12 Rekomendasi Buku Data Science Bahasa Indonesia

digitalskola

digitalskola

24 Desember 2021

buku data science bahasa indonesia
Photo by Simon Daoudi on Unsplash

Data science adalah salah satu bidang ilmu profesi dengan demand tinggi di masa kini. Perusahaan membutuhkan tenaga profesional sekaligus kreatif agar mampu bersaing dalam aspek pengaruh data terhadap teknologi dan kemajuan perusahaan. Ada cukup banyak pekerjaan data science yang mampu memberikan peluang gaji cukup tinggi dan punya kesempatan terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Tingginya kesempatan untuk berkarier di dunia data science mendorong kamu untuk terus mengembangkan skill dan wawasan terbaru agar dapat bekerja dengan baik. Sebagai Data Scientist, sifat inovatif dan peka terhadap tantangan dapat membantu peningkatan karier hingga beberapa dekade mendatang. Salah satu sumber wawasan yang bisa kamu gunakan adalah buku data science bahasa Indonesia.

Mempelajari data science melalui buku dapat memberikan gambaran dan wawasan dalam bentuk yang holistik. Data science tidak hanya membahas ilmu komputasi, tetapi juga matematika, probabilitas, programming, statistics, machine learning, dan lain-lain. Bisa dibilang, membaca dan memahami materi melalui buku dapat menjadi kunci sukses awal sebelum melangkah menuju ke tahapan-tahapan kompleks lainnya. Di bawah ini ada berbagai rekomendasi judul buku data science yang berbasis bahasa Indonesia dan dapat membantu kamu menggali konsepnya secara lebih dalam.

Rekomendasi Buku Data Science Bahasa Indonesia

Pengantar Analisis Data Menggunakan Python Data Science – Suprapto dan Yatim Lailun Nimah

Buku ini ditulis oleh Suprapto dan Yatim Lailun Nimah. Kamu akan mempelajari fungsi dan penggunaan Python bagi kebutuhan analisis data. Halaman Python serta pustaka pendukungnya menjadi sumber kepenulisan buku ini. Kamu bisa mengenal asal-usul Python lebih jauh, salah satunya sebagai pemrograman umum yang pertama kali dirilis pada 1991. Ternyata, Python juga punya filosofi desain yang mampu memudahkan keterbacaan kode-kode tertentu. Buku ini bisa memberikan gambaran mendasar soal Python dengan topik-topik yang lebih kompleks akan ditambahkan di masa mendatang. Tidak heran kalau buku ini banyak direkomendasikan untuk teman-teman pemula yang baru saja ingin mengenal Python dan analisis data. Ketika masuk ke dalam pembahasan mengenai metode statistika, kamu dapat mengombinasikan bacaan dengan buku matematika statistika untuk memperoleh pemahaman luas serta gambaran yang lebih jelas.

BACA JUGA: Rekomendasi Job Portal untuk Cari Lowongan Data Science

Lima Dasar Data Science untuk Pemula – Bernardus Ari Kuncoro

Bernardus Ari Kuncoro sebagai penulis akan membagikan rentetan pengalamannya berkarier selama lebih dari 6 tahun di bidang data science. Melalui buku ini, kamu diharapkan mampu menemukan inspirasi serta kekuatan dasar untuk menjadi Data Scientist ulung dan profesional. Apalagi, saat ini sudah banyak anak muda yang berminat untuk terjun ke profesi Data Scientist. Kondisi inilah yang meningkatkan daya saing kandidat agar mampu memenuhi kriteria karakter serta kualitas setara dengan kebutuhan perusahaan. Satu hal yang menarik dari buku ini adalah tersedia dalam produk cetak maupun e-book. Pembaca bisa memperoleh kemudahan untuk memilih produk secara fleksibel agar bisa dipelajari dari mana saja.

Data Mining dan Big Data Analytics: Teori dan Implementasi Menggunakan Python & Apache Spark – Prof. Budi Santosa

Buku ini ditulis langsung oleh Prof. Budi Santosa, seorang akademisi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Beliau merangkum wawasan terkini seputar data mining dan big data analytics bersama rekannya, Ardian Umam. Kamu akan menemukan pembahasan lengkap seputar klasifikasi, regresi, clustering, dimensionality reduction, hingga aturan asosiasi. Masing-masing pembahasan juga fokus pada keberadaan algoritma serta penurunannya. Setiap algoritma akan dijabarkan memakai langkah-langkah, ringkasan, dan hands on coding dengan mengimplementasikan study case yang nyata. Dengan begitu, pembaca bisa mengasah pola pikirnya dan mempraktikkan secara langsung ke dalam Python language.

