6 Alasan Kamu Harus Ikut Kursus Data Science Online

digitalskola

digitalskola

2 Maret 2022

kursus data science online
Ilustrasi kursus data science online. Photo by Kaboompics .com from Pexels)

Data science merupakan bidang yang sedang tumbuh dengan cepat. Semakin populer bidang ini, semakin banyak orang yang menyadari nilai tambah yang bisa mereka dapatkan dengan memiliki keahlian di bidang ini. Maka dari itu, tidak heran jika ada semakin banyak pilihan program pendidikan data science, termasuk kursus data science online untuk jalur pendidikan informal.

Dilansir dari Indeed.com, jumlah job posting untuk posisi data scientist meningkat hingga 75% dalam 3 tahun terakhir. Dengan tingginya permintaan industri untuk posisi ini, kian tinggi pula tingkat persaingannya. Apalagi karena bidang karier yang satu ini bisa jadi sangat menguntungkan untuk dikejar, dan kamu mungkin salah satu orang yang berniat mengejarnya.

Maka dari itu, jika kamu memang serius ingin mengejar karier di bidang data science, kamu perlu mendapatkan pelatihan yang tepat. Tidak perlu takut memulai karena bidang karier ini ternyata bisa dilakoni oleh orang-orang yang tidak punya latar belakang di dunia IT sekalipun!

Jika kamu telah memantapkan niat untuk mengejar karier di bidang ini, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi sebagai data scientist dengan mendaftar ke program kursus data science terpercaya. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan seluruh ilmu yang kamu butuhkan agar bisa sukses di bidang ini, mulai dari basic sampai tingkat advanced.

Meski begitu, sebenarnya apa saja alasan dan kelebihan yang harus kamu tahu sebelum memantapkan diri ikut kursus data science? Cek dulu penjelasan di bawah ini supaya kamu semakin mantap saat membuat keputusan nanti, ya! Selamat membaca!

6 Manfaat Ikut Kursus Data Science Online

Berikut ini adalah 6 manfaat mengikuti program kursus data science, yang juga jadi alasan kamu perlu mempertimbangkannya juga.

Data science adalah bidang karier seru

Pada dasarnya, data scientist adalah seorang problem solver. Meskipun tidak ada jawaban benar atau salah, seorang data scientist menjalankan sebuah proses berulang dan mengumpulkan data guna menentukan solusi terbaik yang memungkinkan bagi bisnis, baik besar maupun kecil.

Keahlian analitis berharga yang dimiliki oleh data scientist di berbagai industri termasuk pengalamannya dengan SQL, Phyton, matematika, dan data wrangling. Dengan memelajari skill-skill ini, data scientist bisa menunjukkan kualitas mereka kepada atasan, sehingga bisa membantu mereka mendapatkan promosi dalam karier.

Ditambah lagi, ada banyak peluang dan spesialisasi karier baru yang bisa kamu eksplor dalam bidang karier ini. Contohnya pemrosesan natural language, big data, dan deep learning. Dan serunya lagi, tidak ada industri yang tidak bisa dipecahkan oleh seorang data scientist. Buktinya, para data scientist berkarier di berbagai industri, seperti keuangan, sales, marketing, dan sebagainya.

Fleksibilitas, kebebasan, dan opsi yang lebih luas

Kalau kamu adalah individu yang ingin berkarier di bidang yang punya banyak pilihan industri, menjadi seorang data scientist adalah pilihan karier yang sangat layak untuk kamu pertimbangkan.

Karena sekali lagi, data science bisa diterapkan di berbagai industri. Bahkan realita menunjukkan bahwa nyaris semua industri dan perusahaan saat ini mengakui pentingnya data dan kebutuhan mereka akan data scientist yang kompeten.

Jangan lupa juga soal peluang yang bisa kamu dapatkan dengan mengantongi sertifikasi sebagai seorang data scientist. Karena selain menjamin bahwa kamu punya kualifikasi yang cukup sebagai data scientist, sertifikasi ini juga bisa membantumu mendapatkan pekerjaan sebagai data scientist, data analyst, business analyst, maupun business intelligence, lho!

Jika lagi-lagi keraguanmu untuk mengejar karier sebagai seorang data scientist adalah karena kamu tidak punya background di bidang IT, kamu tidak perlu khawatir, kok! Banyak pilihan kursus data science terpercaya dan terakreditasi saat ini yang bisa diikuti tanpa syarat harus punya latar belakang di dunia IT.

