Kurang Dilirik, Gaji Data Engineer Ternyata Menggiurkan

digitalskola

digitalskola

6 Februari 2023

Di tahun 2020 lalu, profesi data engineer masuk ke dalam daftar sebagai pekerjaan dengan permintaan tertinggi (high demand job) ke-8 berdasarkan LinkedIn’s emerging job report. Hal ini tentunya bukan hanya semata-mata kebetulan, melainkan karena banyak perusahaan yang menyadari peran penting data engineer di dalam bisnis. Sehingga, tak heran kalau gaji data engineer tergolong tinggi. 

Didukung dengan perkembangan teknologi dan informasi yang melesat membuat perusahaan beradaptasi menciptakan perubahan sistem dalam operasional bisnis. Hal ini juga yang akhirnya membuat bisnis lebih menyesuaikan dengan kondisi yang ada, salah satunya yakni penggunaan data. Keberadaan data menjadi semakin penting karena data yang diolah dapat ditransformasikan menjadi informasi yang memberikan wawasan kepada para pengambil kebijakan seperti manajer perusahaan dan para investor.

Dikutip dari Seed Scientific, di tahun 2020 saja sudah ada 44 zettabytes data dan diprediksi akan terus  berkembang hingga 175 zettabytes di tahun 2025. Fenomena ini yang membuat data talent semakin dibutuhkan dalam menata manajemen data yang baik. Dengan begini, profesi ini adalah jawaban dalam permasalahan yang mampu menciptakan dan mengelola sebuah software yang bisa digunakan untuk mengubah data menjadi wawasan informasi yang bermanfaat. 

gaji data engineer
Gaji data engineer di Indonesia (Photo by Craig Garner on Unsplash)

Peran Data Engineer dalam Perusahaan

gaji data engineer
Peran data engineer dalam bisnis (Photo by Thomas Lefebvre on Unsplash)

Data Engineer adalah seseorang yang bekerja di ranah informasi teknologi atau IT Talent yang membuat data pipelines, platform big data serta mengintegrasikan data di dalam database, data warehouse dan data lake. Profesi ini bekerja dengan teknologi on-premises dan cloud untuk menyediakan infrastruktur terbaik bagi solusi data yang andal dan terukur secara efisien dalam jangka panjang (bertahun-tahun).

Baca dulu: Mau jadi Data Engineer? Kuasai 5 Data Engineer Skills Ini

Bagaimana Data Engineer dapat Membantu Bisnis?

Data Engineer membantu bisnis atau organisasi dalam menyusun dan mengakses data mereka dengan kecepatan dan skalabilitas yang mereka butuhkan dan menyediakan infrastruktur data untuk memungkinkan data scientist dan data analyst memberikan insight dan hasil analitik yang diperoleh dari data yang dikumpulkan oleh data engineer. Seorang data engineer bertanggung jawab untuk memastikan data yang dibutuhkan oleh pemangku kepentingan (stakeholder) sudah tersedia dan dapat diakses dengan aman.

Gaji Data Engineer

Dengan meningkatnya permintaan akan profesi data engineer di zaman sekarang, artinya profesi ini semakin diperlukan di perusahaan dan semakin menjanjikan pula gaji yang ditawarkan, mengingat data engineer berada di posisi ke-8 high demand job menurut LinkedIn, sehingga tidak sulit rasanya untuk mendapat bayaran yang cukup tinggi.

gaji data engineer
Gaji data engineer (Photo by Jason Leung on Unsplash)

IDstar mencatat, gaji seorang data engineer dengan pengalaman sebanyak satu hingga empat tahun akan memperoleh besaran gaji IDR 9.750.000,- per bulan. Adapun seorang data engineer yang memiliki pengalaman lima hingga sembilan tahun  memiliki gaji sebesar IDR 18.500.000,- per bulan. Tentunya gaji tersebut dapat menyesuaikan dengan wilayah, posisi, dan kondisi perusahaan, namun gaji tersebut dapat menjadi tolak ukur bagi kamu yang ingin berkarier sebagai data engineer.

Lain halnya, jika kamu berencana untuk memulai karier di perusahaan global, maka kamu perlu mengetahui besaran gaji yang ditawarkan di perusahaan tersebut. Dengan demikian, tabel berikut ini akan merangkum gaji seorang data engineer di perusahaan global:

Perusahaan Rata-rata gaji tahunan
Amazon $130,787
Apple$168,046
Capital One$124,905
Hewlett-Packard $94,142
Meta$166,886
IBM$100,936
Target$183,819
Table rata-rata gaji tahunan data engineer

Data engineer memang menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan di masa depan, mengingat jumlah data yang terus bertambah setiap detiknya, membuat profesi ini tentu akan dibutuhkan di perusahaan untuk kepentingan bisnis. 

Jika kamu tertarik untuk mempelajari skillnya, Digital Skola bisa membantumu melalui program Bootcamp Data Engineer dengan kurikulum yang berbasis industri, sehingga memudahkan kamu untuk persiapan karier data engineer yang lebih matang. 

Cari tahu kelasnya di sini.