Training Big Data Indonesia: Skill yang Perlu Diasah

digitalskola

digitalskola

27 November 2022

Training Big Data Indonesia
Training Big Data Indonesia (Photo by Dylan Gillis on Unsplash)

Training big data Indonesia mulai banyak dicari oleh talenta digital ataupun perusahaan yang ingin membantu karyawannya upgrade skill di bidang data. Training big data adalah pelatihan intensif dalam waktu yang cukup singkat biasanya 2 hingga 6 bulan untuk membantu meningkatkan berbagai keahlian yang mendukung. Tujuan utamanya adalah membantu individu agar lebih siap terjun berkarier di bidang data walaupun sebelumnya tidak memiliki latar belakang IT.

Dalam upaya meningkatkan skill talenta digital, dibutuhkan cara khusus agar bisa tercapai dengan mudah dan terarah. Umumnya, perusahaan juga memberikan pelatihan agar karyawan bisa memberikan kontribusi maksimal selama bekerja, karena ketika perusahaan ingin meningkatkan bisnisnya agar lebih baik, di dalamnya harus diisi dengan talenta digital yang memiliki skill mumpuni. Tentunya, hal tersebut bisa didapatkan setelah karyawan mengikuti training big data Indonesia. 

Training big data juga tak hanya penting untuk karyawan yang sudah bekerja, tapi untuk kamu yang baru akan terjun ke bidang big data juga lebih baik mengikuti training terlebih dahulu. Tujuannya agar bisa lebih siap kerja dan membuka peluang untuk dapat berkarier di bidang data. Tentunya dengan mengikuti training big data kamu akan lebih bisa mengembangkan kemampuan untuk mencapai karier impian. Lalu, apa saja skill penting yang perlu diasah saat mengikuti training big data Indonesia? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat Mengikuti Training Big Data Indonesia

Manfaat Mengikuti Training Big Data Indonesia
Training Big Data Indonesia (Photo by Ilya Pavlov on Unsplash)

Di dunia kerja, yang kamu butuhkan adalah hard-skills dan soft-skills. Oleh karena itu, agar benar-benar sanggup bersaing dalam dunia kerja, kamu harus melatih agar memiliki skill yang mumpuni  sehingga perusahaan yang kamu incar bisa menerima kamu sebagai karyawannya. Untuk melatih skill di bidang big data kamu bisa mengikuti training yang akan memberikan banyak manfaat, diantaranya:

  1. Belajar dengan kurikulum yang tersusun
  2. Dibimbing tutor berpengalaman
  3. Mendapat pengetahuan baru
  4. Mendapat skill yang lebih praktikal
  5. Memperluas networking
  6. Meningkatkan rasa percaya diri
  7. Biaya terjangkau
  8. Waktu yang singkat
  9. Memperkuat personal branding
  10. Memperbesar kesempatan dapat kerja

Baca juga: Bootcamp Big Data Agar Siap Kerja

Hard-Skills yang Perlu Diasah di Training Big Data Indonesia

Hard-Skills yang Perlu Diasah di Training Big Data Indonesia
Training Big Data Indonesia (Photo by Markus Spiske on Unsplash)

Tentunya untuk bisa berkarier di bidang big data kamu harus memiliki hard-skills yang mumpuni. Ada beberapa hard-skills yang akan diasah jika kamu mengikuti training big data, diantaranya:

Bahasa Pemrograman

Hard-skills utama yang akan diasah di training big data adalah bahasa pemrograman. Keahlian pemrograman dibutuhkan untuk memanipulasi dan mengakses data. Ada beberapa bahasa pemrograman utama yang wajib dikuasai di bidang big data yaitu SQL, Python, Java, dan Scala yang nantinya akan digunakan untuk mengakses, mengambil, dan menjalankan, hingga menghapus data.

Data Warehouse

Untuk bisa berkarier di bidang big data kamu harus mengasah kemampuan data warehouse untuk menyimpan dan mengelola data mentah agar bisa digunakan. Oleh karena itu, untuk mempermudah kamu saat berkarier di bidang big data kamu perlu memahami data warehouse.

API

Selanjutnya, hard-skills yang akan diasah di training big data adalah Application Programming Interface (API) yaitu interface yang menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya untuk mengakses data. 

Baca juga: Big Data Bootcamp: Apa Manfaat untuk Karier?

Database

Fokus kerja profesi di bidang big data umumnya berkutat pada pengoptimalan dan penyaringan data. Oleh karena itu, untuk bisa memindahkan data kamu perlu menguasai penggunaan database. 

Machine Learning

Untuk bisa berkarier di bidang big data kamu perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai machine learning. Algoritma machine learning akan membantu dalam memprediksi berdasarkan data terkini dan historis. 

Big Data Tools

Terakhir tak kalah penting, untuk bisa berkarier di bidang big data kamu harus bisa menguasai alat pengolahan data seperti Apache Hadoop, Domo, Looker, MapReduce, GridGain, HPCC, dll.

Baca juga: Cara Memilih Big Data Training untuk Karyawan

Soft-Skills yang Perlu Diasah di Training Big Data Indonesia

Soft-Skills yang Perlu Diasah di Training Big Data Indonesia
Training Big Data Indonesia (Photo by REdd F on Unsplash)

Selain hard-skills di training big data Indonesia juga kamu akan mengasah soft-skills diantaranya:

Teamwork

Saat ini, kebanyakan perusahaan menerapkan prinsip kolaborasi dengan pihak lain agar lebih mudah untuk meraih tujuan. Saat mengikuti training big data kamu akan dilatih untuk meningkatkan skills teamwork melalui project yang akan dikerjakan bersama dengan peserta training lainnya. 

Analytical Thinking

Selanjutnya, di training big data kamu akan dilatih memiliki kemampuan analytical thinking terhadap suatu permasalahan agar bisa lebih peka dan bisa menghasilkan insight baru yang berkualitas. 

Pengetahuan Bisnis

Untuk bisa berkarier di big data dengan bak, kamu perlu memiliki pemahaman bisnis, mulai dari cara bisnis berjalan, tujuan bisnis, proses bisnis , hingga memahami tuntutan industri terhadap bisni. Memahami hal-hal tersebut akan membantu kamu melihat data pada posisi yang lebih baik dan fokus pada bagian data yang penting bagi bisnis atau industri tertentu.

Rekomendasi Training Big Data Indonesia

Jika kamu tertarik untuk mengikuti training big data, kamu tidak perlu kesulitan mencari training big data Indonesia yang berkualitas, karena Digital Skola menyediakan training big data yaitu Bootcamp Data Engineer yang akan membantu kamu jadi seorang big data professional yang siap kerja. 

Melalui training big data Indonesia ini, kamu akan mendapatkan bimbingan dari tutor expert selama 3 bulan, portfolio, hingga dibantu untuk mencari kerja melalui fasilitas job connector. Tak hanya itu, kamu juga akan dapat fasilitas lain seperti:

  1. Sertifikat BNSP
  2. 1-on-1 career counseling with HR Expert
  3. Personality and career assessment
  4. Professional branding
  5. Data enthusiast community
  6. “Second Chance” program
  7. Weekly performance report
  8. Tutor consultation outside of class

Tunggu apa lagi? Mulai karier di bidang big data sekarang! Klik tombol di bawah ini untuk informasi lengkapnya:

Artikel Rekomendasi