Pembahasan dilanjutkan dengan melakukan big data analytics memakai framework big data terpopuler di masa kini, yaitu Apache Spark. Hands on coding juga terjadi secara step by step, mulai dari preprocessing, regresi, klasifikasi, sentiment analysis, clustering, hingga system building. Kamu juga akan memperoleh arahan dan tips agar penggunaan Apache Spark semakin cepat sekaligus powerful. Pembelian buku ini juga sudah disertai video tutorial gratis seputar Python programming.

Konsep dan Implementasi Pemrograman Python Kasus Big Data – Rosihan Ari Yuana

Hinga saat ini, Python masih menjadi programming language dengan banyak penggemar dari seluruh dunia. Buku ini akan membantu membahas Python dari nol. Beberapa materi yang ditawarkan berupa pengenalan, instalasi, dasar-dasar, sampai logika pemrograman Python. Logika ini sudah meliputi looping, function, statement control, pengolahan data secara statis maupun dinamis, dan sebagainya. Tidak heran jika kamu menemukannya cocok untuk para pemula maupun level menengah. Terdapat ratusan proyek serta studi kasus latihan untuk melatih logika berpikir serta kemampuan memecahkan masalah.

Pemaparan proyek latihan akan dimulai dari ide penyelesaian hingga implementasinya terhadap kasus atau permasalahan yang ada. Keunggulan Python juga ditunjukkan dalam hubungannya dengan data science maupun big data analytics. Beberapa materi lain yang juga akan kamu temui lewat buku ini adalah data import, error handling, pembuatan grafik plot, regular expression, maupun pengolahan array memakai Numpy.

BACA JUGA: Kumpulan Proyek untuk Belajar Data Science Bagi Pemula

Belajar Data Science: Klasifikasi dengan Bahasa Pemrograman R – Dodon T Nugrahadi dan M Reza Faisal

Buku ini punya keistimewaan untuk membahas keterampilan yang lebih spesifik. Setiap metode akan menemukan implementasinya, terutama dalam aspek R programming language. Selain itu, kamu juga diarahkan untuk fokus membahas supervised learning melalui pembahasan machine learning. Teknik klasifikasi yang akan dibahas juga menyertakan contoh kasus atau masalah agar lebih mudah dipahami. Penyelesaiannya juga terjadi step by step sehingga kamu tidak perlu merasa kebingungan untuk menguasainya secara perlahan, tapi pasti. Teknik klasifikasi yang dimaksud buku ini juga sudah termasuk pengukuran hasil dari proses-proses yang telah terjadi. 

Statistika dan Probabilitas – Syarif Hidayatullah 

Statistika dan probabilitas merupakan ilmu penting untuk bisa jadi data scientist expert. Maka dari itu, kamu bisa baca buku yang ditulis oleh Syarif Hidayatullah yang berisi:

  • Hasil percobaan penelitian
  • Tulisan pribadi penulis mengenai berbagai jurnal
  • Pengalaman pribadi penulis dan pengajaran

Di buku ini kamu juga akan mendapatkan berbagai ilmu penting untuk menunjang karier sebagai data science seperti:

  • Statistika dasar
  • Probabilitas
  • Probabilitas dan statistika (probstat)
  • Statistika dan metodologi penelitian

Panduan Query MySQL – Agus Prawoto Hadi

Salah satu skill yang penting dikuasai oleh data scientist adalah SQL. Buku panduan MySQL yang ditulis oleh Agus Prawoto Hadi ini akan membantu kamu untuk mempermudah belajar query MySQL secara sistematis dan komprehensif buku ini juga berisi berbagai ilmu yang bermanfaat bagi data scientist seperti:

  • Data definition language
  • Data manipulation 
  • Referensi lengkap SQL pada MySQL

Menariknya tak hanya referensi mengenai berbagai fungsi dan statement SQL, di buku ini juga berisi tutorial menggunakan berbagai fungsi dan statement tersebut. 

