SQL: Definisi, Jenis-Jenis Command, dan Profesi Terkait

digitalskola

digitalskola

20 Juni 2022

SQL adalah
SQL adalah pondasi penting dalam data science. (Foto: Freepik)

Pada era saat ini, data merupakan basis untuk segala jenis bisnis. Oleh sebab itu, penyimpanan data yang terstruktur menjadi sangat penting, terutama dengan model komputasi yang telah beralih ke cloud sehingga pemanfaatan data di dunia bisnis jadi semakin prevalen. Dalam penerapan teknisnya, digunakanlah bahasa pemrograman Standard Query Language atau SQL. SQL adalah salah satu skill dasar yang kini sangat dibutuhkan untuk bisa berkarier jadi praktisi data. 

Keberadaan SQL sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses data sangat membantu para praktisi data seperti data analyst, data scientist, dan data engineer untuk mengolah data secara digital dan memberikan kemudahan untuk praktisi data atau bahkan pengguna secara umum dalam mengakses data-data tersebut. Tak hanya penting untuk praktisi data, SQL juga penting untuk para programmer. Contoh sederhananya ketika programmer sedang membangun suatu aplikasi pasti akan membutuhkan database server untuk menampung segala macam bentuk data seperti data pengguna, foto, password, email dan lain sebagainya. Dalam hal ini, SQL berguna sebagai sistem manajemen database yang akan mengelola data-data di aplikasi tersebut. 

Namun, perlu diketahui SQL bukan merupakan tools untuk menyimpan data melainkan tools untuk mengelola data pada suatu aplikasi. Sederhananya, SQL merupakan bahasa pemrograman yang menghubungkan aplikasi dengan DBMS atau Database Management System. Dengan menggunakan SQL kamu bisa dengan mudah mengakses data-data melalui aplikasi yang sedang kamu bangun. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SQL kini jadi salah satu skill dasar yang sangat dibutuhkan praktisi data, oleh karena itu jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih banyak mengenai SQL mulai dari definisi, command, hingga profesi yang berkaitan dengan SQL, maka simak artikel ini sampai akhir!

SQL Adalah: Definisi 

Konsep SQL sebenarnya sudah ada selama berpuluh-puluh tahun. Akan tetapi, wujudnya telah berubah dan masih terus berubah. Terlebih lagi, manajemen data atau administrasi database tidak akan lengkap tanpa SQL. Tak hanya itu saja, SQL saat ini pun sudah tersedia untuk semua jenis sistem operasi komputer, dan berbagai layanan cloud seperti Amazon Web Series dan Microsoft Azure bahkan punya pendekatan tersendiri buat model database relasional beserta SQL.

Kalau begitu, sebenarnya apa definisi SQL, ya? Secara garis besar, SQL adalah bahasa pemrograman yang kamu gunakan untuk mengakses, mengubah, serta memanipulasi data berbasis relasional. Bahasa pemrograman ini berstandar American National Standard Institute (ANSI) sejak tahun 1986. Banyaknya server database maupun software yang bisa mengartikan bahasa pemrograman ini membuat SQL jadi skill penting yang wajib kamu kuasai, terutama kalau kamu memang sudah mantap terjun hingga barkarier di bidang data.

BACA JUGA: 10 Pekerjaan Gaji Besar di Bidang IT, Ada Dream Job-mu?

Jenis-Jenis Command dalam SQL

Jenis-Jenis Command dalam SQL
     SQL Commands (Source: Guru99)

Di dalam SQL, terdapat beragam command alias perintah yang dapat kamu gunakan untuk mengeksekusi suatu tindakan. Dalam artikel ini, kita hanya akan meng-cover command bersifat dasar yang sudah dirangkum secara khusus dari C# Corner buat kamu. Apa saja, ya?

