Prospek Karier Terkini Data Science Indonesia

digitalskola

digitalskola

9 Agustus 2023

Kamu yang saat ini tertarik untuk mulai karier menjadi data scientist, mungkin juga sering mencari informasi mengenai prospek data science Indonesia. Dulu, saat  data scientist baru booming di Indonesia, banyak perusahaan yang menyebutkan bahwa data di era industri digital menjadi ‘new oil’ alias seperti minyak yang sangat berharga. Tentunya, sampai saat ini data menjadi sumber penting untuk diolah oleh perusahaan dengan optimal agar bisa bermanfaat dengan maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan para ahli data untuk membuat data perusahaan menjadi menguntungkan. 

Melihat fenomena kebutuhan akan data scientist di berbagai perusahaan yang semakin meningkat, pada tahun 2022 US Bureau of Labor Statistic menyebut bahwa pertumbuhan data science semakin kuat bahkan mencapai 22% hingga 10 tahun ke depan dan masuk dalam daftar 20 pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat. Bahkan, banyak perusahaan terkenal di dunia seperti Amazon, Google, hingga Facebook membutuhkan sosok data scientist untuk membuat algoritma yang bisa meningkatkan kepuasan pada pelanggan dan memberikan hasil bisnis yang lebih terukur.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan besar yang mulai menyadari pentingnya data science untuk membantu membangun bisnis mereka, sehingga peran data scientist di perusahaan-perusahaan Indonesia juga semakin dibutuhkan. Bahkan, kini banyak instansi pemerintahan yang juga gencar mencari sosok data scientist. Jika kamu saat ini masih ragu dan mencari informasi mengenai prospek karier data science Indonesia, simak artikel ini sampai akhir!

Baca juga: Skill Wajib Untuk Lolos Data Science Internship Indonesia

Prospek Karier Data Science Indonesia

Prospek Karier Data Science Indonesia
Prospek Karier Data Science Indonesia (Photo by Kaleidico on Unsplash)

Di Indonesia ada banyak perusahaan yang memanfaatkan data science dan mencari sosok talenta digital yang memiliki skill untuk jadi data scientist. Dari sekian banyak perusahaan yang menerapkan data science, berikut dua contoh yang bisa menjadi gambaran mengenai prospek karier data science Indonesia: 

Prospek Karier Data Science Indonesia di Instansi Pemerintah

Mungkin kamu yang kini sedang tertarik berkarier di bidang data science Indonesia pernah berpikir bahwa prospek karier data science di Indonesia itu hanya terbatas di startup atau perusahaan yang bergerak di bidang IT saja. Faktanya sekarang ada banyak instansi pemerintahan yang mulai gencar untuk mencari talenta-talenta digital yang memiliki skill di bidang data seperti data scientist

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yaitu Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa salah satu prioritas penerimaan CPNS 2023 adalah data scientist (Sumber: menpan.go.id). Alasan utama data scientist jadi prioritas adalah karena dunia digital terus berubah cepat, sehingga pemerintahan juga harus cepat adaptasi agar tidak tergerus zaman. Perekrutan data scientist ini juga mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia juga menyebut bahwa mereka membutuhkan sumber daya manusia yang ahli di bidang data science untuk memanfaatkan big data, salah satunya di Direktorat Penilaian (Sumber: kemenkeu.go.id). Menurut KEMENKEU, data scientist di Direktorat Penilaian akan berperan untuk memilih dan menggunakan berbagai tools big data untuk mengumpulkan, menginterpretasi, dan menganalisis data yang akhirnya bisa menjadi insight yang bermanfaat.

Jika dulu pemerintahan terbiasa mengolah data secara manual, kini dengan hadirnya data scientist pemerintah bisa mengolah data secara efektif untuk membantu meningkatkan kinerja, mencegah cyber attacks, hingga membantu meningkatkan pendapatan negara.  Pada akhirnya, dampak positif ini juga akan terasa oleh rakyat. Penerapan data science sering digunakan di berbagai macam sektor, diantaranya: 

  • Infrastruktur = Menganalisis dan mengatasi risiko saat membuat konstruksi jalan tol 
  • Pariwisata = Mapping untuk mencari lokasi yang tepat untuk turis dan menentukan strategi marketing untuk segmentasi grup yang berbeda 
  • Pertanian = Mengelola dan mengendalikan hama, mengatasi perubahan cuaca, memprediksi hasil produksi 
  • Perdagangan = Forecasting bantuan sosial atau sembako agar tidak kekurangan atau kelebihan 
  • Kesehatan → Forecasting persebaran penyakit 

Jika kamu memiliki skill di bidang data science, maka kamu bisa pilih sektor pemerintahan yang paling kamu minati dan jadi data talent yang membantu transformasi digital pemerintahan. 

