Cara Melakukan Digital Marketing untuk Bisnis

digitalskola

digitalskola

28 Januari 2021

cara melakukan digital marketing
Ilustrasi Digital Marketing. (Foto: Unsplash)

Tahukah kamu bahwa menurut penelitian yang dilakukan oleh Ignite Visibility, 90% dari marketer mengakui bahwa penggunaan social media marketing berhasil meningkatkan exposure bagi bisnis mereka dan 75% diantaranya mengalami peningkatan traffic? Manfaat social media marketing sebagai bagian dari digital marketing bagi bisnis memang tidak terbantahkan di era internet ini. Untuk itu, kamu yang memiliki bisnis mungkin telah berpikir untuk turut merasakan manfaatnya bagi bisnismu. Tapi, bagaimana cara melakukan digital marketing untuk bisnis?

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya di sini, digital marketing tidak hanya sebatas mengunggah produk melalui media sosial. Sebelum memulai aktivitas digital marketing, ada baiknya kamu memahami dulu cara melakukan digital marketing untuk bisnis. Simak penjelasannya di bawah ini:

Cara Melakukan Digital Marketing untuk Bisnis

Fokus pada Konsumen

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas digital marketing adalah mengidentifikasi konsumen. Kamu harus memahami betul siapa konsumen dan target pasarmu. Sebab, segala bentuk aktivitas digital marketing akan didasarkan pada hal ini. Memulai digital marketing tanpa melakukan identifikasi target khalayak sama saja dengan bepergian tanpa mengetahui arah. Kamu boleh jadi memiliki tujuan, tapi akan lebih sulit untuk mencapainya bila tidak tahu jalan mana yang harus kamu tempuh untuk sampai ke sana. Oleh karenanya, identifikasi dulu target pasarmu untuk menentukan ‘arah’ aktivitas digital marketing-mu.

Buatlah Marketing Framework

Jika kamu sudah tahu tempat yang ingin kamu tuju, hal kedua yang harus kamu tentukan adalah cara kamu mencapainya. Apakah kamu memutuskan bepergian dengan mengendarai motor atau mobil? Kapan waktu yang tepat untuk bepergian? Hal ini dalam digital marketing bisa kita sebut dengan marketing framework. Sebuah aktivitas pemasaran dapat dijalankan dengan terstruktur dan terencana dengan baik melalui framework yang kamu susun di awal. Sebuah framework marketing akan membantu aktivitas digital marketing tetap berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan besarmu.

Buatlah Brand Story

Pemasaran dengan menampilkan diskon harga mungkin saja akan terus efektif sampai kapanpun, namun saat ini, konsumen cenderung lebih mudah tersentuh secara emosional. Oleh karenanya, menampilkan sebuah brand story juga menjadi hal yang penting dalam aktivitas digital marketing. Tidak hanya menjual produk sebagai komoditas, kamu juga harus mampu menyampaikan value lain dari produkmu yang mampu ‘mengetuk hati’ para calon konsumen.

Membuat website yang menarik

Keberadaan website bagi sebuah bisnis sangatlah penting. Tidak hanya menunjukkan kredibilitas, website juga menjadi pengganti toko yang dapat dikunjungi oleh pengunjung untuk melihat-lihat produkmu. Karenanya, pastikan kamu membuat website yang tidak hanya menarik secara visual, namun juga menampilkan penjelasan produk dengan jelas dan detail. Pastikan juga kamu selalu mengecek load speed atau kecepatan pemuatan website-mu selalu tinggi untuk membuat pengalaman pengguna dalam mengenal bisnismu tidak terganggu.

Bangun koneksi melalui content marketing

Pernah mendengar kalimat ‘content is the king’? Dalam digital marketing, memproduksi konten yang menarik menjadi salah satu hal yang tidak dapat ditawar. Konten yang menarik akan memicu interaksi dengan khalayak dan dengan demikian akan membuat khalayak terkoneksi dengan brand-mu. Sangat penting untuk membentuk koneksi dengan khalayak karena hal tersebut dapat memperbesar terciptanya konversi dan bahkan loyalitas pada bisnis.

Implementasikan SEO

Search Engine Optimization atau SEO menjadi aspek yang sangat penting dalam digital marketing. SEO membuat produkmu lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen yang mencarinya melalui search engine. Kamu harus memahami betul mengenai pengoptimalan keywords, metadata dan lain sebagainya untuk membuat website dan konten bisnismu mencapai performa terbaik dalam pencarian sebuah keyword. Untuk itu, pengoptimalan SEO menjadi hal yang harus benar-benar diutamakan dalam aktivitas digital marketing bisnis.

Temukan konsumen dengan paid channel advertising

Setelah menerapkan strategi konten untuk mendatangkan konsumen secara organik atau tidak berbayar, langkah selanjutnya adalah mencari pelanggan baru dengan menggunakan paid channel advertising. Paid channel advertising atau iklan berbayar dapat berupa social media ads maupun Google Ads. Paid channel advertising dapat secara signifikan meningkatkan exposure dan traffic ke media sosial maupun website bisnismu.

Tetap terhubung dengan email marketing

Kamu menganggap bahwa promosi melalui email sangat mengganggu dan tidak akan efektif? Jika dilakukan dengan cara dan frekuensi yang tepat, email marketing atau promosi melalui email dapat menjadi saluran komunikasi yang baik dengan pengguna. Calon konsumen yang tidak aktif menggunakan media sosial misalnya, tetap dapat kamu jangkau dengan email. Oleh karenanya, email marketing menjadi aspek dalam digital marketing yang tidak boleh disepelekan.

Langkah-langkah di atas dapat kamu implementasikan jika kamu berniat untuk memulai aktivitas digital marketing untuk bisnis-mu. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa memperoleh manfaat yang optimal dalam penggunaan digital marketing.

Ingin menguasai digital marketing secara lebih mendetail dan lengkap untuk membuat bisnis semakin maju? Atau kamu memiliki minat untuk berkarier di bidang digital marketing? Yuk, belajar digital marketing bersama Digital Skola. Kuasai digital marketing hanya dalam tiga bulan! Info lengkap klik tombol di bawah.