Data Definition Language (DDL)

Command DDL digunakan untuk membuat dan mengubah database beserta objek database dalam sistem manajemen dataset. Contohnya untuk membuat database baru, menghapus data, maupun mengubah database. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • CREATE = Command yang digunakan untuk membuat database dan objek database seperti tabel, indeks, prosedur tersimpan, dan lain sebagainya. Contoh syntax: CREATE TABLE Karyawan (Id ABC, Nama VARCHAR(50), Alamat VARCHAR (100));
  • ALTER = Command yang digunakan kalau kamu ingin mengubah struktur objek database yang sudah ada serta pengaturan di dalam database. Contoh syntax: ALTER TABLE Karyawan ADD Gaji ABC;
  • TRUNCATE = Command yang digunakan untuk menghapus seluruh data dari tabel. Dengan begitu, tabel dikosongkan. Contoh syntax: TRUNCATE TABLE Karyawan;
  • DROP = Command yang digunakan untuk menghapus database serta objek database. Contoh syntax: DROP TABLE Karyawan;
  • SHOW = Command yang digunakan kalau kamu mau menampilkan sebuah tabel yang telah dibuat
  • RENAME = Command untuk mengubah nama tabel maupun kolom yang sudah ada. Contoh syntax: RENAME TABLE Karyawan TO Data Karyawan;

Data Manipulation Language (DML)

Kemudian ada DML, yang digunakan untuk memanipulasi data di dalam sistem manajemen database relasional. command-command di sini dipergunakan untuk menambah, menghapus, dan meng-update data di dalam sistem database:

  • INSERT INTO = Command yang kamu gunakan untuk menambah data ke dalam tabel database. Contoh syntax: INSERT INTO Karyawan (Id, Nama, Alamat, Gaji) VALUES (1, ‘Budi Pambudi’, ‘Jakarta’, 5000000);
  • UPDATE = Command yang digunakan untuk meng-update data di dalam tabel database. Kamu bisa menambahkan sebuah kondisi atau syarat menggunakan klausa WHERE untuk meng-update baris tertentu. Contoh syntax: UPDATE Karyawan SET Alamat = ‘Jakarta’, Gaji = 5000000 WHERE Id = 4;
  • DELETE = Command yang digunakan apabila kamu perlu menghapus data dari tabel database. Kamu pun bisa gunakan WHERE sebagai kondisi untuk menghapus baris tertentu yang memenuhi kondisi tersebut. Contoh syntax: DELETE FROM Karyawan WHERE Id = 4;

BACA JUGA: 4 Repositori Github yang Wajib Dikunjungi Data Science Enthusiast

Data Control Language (DCL)

Sementara itu, commandcommand DCL digunakan apabila kamu perlu memberikan maupun menarik hak akses database serta objek database. Artinya, command dalam DCL dipergunakan untuk mengendalikan akses pengguna ke dalam data. command DCL yang paling sering digunakan adalah command untuk memberikan akses dan menarik akses: 

  • GRANT = Command yang digunakan apabila kamu perlu memberikan hak akses kepada pengguna. Contoh syntax: GRANT INSERT, DELETE ON Karyawan TO user;
  • REVOKE = Command yang digunakan untuk menarik hak akses dari pengguna. Artinya, command ini membatalkan hak akses pengguna tersebut dari objek database. Contoh syntax: REVOKE ALL ON Karyawan FROM user;

Data Query Language (DQL)

Command DQL dipergunakan untuk menarik data, atau memilih data dari tabel, temp tabel, variabel tabel, dan sebagainya. Dalam DQL, hanya ada 1 command, yaitu SELECT.

Contoh syntax: SELECT * FROM Karyawan;

Transaction Control Language (TCL)

Setelah itu ada pula command TCL yang digunakan untuk menangani transaksi di dalam database, yang memastikan integritas data di dalam lingkungan multi-pengguna: 

  • COMMIT = Command yang digunakan untuk menerapkan (apply) atau menyimpan perubahan di dalam database.
  • ROLLBACK = Command yang digunakan untuk membatalkan perubahan (undo).
  • SAVEPOINT = Command yang digunakan apabila kamu butuh menyimpan sebuah transaksi untuk sementara, sehingga transaksi bisa kembali (roll back) ke titik tersebut saat dibutuhkan. Di sini, kamu hanya perlu mengetikkan COMMIT atau ROLLBACK atau SAVEPOINT sesuai kebutuhanmu.

