Belajar Formula Copy Writing Menarik Ala Apple

digitalskola

digitalskola

20 Juli 2023

Copy writing
Copy Writing (Photo by Maxim Hopman on Unsplash)

Mengutip dari The Balance Small Business, copywriting adalah teknik menulis untuk mempromosikan produk, layanan, dan campaign tertentu untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu sesuai yang kita inginkan. Jika berbicara mengenai copy writing, biasanya banyak orang yang menjadikan Apple sebagai contoh yang dianggap memiliki formula copy writing yang menarik. Jika kamu perhatikan, memang iklan-iklan produk Apple sangat menarik perhatian khususnya dari segi copy writing karena biasanya mengandung copy yang sederhana tapi tetap terkesan elagan dan menarik. 

Berbeda dengan content writing yang merupakan teknik menulis untuk mengedukasi dan menghibur pembaca, copywriting lebih fokus mempersuasi pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu, contohnya membeli produk, melakukan donasi, berlangganan jasa, dan lain sebagainya. Hasil tulisan copywriting juga berbeda dengan content writing. Bentuk konten copywriting biasanya bisa kita lihat di tagline, slogan, media sosial, dan iklan di berbagai media.  Sedangkan content writing hasilnya bisa kita lihat di artikel, newsletter, hingga microblogging. 

Menariknya, di balik copy writing Apple yang menarik, ternyata ada formula yang digunakan oleh mereka. Simak lengkapnya di artikel ini. 

Baca juga: Cara Menjadi Penulis Lepas Sukses Hasilkan Cuan

Formula Copy Writing Apple

Ada beberapa formula copy writing Apple yang bisa kamu adaptasi sesuai dengan kebutuhan brand yang kamu kelola, diantaranya: 

Formula Copy Writing Apple: Kata Berulang

Jika kamu perhatikan, copy writing Apple sering menggunakan kata yang sama secara berulang. Tujuannya untuk menekankan fitur-fitur baru yang dikeluarkan Apple ini bisa diingat oleh orang. Contohnya saat Apple meluncurkan produk baru yaitu iPhone 11 Pro, mereka menggunakan headline ‘Pro Cameras. Pro Display. Pro Performance’. Dari copy writing headline tersebut kita bisa lihat bahwa Apple ingin menekankan bahwa produk barunya ini pro dari segala sisi atau fitur. 

Keep It Short, Simple, Effortless 

Formula copy writing lain yang sering digunakan oleh Apple adalah ‘Keep it short, simple, effortles’ yaitu teks yang tidak terlalu panjang, mudah diingat, dan terkesan effortless. Contohnya, saat Apple mengeluarkan produk baru Macbook menggunakan headline ‘Light. Years ahead’. Tak bisa dipungkiri, kebanyakan orang melihat teks iklan itu hanya sebentar atau dalam waktu beberapa detik saja, maka dari itu formula yang digunakan Apple ini bisa membantu pembaca untuk memahami iklan dalam waktu yang sangat singkat. 

Kalimat Kontradiksi

Jika kamu salah satu orang yang suka selalu up to date menggunakan produk Apple, pasti tidak asing dengan formula yang satu ini yaitu menggunakan kalimat kontradiksi. Apple sering membuat headline menggunakan kalimat kontradiksi membandingkan produk lama dengan produk barunya. Contohnya saat mengeluarkan produk iPad mini, Apple membuat copy writing yang membandingkan produk tersebut dengan produk iPad biasa seperti ini:

  • iPad mini: Small in size. Big on capability
  • iPad: Delightfully capable. Surprisingly affordable

Kata Berima

Copy writing Apple
Copy Writing Apple (Photo by Apple)

Rima adalah kesamaan bunyi pada setiap akhir kalimat. Penggunaan rima pada copy writing umumnya bisa membuat pembaca jadi lebih mengingat tulisan kita. Formula ini juga dimanfaatkan oleh Apple saat membuat deskripsi mengenai kelebihan produknya. Contohnya: ‘Iphone idaman, Dengan harga impian’ .

Memberikan Kemudahan dan Solusi 

Apple selalu menghadirkan produk yang bisa memberikan solusi dari masalah yang dihadapi oleh pengguna. Contohnya, produk iPad Air memberikan solusi kepada pengguna yang ingin bekerja dari mana saja menggunakan produk yang ringan, serbaguna, dan ringan. Untuk produk tersebut Apple menulis copywriting ‘Your creative studio on the go’. Copywriting ini memiliki makna bahwa produk iPad Air diibaratkan sebagai studio kreatif yang bisa kamu bawa kemana saja. 

Baca juga: Digital Writing Camp Indonesia Pertama by Digital Skola

Menggunakan Quotes Populer

Copy writing Apple
Copy Writing Apple (Photo by Putu M. Wijaya on Medium)

Menariknya, Apple juga selalu berusaha untuk mengikuti hal yang sedang trending untuk membuat copywriting-nya. Contohnya, ketika produk M1 hadir dan momentumnya bareng dengan film Spider Man, Apple membuat copywriting dari plesetan quotes di film tersebut yaitu ‘With great power comes great capability’ yang asalnya dari quotes ‘With great power comes great responsibility’. Copywriting sejenis ini akhirnya bisa membawa pembaca agar lebih ingat dengan produk tersebut.

Rekomendasi Pelatihan Copy Writing

Rekomendasi Pelatihan Copy Writing
Pelatihan Copy Writing (Photo by Steinar Engeland on Unsplash)

Tentunya untuk bisa menerapkan formula copy writing seperti Apple kamu harus memiliki ilmu fundamental copy writing dulu. Kamu bisa mulai belajar copywriting mulai dari dasar bareng Digital Skola di kelas Poweful Copywriting for Sales & Social Media. Selama 2 sesi kamu akan dibimbing mentor expert menggunakan kurikulum berbasis kebutuhan industri, seperti:  

  1. Memahami copywriting dan bedanya dengan content writing
  2. Memahami pilar fundamental dalam copywriting (audience, platform, brand purpose/brand voice)
  3. Memahami anatomi dan struktur dalam copywriting
  4. Memahami fungsi dan perbedaan copywriting untuk hardsell dan softsell
  5. Memahami dan praktek menulis copywriting dengan (AIDA, PAS, dan FAB)
  6. Memahami dan praktek membuat copywriting dengan teknik rima dan kontradiksi
  7. Merumuskan headline yang atraktif
  8. Membuat CTA yang persuasif
  9. Memahami copywriting untuk handling komplain di media sosial
  10. Membuat professional branding dan portofolio sebagai copywriter
  11. Belajar tentang tips membuat portofolio tanpa pengalaman kerja
  12. Mengetahui platform untuk mendapatkan pekerjaan/project copywriting full time/freelance

Selain materi yang lengkap, kamu juga akan dapat fasilitas lengkap seperti:

  1. 1 Portfolio copywriting
  2. 2 Project copywriting
  3. Hands on tools copywriting
  4. Study case
  5. Personalized project review
  6. Tips membuat portofolio tanpa pengalaman kerja

Cari tahu info lengkapnya dengan klik button di bawah ini!

Artikel Rekomendasi