Buku Statistika dengan R – ​​Muhammad Taqwa, S.Pd., M.Pd dan Akbar Taufik, S.Pd., M.Pd

Selanjutnya rekomendasi buku untuk kamu belajar statistika menggunakan bahasa pemrograman R yang ditulis oleh Muhammad Taqwa, S.Pd., M.Pd dan Akbar Taufik, S.Pd., M.Pd. Di buku ini kamu bisa mendapatkan insight terkait: 

  • Metode pengumpulan data
  • Statistika deskriptif
  • Penyajian data
  • Penyebaran data
  • Cara menggunakan bahasa pemrograman R

Logika Algoritma dan Pemrograman Dasar – Rosa A.S

Bidang data science tak terlepas dari algoritma dan pemrograman, maka dari itu buku yang ditulis oleh Rosa A.S ini akan membantu kamu untuk memahami lebih jauh terkait algoritma dan pemrograman. Di buku ini kamu akan belajar lebih lengkap terkait algoritma menggunakan:

  • Bahasa pemrograman C
  • Bahasa Pemrograman C++
  • Bahasa Pemrograman Java

Buku yang diterbitkan oleh Modula ini berisi sekitar 800 halaman yang tentunya sangat recommended untuk kamu yang ingin belajar secara komprehensif. 

Basis Data – Fathansyah

Selanjutnya jika kamu ingin mempelajari basis data, kamu bisa mempelajarinya melalui buku karangan Fathansyah yang berjudul “Basis Data”. Perlu diketahui, pengarang buku Basis Data ini merupakan lecturer dan researcher bidang computer science di Institut Teknologi Bandung. Beliau sudah banyak membuat buku dan paper terkait:

  • Database system
  • Artificial intelligence
  • Information system 

Maka dari itu, tidak perlu diragukan lagi buku ini akan sangat cocok untuk siapapun kamu yang tertarik belajar lebih banyak terkait data. Buku ini terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:

  • Perkenalan konsep dasar dan model sistem basis data
  • Model relasional dan SQL
  • Perancangan dan implementasi sistem basis data
  • Eksplorasi topik lanjutan dan aplikasi sistem basis data

Buku ini ditulis dalam bahasa Indonesia namun menggunakan beberapa istilah dan notasi bahasa Inggris untuk konsep teknisnya. 

Belajar Database Komplet – Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan

Jika kamu ingin mempelajari lebih banyak mengenai database, maka kamu bisa membaca buku “Belajar Database Komplet” karangan Vivian Siahaan dan Rismon Hasiholan Sianipar. Buku ini ditujukan untuk para pemula yang tertarik terkait data, programmer, atau kalangan umum yang ingin memperdalam keahliannya dalam pemrograman database. Di dalam buku ini kamu akan mempelajari:

  • Analisis perancangan sistem informasi dan basis data
  • Basis data dasar hingga lanjutan
  • Basis data relasional
  • Desain basis data
  • Pemodelan basis data
  • Pemodelan dan implementasi basis data
  • Pemrograman basis data
  • Pengolahan basis data
  • Perancangan basis data
  • Perancangan sistem informasi logistik, basis data, dan praktikum
  • Manajemen data

Belajar Otodidak Bahasa Pemrograman SQL Menggunakan MariaDB – Gava Media

Melalui buku “Belajar Otodidak Bahasa Pemrograman SQL Menggunakan MariaDB” yang diterbitkan oleh Gava Media ini kamu bisa belajar:

  • Perintah dasar bahasa pemrograman SQL menggunakan MariaDB
  • Konsep dasar database
  • Komponen-komponen SQL
  • Macam-macam tipe data SQL

Belajar Data Science dari Nol

Ingin belajar data science dari nol dan dibimbing oleh ahlinya sampai bisa? Belajar sekarang di Bootcamp Data Science dari Digital Skola! Semua skill yang dibahas di rekomendasi buku-buku di atas akan kamu pelajari secara komprehensif bareng mentor expert yang merupakan praktisi di bidangnya.

Bahkan, jika kamu saat ini tidak memiliki latar belakang IT dan tidak punya basic skill di bidang data, kamu tetap berpeluang untuk berkarier jadi data scientist. Berikut materi yang nantinya akan kamu pelajari:

  • Basic and Intermediate SQL
  • Basic and Intermediate Programming with Python
  • Analytics with Numpy
  • Data Visualization
  • Dataframe
  • Machine Learning
  • Git & Version Control System
  • Basic – Advanced Statistics

Selain materi yang lengkap, di kelas ini juga kamu akan dapat fasilitas pendukung karier yang lengkap seperti job connector, real experience internship, portfolio, personal branding, hingga 1-on-1 career counseling with HR Expert.

Penasaran ingin tahu info lengkap mengenai kelasnya? Klik button di bawah ini!