Rekomendasi Python Library for Data Engineer

digitalskola

digitalskola

19 Oktober 2022

Jika umumnya library identik dengan tempat untuk menyimpan kumpulan buku, di dunia data engineering library adalah tempat penyimpanan kumpulan kode yang sebelumnya sudah dikompilasi. Kumpulan kode ini nantinya digunakan oleh data engineer untuk mengerjakan suatu program. Selain kode, library juga umumnya berisi dokumentasi, template pesan, nilai, konfigurasi, kelas, dan sebagainya. Dalam bidang data engineer, salah satu library yang paling populer adalah Python yang di dalamnya ada beberapa jenis Python library for data engineer yang bisa kamu jelajahi untuk mempermudah pekerjaan. 

Manfaat library yang paling utama adalah mempermudah dalam membangun atau mengerjakan suatu project. Dengan adanya library para developer, data engineer, data scientist, dll tidak perlu membangun kode dari awal untuk suatu fungsi tertentu. Selain itu, library juga sangat membantu mengurangi bug dan membantu menghasilkan kode secara efisien karena bisa menghemat waktu tanpa harus menulis seluruh skrip alias bisa mengambil kode yang sudah dioptimasi dengan baik dari library yang ada. 

Saat ini, ada lebih dari 137.000 library Python yang tersedia untuk membantu mempermudah mengembangkan ilmu machine learning, data engineer, data science, data visualization, image and data manipulation, application, dan masih banyak lagi (Sumber: Great Learning). Lantas, apa saja rekomendasi library python for data engineer? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Rekomendasi Materi Kelas Python Terlengkap untuk Karier

Apa Itu Library Python?

Apa Itu Python?
Python Library for Data Engineer (Photo by Kaitlyn Baker on Unsplash)

Python adalah bahasa pemrograman yang portabel, interaktif, dan object oriented. Bahasa pemrograman open source ini bisa dijalankan di berbagai macam sistem seperti Linux, macOS, Windows, dll. Tak hanya itu, Python juga bisa digunakan dalam banyak hal seperti visualisasi data, pembelajaran mesin 3D, robotika, machine learning, dll. Tak heran, Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer digunakan di seluruh dunia.

Tak hanya mudah digunakan, Python juga memiliki banyak library yang bisa digunakan oleh programmer, data engineer, data scientist, dll. Library Python adalah kumpulan modul berisi kode yang bisa digunakan berulang kali dalam program yang berbeda. Kehadiran library Python ini bisa membantu untuk mempermudah pekerjaan karena lebih efektif dan efisien saat kamu memerlukan kode untuk suatu project.

Kenapa Python Populer?

Kenapa Python Populer?
Python Library for Data Engineer (Photo by Docu Sign on Unsplash)

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti C++ atau Java, penggunaan Python lebih mudah karena didukung oleh sintaks pemrograman yang sederhana, keterbacaan kode, dan perintah seperti bahasa Inggris yang membuat pengkodean dengan Python jauh lebih mudah dipahami dan efisien. Tak heran, bahasa pemrograman ini mudah dipahami oleh pemula dalam pengolahan data. Tak hanya itu, Python juga memiliki sistem pendukung yang bisa mempermudah kamu membuat kerangka kerja artificial intelligence dan machine learning. 

Baca juga: Rekomendasi Tools Machine Learning untuk Data Engineer

Rekomendasi Python Library for Data Engineer

Python Library for Data Engineers
Python Library for Data Engineer (Photo by Fabian Irsara on Unsplash)

Bahasa pemrograman Python memiliki banyak library yang bisa digunakan untuk keperluan data engineer. Beberapa rekomendasi Python library for data engineer diantaranya:

Pandas

Library pertama yang sering digunakan data engineer adalah Pandas. Library yang dikembangkan oleh Wes McKinney ini biasa digunakan untuk memproses data yang meliputi pembersihan data, manipulasi data, hingga melakukan analisis data.  Pandas menyediakan struktur data yang cepat, fleksibel, dan ekspresif, serta menyediakan fitur seperti penanganan data yang hilang, pengindeksan yang rumit, dan penyelarasan data. 

Tak hanya itu, Pandas berfungsi mengakses sumber data yang akan digunakan oleh data engineer. Format file yang bisa dibaca oleh Pandas adalah csv, tsv, dan txt. Dengan library Pandas nantinya data engineer bisa melakukan agregasi, join, group by, dll secara cepat, fleksibel, ekspresif, yang bisa membantu mereka bekerja dengan data berlabel dan rasional.

TensorFlow

TensorFlow adalah library Python end-to-end open-source untuk membuat aplikasi machine learning atau komputasi numerik cepat. Library ini biasanya digunakan untuk membuat model deep learning secara langsung atau menggunakan library wrapper untuk menyederhanakan proses yang dibangun di atas TensorFlow.

Fitur utama dari library ini meliputi bekerja secara efisien dengan ekspresi matematika yang melibatkan array multidimensi, hingga komputasi GPU/CPU di mana kode yang sama dapat dieksekusi pada kedua project yang berbeda.  TensorFlow juga memberikan ekosistem tools, library, dan community resources yang komprehensif dan fleksibel yang memungkinkan data engineer untuk membangun dan menyebarkan aplikasi berbasis machine learning.

Scikit-Learn

Scikit-Learn adalah library yang dikembangkan oleh David Cournapeau pada tahun 2007 dan bersifat open source. Library ini digunakan oleh praktisi data untuk membangun berbagai tipe machine learning seperti unsupervised learning and supervised learning. Scikit-Learn menyediakan berbagai algoritma pembelajaran untuk regresi, pengelompokkan, hingga klasifikasi. 

Baca juga: Tugas Data Engineer: Panduan untuk Memulai Karier

Scipy

SciPy (Scientific Python) adalah library open-source yang digunakan untuk perhitungan ilmiah tingkat tinggi. Jenis library ini dibangun di atas ekstensi NumPy dan bekerja bersama untuk menangani komputasi yang kompleks. Tak heran, library ini banyak digunakan oleh para developer dan engineer. 

SciPy menyediakan numerik yang mudah digunakan dan efisien untuk aljabar linier, statistik, integrasi, dan optimasi. Penggunaanya meliputi pemrosesan gambar multidimensi, penyelesaian transformasi fourier, dan persamaan diferensial.

Plotly

Plotly adalah library analitik dan grafik kolaboratif berbasis web. Plotly merupakan library yang cocok untuk mengembangkan machine learning, data science, operasi terkait artificial intelligence, hingga visualisasi data. Library ini juga bisa digunakan untuk mengimpor data ke bagan serta memungkinkan developer atau engineer untuk membuat dashboard dan slide dengan mudah. 

Matplotlib

Dikembangkan oleh John Hunter, Matplotlib adalah salah satu library yang paling umum digunakan oleh komunitas Python. Matplotlib digunakan untuk membuat visualisasi data yang statis, animasi, dan interaktif. Library ini menyediakan pilihan kustomisasi dan grafik yang sangat beragam sehingga memungkinkan para developer atau engineer menggunakan histogram untuk menyebarkan, menyesuaikan, dan mengkonfigurasi plot ke dalam aplikasi. 

Daftar Python library for data engineer di atas dapat menjadi referensi bagi data engineer untuk membantu menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Jika ingin mendalami library Python dan mempraktekannya melalui project secara langsung kamu bisa mengikuti Bootcamp Data Engineering Digital Skola, selama 4 bulan intensif kamu akan dibimbing oleh tutor expert dengan kurikulum komprehensif agar siap menjadi data engineer profesional walaupun tanpa latar belakang IT. Penasaran?

Artikel Rekomendasi