Cara Memilih Big Data Training untuk Karyawan

digitalskola

digitalskola

9 Oktober 2022

Popularitas big data dan penerapannya di dalam industri global saat ini tidak hanya penting diketahui oleh pekerja maupun pencari kerja, melainkan juga perusahaan. Perusahaan penting memahami manfaat mengelola big data untuk bisnis untuk mulai melakukan langkah strategis dalam perencanaan pengelolaan data. Bagi perusahaan yang belum memiliki karyawan dengan skill pengelolaan data, pada umumnya mengambil dua pilihan keputusan. Pertama, merekrut karyawan baru, atau memberikan big data training bagi karyawan. Pahami kedua pilihan ini.

Kebutuhan Profesional di Bidang Big Data

training big data
Pentingnya big data (Image by our-team on Freepik)

Menurut laporan Bureau of Labor Statistics (BLS) Amerika Serikat yang dilansir dari Northeastern University, profesi yang berkaitan data diantisipasi akan tumbuh lebih dari 30 persen di tahun 2030. Artinya, selama periode tersebut akan bermunculan banyak pekerjaan baru. Ditambah lagi, perusahaan-perusahaan top dunia juga membutuhkan SDM kompeten dengan kualifikasi tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Sementara itu, perusahaan juga tidak bisa dengan mudahnya mengisi lowongan yang ada. Krusialnya data yang dimiliki terkadang membuat perusahaan berpikir ulang untuk memercayakannya pada karyawan baru. Dengan demikian, mengikutsertakan karyawan lama pada big data training menjadi solusi yang terbaik bagi perusahaan yang telah memiliki data penting dengan jumlah sangat besar.

Hanya saja, apa saja keahlian dan tools krusial yang harus dimiliki untuk dapat mengelola big data? Berikut beberapa diantaranya:

  • Programming
  • Linux/Unix & System Administration
  • Database Basic SQL (Structured Query Language)
  • Hadoop Fundamentals & Operations
  • Airflow
  • MapReduce
  • dan lain-lain

Big Data Training

big data training
Pentingnya big data training. (Image by DCStudio on Freepik)

Sampai di sini, kamu mungkin sudah mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai beberapa skill dan tools krusial yang harus dikuasai oleh seorang big data engineer. Langkah selanjutnya adalah menemukan tempat big data training yang memenuhi kebutuhan perusahaan. Berikut poin-poin yang wajib diperhatikan saat memilih pelatihan big data untuk karyawan

Memiliki kurikulum yang dibutuhkan

Sebelum masuk pada poin-poin lain, hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih pelatihan big data adalah kurikulumnya. Pastikan memilih tempat pelatihan dengan kurikulum lengkap dan sesuai kebutuhan industri. Kamu juga wajib memastikan metode pembelajarannya lebih fokus pada praktik dan study case dibandingkan teori untuk meningkatkan kualitas penguasaan materi selama pelatihan.

Tutor merupakan expert

Jika kamu sudah memastikan materi dan metode pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan, maka langkah selanjutnya adalah mengecek tutor atau pengajarnya. Utamakan memilih pengajar yang merupakan praktisi di bidang big data. Mengapa? Sebab tujuan dari pelatihan big data adalah memastikan karyawan menguasai skill yang dibutuhkan untuk mengelola data di perusahaan. Jika pengajarnya bukan seorang praktisi expert, bisa jadi hal-hal yang diajarkan hanya bersifat teoritis dan kurang aplikatif.

Pastikan jadwal belajar

Selanjutnya, jika materi dan tutornya sudah cukup meyakinkan, pastikan mengenai waktu belajarnya. Kebutuhan bisa berbeda di berbagai perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin menghendaki pelatihan di jam kerja. Sebaliknya, perusahaan lainnya lebih memilih melakukan pelatihan di luar jam kerja. Cari tahu kondisi perusahaan dan pilihan waktu terbaik bagi karyawan untuk selanjutnya mencari tempat pelatihan yang memiliki jadwal fleksibel.

Portofolio atau Kredibilitas

Dibandingkan mencari harga yang murah, akan lebih baik jika kamu mencari tempat pelatihan yang kredibel? Salah satu caranya adalah dengan melihat portofolio tempat pelatihan tersebut. Berapa banyak pelatihan big data yang sudah dilakukan? Perusahaan atau instansi apa saja yang telah bekerja sama? Semakin kredibel lembaga pelatihannya, semakin terjamin kapabilitasnya dalam menyelanggarakan pelatihan big data untuk karyawan.

Big Data Training Terbaik

Akan tetapi, bagaimana jika dalam perusahaan tidak banyak karyawan yang background pendidikan atau profesi di bidang IT? Apakah peluang memberikan pelatihan di bidang big data menjadi sia-sia? Tentu saja tidak.

Sebab, saat ini sudah ada semakin banyak pilihan program big data training yang bisa diikuti siapa saja, bahkan tanpa harus punya latar belakang pendidikan di bidang IT atau bidang terkait. Artinya, apapun latar belakang karyawan, tetap berkesempatan untuk belajar big data!

Salah satunya adalah Bootcamp Data Engineer dari Digital Skola. Lewat program ini, setiap peserta bisa belajar seluk-beluk soal data dari nol dan bahkan langsung mempraktikkan materimu di bawah bimbingan tutor ahli dan berpengalaman. 

Bootcamp Data Engineer ini menerapkan kurikulum berbasis industri yang menekankan praktik, sehingga peserta bisa sekaligus membuat menguasai skill-nya saat mengerjakan project.Tunggu apa lagi? Tingkatkan skill big data bagi karyawan bersama Digital Skola! Klik tombol di bawah ini untuk informasi lengkapnya sekarang!