SQL Adalah: Fungsi

Fungsi SQL ada banyak, namun secara umum SQL fungsinya sebagai bahasa pengelolaan database yang digunakan untuk mengelola suatu database yang digunakan oleh aplikasi agar bisa mudah diakses atau dilakukan query sesuai kebutuhan. Namun, selain itu ada juga beberapa fungsi lain dari SQL, diantaranya:

Eksekusi Query

Fungsi dari SQL yang paling banyak dimanfaatkan adalah untuk eksekusi query yaitu perintah untuk mengakses data yang ada pada sistem database dengan format tertentu. Tujuan dari fungsi ini adalah memberikan perintah secara langsung kepada sebuah sistem sehingga bisa mengelola data. Contohnya adalah fungsi trigger,. grant, alter, dan lain sebagainya. 

Akses dan Manipulasi Database

Fungsi SQL selanjutnya adalah digunakan untuk mengakses dan memanipulasi database. Caranya adalah dengan menuliskan berbagai perintah sesuai query yang sudah ditetapkan, misalnya kamu membuat, menambahkan, update, hingga menghapus basis data atau tabel yang tidak kamu butuhkan di sistem. 

Hak Akses User

Fungsi SQL selanjutnya ialah SQL bisa mengatur serta mengelola kebutuhan akses yang ada di database seperti tabel, pandangan, atau prosedur. Hal ini berfungsi untuk menjaga keamanan dan kerahasian data. 

Profesi yang Berkaitan dengan SQL

Karena SQL adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam manajemen data dan database, tentu pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan skill ini juga yang berkaitan dengan bidang data. Beberapa di antaranya adalah:

Data Scientist 

Data scientist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk:

  • Membuat database
  • Mengolah data
  • Menyajikan insight 
  • Memberi rekomendasi dari hasil temuan di data

Dilihat dari tanggung jawabnya yang berkaitan dengan pengolahan data di database, maka data scientist jadi salah satu profesi yang sangat membutuhkan skill SQL untuk pembersihan data, menerapkan machine learning, dan lain sebagainya. 

Data Engineer 

Fokus kerja seorang data engineer adalah pada pengoptimalan dan penyaringan data, maka dari itu seorang data engineer membutuhkan teknologi database yaitu SQL yang digunakan untuk memodelkan data yang ditentukan oleh hubungan, misalnya data pembelian barang. Selain itu, skill SQL juga dibutuhkan data engineer untuk: 

  • Mengakses data
  • Mengambil data
  • Menjalankan query 
  • Menghapus data di database 

Database Administrator

Database administrator bertanggung jawab untuk mengendalikan basis data perusahaan yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu. Maka dari itu, seorang database administrator harus mampu membuat struktur database sebagai kebutuhan bisnis menggunakan SQL secara tepat agar bisa mengelola akses basis data sebaik mungkin.

Big Data Architect 

Sama dengan database administrator, big data architect juga bertanggung jawab untuk membuat produk untuk mengelola data dalam jumlah yang sangat besar. Dalam pekerjaan sehari-harinya big data architect akan banyak bersinggungan dengan database. Oleh karena itu, salah satu skill wajib big data architect adalah SQL. 

Belajar SQL dari Nol

Oleh karena itu, kalau kamu sudah mantap ingin berkarier di bidang data sebagai data scientist, data engineer, atau data analyst, kamu perlu segera persiapkan dirimu sekarang juga. Salah satunya dengan mulai belajar SQL di kelas Video learning SQL for Beginner with MySQL Database dari Digital Skola. Melalui kelas ini, kamu yang bukan berasal dari latar belakang IT pun akan mampu menguasai skill terkait SQL karena  materi disusun secara terstruktur dan fokus pada demo serta praktik. 

Kamu juga akan belajar dari tutor berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidangnya serta mendapatkan bimbingan HR untuk membantumu lebih siap terjun ke dunia kerja. Selain itu, kamu juga akan dapat fasilitas:

  • Sertifikat keahlian
  • Unlimited Career Consultation
  • Akses video selamanya
  • Kuis dan tes untuk mengukur penguasaan materi
  • Pembuatan project untuk portofolio

Klik link di bawah ini buat info lengkap kelas serta pendaftarannya, ya!

Artikel Rekomendasi

Konsultasi GRATIS
sekarang!

chat