Pengalaman belajar online yang interaktif

Tak perlu diragukan lagi bahwa perkembangan teknologi saat ini telah membuka lebih banyak pintu kesempatan. Salah satunya adalah menciptakan lingkungan pembelajaran secara online yang lebih interaktif. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir soal komunikasimu dengan mentor maupun sesama peserta kursus.

Ditambah lagi, banyak program online yang memberikan tugas dengan frekuensi yang cukup untuk membantu para peserta terus melatih dan mengasah skill mereka. Ditambah lagi, teknologi memungkinkanmu untuk langsung mendapatkan feedback atas tugas yang sudah kamu kerjakan dan kirim – bahkan secara real time.

Tapi, apakah perusahaan mau menerima karyawan yang belajar skill data science ‘hanya’ secara online? Tak perlu khawatir karena saat ini, perusahaan sudah tak lagi segan menerima calon karyawan dengan sertifikasi online sekalipun. Tentu saja dengan catatan bahwa sertifikasi yang kamu punya datang dari lembaga kursus data science yang resmi dan terpercaya, ya!

Program yang lebih fleksibel dan hemat biaya

Seperti halnya dengan program online lainnya, kursus data science juga menawarkan kenyamanan tertentu yang tidak bisa kamu rasakan lewat program kursus offline atau on-class. Apalagi, banyak peserta kelas data science online yang sebenarnya sudah terjun di dunia kerja, dan kamu mungkin salah satunya.

Jika kamu merupakan karyawan yang harus pergi bekerja setiap hari, program online seperti ini menawarkan fleksibilitas dalam mengatur waktu hingga tenagamu. Pasalnya, kamu bisa lebih leluasa mengatur jadwalmu sehari-hari, bahkan meskipun kamu harus bekerja sambil mengikuti kursus. Hal ini membuat kamu bisa leluasa mengembangkan diri, tanpa harus kehilangan sumber pendapatan utama dari bekerja.

Peluang networking yang luas

Kamu tentu sudah menyadari pentingnya networking dalam dunia kerja, dan perannya dalam memengaruhi kesuksesanmu karier-mu. Dengan adanya kursus data science, kamu akan memiliki kesempatan untuk membangun networking dengan lebih nyaman secara online. Hal ini juga sangat membantu kamu yang sering kesulitan membangun networking secara tatap muka.

Apalagi teknologi yang dipakai dalam program data science online juga memungkinkanmu untuk berinteraksi dalam kelompok yang lebih kecil. Misalnya di saat kamu perlu mengerjakan tugas kelompok di tengah sesi kursus, mentor akan memecah kelas ke dalam beberapa kelompok kecil dan membuka kesempatan bagimu untuk membangun networking yang lebih erat.

Belajar menggunakan data science tool dan menerapkannya dalam masalah bisnis

Dunia data science terus-menerus mengalami perubahan, dan para data scientist juga selalu menggunakan tool baru dan inovatif agar pekerjaan mereka jadi lebih efisien. Dan inilah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh kursus data science: kesempatan untuk menggunakan tools data science populer yang digunakan di dunia kerja saat ini.

Penggunaan dan penguasaan tools data science adalah skill penting yang wajib kamu kuasai. Apalagi, pilihan tool yang beragam berarti beda perusahaan beda pula tool yang mereka gunakan. Jadi jika kamu hanya terbiasa menggunakan satu atau dua tool saja, kamu bisa kembangkan skill-mu dengan memelajari tool-tool lain lewat kursus data science. Bukan hanya itu saja, program data science online juga menawarkan kesempatan untuk mengimplementasikan teori ke dalam masalah bisnis yang nyata, lho! Singkatnya, kursus data science tidak hanya akan membuatmu jago di teori, tapi juga cekatan saat dihadapkan dengan masalah bisnis di dunia nyata.

Bagaimana, apakah kamu jadi semakin mantap ingin ikut kursus data science online? Jika iya, kamu bisa ikuti Bootcamp Data Science di Digital Skola yang menjamin kamu siap kerja jadi data scientist dalam 3 bulan. Kamu juga tidak harus punya background di bidang IT untuk mengikuti program ini. Tersedia juga pilihan kelas dengan sertifikasi BNSP sebagai penguat keahlian di bidang ini.

Klik tombol di bawah untuk ikut Bootcamp Data Science sekarang juga!