Baca juga: Real Experience Intern Data Scientist di Indonesia

Prospek Karier Data Science Indonesia di BUMN 

Selain di instansi pemerintah seperti kementrian, data science juga dibutuhkan di BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Salah satu BUMN yang menerapkan data science adalah Bank Mandiri yang menjadi salah satu bank lokal yang punya performa bagus dari tahun ke tahun. Bahkan, di tahun 2022 laba bersih Bank Mandiri melonjak ke angka Rp41,2 triliun, tumbuh 46,9 persen dibandingkan 2021. 

Tentunya, banyak faktor yang mendukung kesuksesan ini. Namun, Senior Vice President Enterprise Data Management Bank Mandiri yaitu Billie Setiawan menyebutkan bahwa Bank Mandiri jadi salah satu contoh perusahaan yang menyiapkan dan mempertahankan organisasinya menjadi Data-Driven Culture, berikut contohnya:

Membangun Platform Big Data = Sejak 2020, Bank Mandiri bekerjasama dengan Cloudera untuk membangun platform big data yang disebut “Enterprise Information & Decision Platform”. Dalam platform ini, Mandiri membuat tiga fokus utama. Pertama, pemantauan likuiditas dan transaksi harian di 2.556 kantor cabang dan 2.236 jaringan mikro secara real-time. Data-data penting seperti volume, nilai, dan frekuensi transaksi bisa diketahui secara cepat sehingga analisis dan pengambilan keputusannya juga lebih efisien. (Sumber: bankmandiri.co.id)

Memantau Kesehatan Karyawan = Tahun 2020 saat terjadi pandemi COVID-19, Bank Mandir menggunakan big data untuk memantau kesehatan karyawannya. Hanya dalam hitungan jam, dasbor pada platform ini bisa menentukan karyawan berisiko terpapar COVID-19. Datanya diambil dari lokasi kerja, jenis transportasi, sampai pola mobilitas. Dengan informasi ini, Bank Mandiri bisa lebih cepat ambil keputusan mengenai pengaturan tim dan meminimalisir risiko ribuan karyawannya terpapar COVID-19.

Proses Restrukturisasi Pinjaman = Salah satu penyumbang tingginya laba Bank Mandiri di 2022 adalah keberhasilan restrukturisasi pinjaman. Pada saat pandemi, ada banyak kredit macet dan nasabah yang minta restrukturisasi. Dengan bantuan platform big data, Bank Mandiri bisa mempertahankan service level agreement dengan para nasabah dan membangun analisis yang dapat mempercepat proses restrukturisasi pinjaman. 

Kesadaran akan pentingnya pengelolaan data ini bikin membuat perbankan seperti Bank Mandiri semakin sadar akan pentingnya peran data talent.  Tak heran, kini ada banyak lowongan untuk data talent dari Bank Mandiri dan bank sejenis lainnya. 

Rekomendasi Tempat Belajar Skill Data Science

Rekomendasi Tempat Belajar Skill Data Science
Rekomendasi Bootcamp Data Science Indonesia (Photo by Jacky Chiu on Unsplash)

Melihat dari prospek karier data science Indonesia yang ternyata masih sangat menjanjikan, kini adalah kesempatan kamu untuk mulai belajar data science mulai hari ini juga. Kamu bisa belajar ilmu data science di kelas Bootcamp Data Science di Digital Skola. Kamu akan mendapatkan materi terstruktur dan sesuai kebutuhan industri dengan bimbingan mentor expert di bidangnya. Kamu juga akan dapat fasilitas lengkap seperti:

  1. Job connector
  2. Real experience internship
  3. Sertifikasi BNSP
  4. Pembuatan 7 portofolio
  5. 1on1 career counseling with HR expert

Cari tahu info lengkapnya dengan klik button di bawah ini!

Artikel Rekomendasi