daftar short-listed candidate, siapkan sesi wawancara dengan matang. Lakukan riset dan pelajari lebih lanjut tentang perusahaan tersebut. Kamu juga dapat menyiapkan perkiraan pertanyaan dan jawaban yang umum diberikan oleh perekrut internship. Berlatih terlebih dahulu juga dapat menghindari sikap yang gugup selama wawancara berlangsung. Kamu juga akan diberi beberapa pertanyaan soal sejauh mana wawasan, kemampuan, serta pencapaian dalam bidang data engineering.

Itulah manfaat yang dapat diperoleh beserta beberapa tips untuk lolos seleksi Data Engineer internship. Menjadi tenaga kerja magang dapat menambah pengalaman dan kolaborasi bersama para ahli di bidangnya. Di samping itu, magang Data Engineer dapat menjadi bekal luar biasa untuk mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja penuh waktu.

Ingin mempersiapkan diri untuk belajar dan praktik menjadi Data Engineer profesional dari sekarang? Belajar di Bootcamp Data Engineer dengan kurikulum terstruktur yang siap membawamu siap kerja hanya dalam 4 bulan.

Artikel Rekomendasi