Gaji Data Science dan 3 Faktor yang Memengaruhinya

digitalskola

digitalskola

2 Agustus 2021

gaji data science
Photo by Jp Valery on Unsplash

Selama beberapa tahun terakhir, berbagai bidang kehidupan secara global mulai bergeser ke arah teknologi data. Beberapa di antaranya mampu berkembang secara pesat dan signifikan, seperti Machine Learning, Artificial Intelligence, dan Data Science. Berbicara soal Data Science, profesi ini memiliki prospek kerja yang besar dengan tawaran gaji yang menjanjikan. Berdasarkan data dari Bureau Labor Statistics (BLS), kesempatan profesi Data Scientist diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan sebesar 14% di tahun 2028.

Dengan tanggung jawab yang akan diampu dan kemampuan yang harus dikuasai, masyarakat awam pada umumnya memiliki ekspektasi tinggi mengenai gaji Data Scientist. Meski demikian, ada baiknya kamu mencari tahu dengan lebih pasti kisaran gaji Data Science, apalagi jika kamu tertarik untuk terjun di profesi ini.

Pasalnya, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi besaran gaji untuk profesi ini. Gaji seorang Data Scientist tidak asal diperhitungkan. Terdapat berbagai faktor yang memengaruhi penawaran gaji sebelum pelamar bisa memulai pekerjaannya. Berikut penjelasan mengenai gaji Data Science dan faktor yang memengaruhinya.

Pengalaman kerja

Entry-level

Sejumlah kategori tenaga kerja yang digolongkan entry-level adalah fresh graduate dan senior dari bidang lain yang baru saja menekuni dunia Data Science. Oleh karena belum memiliki pengalaman sebelumnya, karyawan di level ini tentu lebih fokus pada latihan keterampilan serta pembelajaran. Entry-level bisa memperoleh bekal ilmu melalui aktivitas bimbingan dan pelatihan oleh perusahaan. Pada level ini saja, perkiraan gaji Data Scientist di Indonesia sudah mencapai Rp90.000.000,00 per tahun atau sekitar Rp 7.500.000/bulan (Payscale, 2021).

Baca juga: Cara Menjadi Data Scientist Freelance

Senior

Merupakan ahli yang telah mendedikasikan hampir sepanjang masa karier mereka untuk kelangsungan manfaat data bagi masing-masing perusahaan. Perlu kamu ketahui bahwa Data Scientist senior masih menjadi sumber daya manusia yang krusial dan langka, baik pada kinerja secara individu maupun di dalam tim. Soal gaji, tentu tidak perlu diragukan lagi. Besarannya tergolong tinggi dan mampu menyaingi tenaga kerja di berbagai bidang profesi. Paling tidak, seorang senior data scientist bisa menerima rata-rata Rp340.000.000,00 per tahun dengan kemungkinan tambahan insentif untuk setiap periode tertentu (Salary Explorer, 2021).

Lokasi atau negara asal

Lokasi perusahaan ternyata memengaruhi pemberian gaji Data Scientist secara signifikan. Hal ini juga disebabkan oleh upah minimum dari tiap-tiap negara yang berbeda. Jika memang ingin bekerja di luar negeri, pastikan kamu sudah tahu perkiraan gaji di negara yang kamu tuju. Berikut perbandingan gaji data scientist di beberapa negara :

  • India:  ₹708.012 atau di kisaran Rp 137 juta per tahun
  • Amerika Serikat: US$96.000 atau sekitar Rp 1 miliar per tahun
  • Singapura: SGD93.000 atau Rp 991 juta dalam satu tahun
  • London: £50.585 atau sekitar Rp 1,1 miliar setiap tahun
  • Australia: A$116.000 atau di kisaran 1,2 miliar setahun
  • Spanyol: €34.000 atau sekitar Rp 582 juta per tahun (Simplilearn, 2021)

Baca juga: 4 Softskill Penting Data Scientist

Latar belakang pendidikan

Kamu tentu tahu bahwa semakin tinggi pendidikan yang dicapai, maka semakin tinggi juga peluang memperoleh gaji lebih banyak. Hal ini rupanya juga berlaku bagi profesi data scientist.

Di tingkat pendidikan S1, kamu berpeluang untuk mendapatkan penawaran gaji dari perusahaan sebesar Rp14.600.000,00 setiap bulan di level senior. Begitu juga dengan gelar master yang mampu menaikkan nominal tersebut sebanyak 33% dengan total pendapatan Rp19.500.000,00 per bulan. Apabila kamu sudah mencapai gelar PhD, tidak menutup kemungkinan jika penghasilan dapat menembus angka Rp27.700.000,00 per bulannya.

Itulah beberapa penjelasan seputar faktor-faktor yang memengaruhi gaji Data Science. Perlu kamu ingat bahwa tanggung jawab kerja dan kemampuan diri dapat memperhitungkan penghasilan yang bisa diterima. Oleh sebab itu, kamu perlu bekerja keras sejak hari ini untuk mencapai target gaji tersebut.

Apakah kamu ingin meningkatkan performa dan kemampuan sebagai Data Scientist? Belajar sekarang di Bootcamp Data Science untuk mengasah skill sekaligus membangun professional branding sebagai Data Scientist hanya dalam 3,5 bulan.

Artikel Rekomendasi